Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Simbol Rp Otomatis di Ms Excel

Bagaimana cara membuat angka pada suatu kolom menjadi rupiah semua? Pertanyaan itu seringkali muncul dikepala saya ketika baru pertama kali belajar microsoft excel. Cara membuat Rp otomatis di microsoft excel sebenarnya sangatlah mudah. Hanya saja kita yang seringkali malas mencari tahu di google membuat kita terpaksa menambahkan Rp secara manual pada setiap kolom Ms Excel.

Pernah suatu hari saya iseng-iseng menyelesaikan tugas akuntansi di excel, karena waktu itu belum terlalu paham bagaimana cara menggunakan Ms Excel alhasil saya menambahi simbol Rp secara manual pada setiap kolom debit maupun kredit. Hal itu membuat saya kelelahan, awalnya mau menyelesaikan tugas akuntansi lebih cepat dengan bantuan Ms Excel, alih-alih saya malah kelelahan untuk menambah simbol Rp pada setiap cells.

Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat Rp otomatis di microsoft excel apalagi teruntuk kalian yang sering dituntut menyelesaikan masalah keuangan. Sebenarnya, untuk membuat Rp otomatis di setiap seri Ms Excel kurang lebih caranya hampir sama. Tidak pedul Ms Excel 2007, 2010, 2013 ataupun 2016.

Sebelum masu ke tutorial cara menambahkan simbol rp otomatis di microsoft excel alangkah lebih baik apabila kalian membuka Ms Excel secara bersamaan dengan artikel ini agar kalian dapat menyimak tutorial dibawah ini dengan mudah. So, jika dokumen Excel kalian sudah siap, mari kita mulai cara membuat rp otomatis di microsoft excel dengan mudah. 

Cara Membuat Rp Otomatis di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016

Langkah 1 Siapkan terlebih dahulu tabelnya. Setelah itu block dengan cara menekan pointer di kolom yang akan ditambahkan simbol rp.


Langkah 2 Setelah kolom di block, langkah selanjutnya kalian setting menu number dengan cara klik gulir kebawah di sebelah tulisan general lalu pilih more number format.


Langkah 3 Pada Category kalian pilih Accounting, lalu decimal places kalian isikan 2 atau 3. Fungsi dari decimal places adalah untuk menunjukkan angka dibelakang koma apabila suatu nominal tidak bulat. Lalu pada symbol kalian ganti dengan Rp. Terakhir klik OK.


Maka hasilnya akan tampak seperti gambar diatas. Mudah bukan? Membuat format number menjandi Rp atau Idr sangat membantu kalian saat membuat tabel yang memberikan informasi keuangan. Atau buat kalian anak akuntansi akan sangat membantu sekali saat membuat jurnal umum hingga laporan keuangan akhir tahun.

Itu saja dari saya. Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat bagi kalian. Apabila kalian masih kurang paham dengan artikel diatas silahkan komentar dibawah, saya akan mencoba membantu sebisa saya.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Simbol Rp Otomatis di Ms Excel"