Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah menjual barang di Facebook Marketplace gratis

Cara menjual barang di Facebook Marketplace. Umumnya masyarakat kita ketika ingin melakukan transaksi jual beli di online yang mereka lakukan adalah mencari produk di instagram atau pada e-commerce secara langsung seperti tokopedia, bukalapak ataupun shopee. Sayangnya mereka tidak mengetahui jika di Facebook juga terdapat fitur Marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Terlebih barang yang dijual pada fitur tersebut tidak kalah bagus dengan di instagram atau e-commerce. Berikut ini saya akan menjabarkan cara menjual barang di Facebook Marketplace.

Pengertian Facebook Marketplace

Facebook Marketplace merupakan fitur baru yang dibuat oleh Facebook agar penggunanya bisa melakukan transaksi jual beli di dalam sosial media tersebut. Peran Facebook di fitur ini adalah mempertemukan antara penjual dan pembeli. Selebihnya terkait sistem transaksi pembayaran, Facebook tidak ikut turut andil dalam persoalan tersebut. Sehingga pengguna harus melakukan transaksi secara langsung atau mencari jasa rekber sendiri.

Cara menjual barang di Facebook Marketplac

Anda bisa menjual produk di Facebook Marketplace dengan mengunggah data produk tersebut melalui komputer ataupun hp. Adapun cara menjual barang di Facebook Marketplace adalah sebagaimana dibawah ini.

Cara menjual barang di Facebook Marketplace melalui PC

Cara pertama menjual barang di Facebook Marketplace adalah melalui komputer atau PC. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan aplikasi browser web seperti Google Chrome, Opera, atau Mozilla Firefox.

Berikut cara berjualan di pasar fb:

  1. Buka aplikasi browser web di laptop atau komputer Anda.
  2. Buka situs facebook.com.
  3. Lalu masuk menggunakan akun Anda.
  4. Di menu navigasi, klik Marketplace.
  5. Kemudian klik tombol Jual Sesuatu.
  6. Isi semua informasi tentang barang yang ingin Anda jual mulai dari kategori, nama barang, harga barang, lokasi dan deskripsi barang.
  7. Klik +10 Foto untuk memberikan foto item Anda.
  8. Terakhir, klik Next untuk mengirim ke pasar.
  9. Selesai.

Anda juga dapat mengubah item yang Anda jual di pasar Facebook dengan masuk ke menu Jual lalu klik Edit Posting. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengganti informasi jika ada kesalahan atau barang yang Anda jual telah dibeli oleh orang lain.

Cara menjual barang di Facebook Marketplace melalui smartphone

Cara kedua yang bisa Anda gunakan adalah melalui aplikasi Facebook di smartphone. Aplikasi Facebook untuk ponsel Android dapat Anda instal melalui Playstore, sedangkan untuk iOS Anda dapat menemukannya di Appstore.

Berikut ini cara menjual item dengan mudah di pasar Facebook:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkat seluler Anda.
  2. Masuk dengan akun Facebook Anda.
  3. Tap menu di bagian atas dan pilih Marketplace.
  4. Pilih opsi Jual dan kemudian tentukan kategori item yang ingin Anda jual.
  5. Tambahkan detail item seperti foto, judul, harga, lokasi, deskripsi, label, dan lainnya.
  6. Saat semuanya terisi, klik Selanjutnya.
  7. Kemudian periksa Marketplace dan ketuk tombol Publikasikan.
  8. Selesai.

Untuk mengedit entri pasar Anda, pertama-tama buka menu Marketplace. Kemudian ketuk ikon seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk memasukkan catatan item yang Anda jual di pasar Facebook.

Tips agar jualan di Facebook Marketplace laris

Beberapa tips saya bagikan kepada Anda agar produk yang dipasarkan melalui Facebook laris, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan foto asli, karena pelanggan di Facebook lebih memilih foto asli alias foto asli daripada foto yang sudah diedit.
  2. Menjual barang dengan kisaran harga 50.000 - 250.000
  3. Hindari produk dengan target pasar untuk anak-anak, seperti produk perlengkapan mainan.
  4. Foto natural tanpa diedit dengan background putih, yang penting gambar jernih dan pencahayaan yang memadai.
  5. Gantilah foto produk yang muncul di depan secara rutin, misalnya 3 hari sekali.
  6. Buat beberapa akun Facebook sehingga Anda dapat menjual lebih banyak produk dan lokasi.
  7. Jangan tampilkan nomor kontak atau situs web karena Facebook akan menolak iklan. Anda dapat memberikan kontak saat mengobrol langsung dengan pelanggan.
  8. Banyak pelanggan di Facebook akan meminta COD atau membayar di tempat karena ketidakpercayaan dan menghindari transfer langsung. Jika malas melakukan COD bisa langsung ke market-market seperti Tokopedia, Bukalpak, Shopee. Atau berkolaborasi dengan kurir yang didukung COD seperti Ninja, POS, dan SAP
  9. Berikan deskripsi produk yang lengkap sehingga dapat mengurangi pertanyaan dari pelanggan.
  10. Bagikan iklan sebanyak yang Anda suka untuk menjelajahi facebook.
  11. Ubah koordinat peta secara berkala
  12. Update Notes setiap 7 hari agar produk selalu muncul paling atas.
  13. Tambahkan lokasi ke setiap iklan Anda, Anda dapat menargetkan kota-kota yang paling banyak mencari produk yang Anda jual. Caranya adalah dengan mencari di Google untuk mengetahui tren input produk Anda di ruang yang akan muncul di kota mana yang paling banyak mencari produk Anda.
Penutup
Begitulah cara menjual barang di Facebook Marketplace seacara gratis, semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam berjualan di platform Facebook. Dan juga tips mengenai cara berjualan juga patut Anda pertimbangkan agar produk yang di unggah pada Facebook Marketplace dilirik banyak orang. Sekian dari saya, semoga artikel ini membantu, terimakasih.

Sumber dan Refrensi