Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word 2010, 2013, dan 2016

Teknokerad-Bila kalian telah duduk dibangku SMA atau Kuliah pasti sering mendapati tugas membuat makalah. Nah, dalam pembuatan makalah sendiri kita dituntut untuk menambahkan daftar isi di dalamnya, walau hal yang sepele, namun nyatanya masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat daftar isi makalah secara otomatis di ms word.

Pasalnya untuk membuat daftar isi secara manual cukup memakan waktu dan melelahkan. Jadi, tidak ada salahnya kalian untuk menggunakan cara membuat daftar isi otomatis ini untuk menyelesaikan makalah yang kalian buat.



Alangkah baiknya dalam membuat daftar isi ini, kalian telah mengurutkan susunan makalah kalian dengan benar. Untuk makalah sendiri susunannya biasanya terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, bab 1 pendahuluan, bab 2 pembahasan, bab 3 penutup, daftar pustaka dan lampiran. Jika Kesemuanya telah urut, mari kita buat daftar isi otomatis dibawah ini.

Sebelum memasuki tutorial cara membuat daftar isi otomatis di ms word 2010, 2013, dan 2016 pastikan dokumen yang ingin kalian tambahkan daftar isi telah terdapat halamannya pada footer. Atau bila belum ada halamannya di footer kalian bisa menambahkan sendiri page number di footer dengan cara klik menu insert > lalu pilih page number > bottom of page > dan klik plan number 3. Jika sudah, maka setiap halaman yang ada pada berkas tersebut akan terdapat nomor halamannya pada pojok kanan bawah.


Cara Menambah Nomor Halaman

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat contoh gambar diatas. Sebenarnya kalian tidak wajib meletakkan nomor halaman pada pojok kanan bawah, kalian bisa memilih plan number lain sesuai keinginan kalian. 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Lalu bagaimana caranya untuk membuat daftar isi otomatis di ms word? Saya asumsikan pada artikel kali ini kalian telah memiliki dokumen yang siap dengan judul di setiap babnya. Sehingga kalian tinggal membuat daftar isi otomatis saja.


Menambahkan Heading 1

Langkah 1 Cara pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan menambahkan heading pada setiap judul ataupun sub judul. Sebagai contoh, kalian berikan Heading 1 untuk setiap judul seperti KATA PENGANTAR, BAB I PENDAHULUAN, BAB II PEMBAHASAN, BAB III PENUTUPAN.


Menambahkan Heading 2

Langkah 2 Berikan Heading 2 pada setiap sub judul seperti Latar Belakang, Rumusan Masalah, Metedeologi Penelitian, dll. Bila kalian telah memberikan heading 1 dan heading 2 pada setiap judul dan sub judul maka tampilan navigasi akan terlihat seperti gambar diatas.


Insert Table of Contens

Langkah 3 Bila kalian telah memberikan heading pada setiap judul, langkah berikutnya adalah membuat daftar isi otomatis. Caranya, pertama kalian buka halaman daftar isi kalian, lalu buka menu references > setelah itu klik table of contents > pilih insert table of contents, bila belum jelas kalian bisa melihat gambar diatas. Maka akan tertampil gambar dibawah ini.


Klik Oke Untuk Menyelesaikan Daftar Isi

Bila sudah tertampil gambar diatas, maka langkah selanjutnya klik oke saja. Dengan begitu daftar isi otomatis telah selesai kalian buat. Mudah bukan? Cara ini sangat membantu kalian ketika ingin membuat makalah atau karya ilmiah.


Setting Agar Halaman Daftar Isi Tersamarkan

Sekedar tambahan apabila kalian ingin agar halaman daftar isi tidak ikut masuk kedalam daftar isi yang kalian buat, kalian bisa men-settingnya dengan mengklik footer pada halaman daftar isi > lalu buka menu design > checklist pada opsi different first page seperti gambar diatas.

Nah, saran saya apabila kalian ingin membuat daftar isi lebih baik kalian membuatnya pada akhir pembuatan makalah atau saat editing, jangan membuat daftar isi pada awal pembuatan makalah seperti yang saya contohkan diatas. Saya membuat daftar isi sebelum ada isi dari makalah karena hanya sebagai contoh saja.

Apabila membuat daftar isi dilakukan di awal pembuatan makalah, bisa jadi kalian akan kerepotan saat editing. Untuk itu, buatlah daftar isi pada akhir pembuatan makalah saja. Sehingga saat editing kalian tidak begitu kerepotan. Sekian dari saya, semoga cara diatas dapat membantu.

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word 2010, 2013, dan 2016"