Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi

Cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi. Setelah berlangganan netflix, saya ingin sekali menonton film di layar televisi. Sayangnya, televisi yang saya punya bukan smart tv yang menyediakan aplikasi OTT seperti netflix. Jadi, ketika ingin melihat film di netflix melalui televisi, saya perlu menggunakan perantara laptop. Akhirnya saya terpikirkan untuk share screen layar laptop ke tv menggunakan kabel hdmi. Saya harapkan, artikel ini dapat membantu Anda juga ketika ingin berbagi layar laptop ke tv. Berikut ini cara menampilkan layar laptop ke tv dengan kabel hdmi.

Tips menghubungkan hdmi dari laptop ke tv

Beberapa tips dibawah ini mungkin dapat membantu Anda ketika ingin menyabungkan kabel hdmi dari laptop ke tv.

  1. Pastikan laptop Anda telah support sistemnya untuk berbagi screen. Anda bisa melihatnya dengan mengecek pada operating sistem. Pada operating sistem windows 10, fitur share screen ke tv sudah full support.
  2. Cek pada bagian port hdmi. Beberapa laptop seperti produk MacOS memiliki port berbeda sehingga Anda memerlukan konektor tambahan.
  3. Pastikan tv yang Anda gunakan juga mendukung untuk berbagi layar dengan perangkat laptop. Anda bisa mengeceknya pada mode yang disediakan. Jika di tv Anda mendukung untuk berbagi layar maka akan ada mode hdmi di sistemnya.

Cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi

Anda bisa menampilkan layar laptop ke televisi pribadi dengan mengikuti beberapa cara yang saya bagikan dibawah ini.

1. Pertama siapkan kabel hdmi yang akan digunakan. Tancapkan port pada bagian tv dan pada bagian laptop. Pastikan Anda memasang port pada kedua sisi dengan benar.

2. Ganti mode tv, ke mode hdmi. Biasanya setiap remote memiliki istilah untuk tombol ini berbeda-beda. tetapi pada remote saya tertulis TV/AV. Ketika tombol itu di klik maka mode tv akan berganti. Nah, Anda perlu menggantinya ke mode hdmi.

3. Jika port hdmi sudah tersambung dari sisi laptop dan tv, juga Anda telah mengganti mode hdmi, maka layar laptop Anda akan tertampil di televisi.

Penutup

Begitulah cara menampilkan layar laptop ke tv dengan kabel hdmi. Semoga cara ini dapat membantu Anda yang ingin menonton film melalui layar tv dengan laptop sebagai perantaranya. Apabila ada bagian dari tutorial diatas yang menurut Anda tidak atau kurang jelas, Anda bisa menanyakannya pada bagian kolom komentar. Sekian dari saya, terimakasih.