Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah mengambil tangkapan layar (Screenshot) di Linux

Cara mengambil screenshot di linux. Beberapa orang di dunia ini menggunakan sistem operasi linux untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Ada beragam alasan mengapa orang-orang tersebut lebih memilih menggunakan sistem operasi linux ketimbang windows. Salah satu pertimbangannya adalah karena linux gratis dan bersifat opensource.

Namun begitu, menggunakan sistem operasi linux tidak semudah yang Anda pikirkan. Untuk menjalankan beberapa fungsinya kita harus menggunakan perintah pada jendela terminal linux. Hal ini juga berlaku saat Anda ingin melakukan tangkap layar atau screenshot pada sistem operasi linux. Berikut ini beberapa cara mengambil screenshot di sistem operasi linux

Pengertian Linux

Linux merupakan sistem operasi terbukan yang bersifat opensource dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Beberapa orang menggunakan sistem operasi linux untuk berlatih bahasa pemrograman. Termasuk Anda jika sedang menggunakan sistem operasi ini, Anda bisa melakukan tangkapan layar dengan cara yang saya jabarkan dibawah ini.

Cara mengambil tangkapan layar (Screenshot) di Linux

Anda bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot menggunakan berbagai cara di sistem operasi linux. Karena itu, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa Anda praktekkan sesuai dengan kemampuan Anda.

1. Menggunakan GIMP

Anda bisa mengambil screenshot di linux dengan cara menggunakan GIMP. Bagi Anda yang belum menginstall GIMP, Anda bisa mendapatkannya dengan mencari di Ubuntu Software Center. Cari GIMP Image Editor, kemudian Install.

  • Ketika sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik menu "File" pilih "Create",  dan klik pada opsi "Screenshot."
  • Atur pengaturan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah klik "Snap" dan "Export" hasil tangkapan layar tersebut.
2. Menggunakan Shutter
Shutter merupakan tool untuk screenshot atau tangkap layar di linux. Bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi ini, ketikkan perintah sudo apt-get install shutter pada terminal. Sedangkan bagi Anda pengguna Ubuntu 18.04, ternyata Shutter kini telah tersedia di repository sehingga kita tidak perlu mengunduh lagi.
  • Langkah menggunakan shutter yang pertama adalah dengan membukanya di Menu > Aksesoris > Shutter.
  • Kedua, Anda bisa mengatur preferences terlebih dahulu di Menu > Sunting > Prefereces.
  • Jika Anda ingin menyimpan gambar, bisa dilakukan dengan cara Klik Berkas > Simpan sebagai > Pilih salah satu format gambar.
3. Menggunakan Shortkey
Selain menggunakan aplikasi seperti kedua cara diatas, Anda juga bisa mendapatkan tangkapan layar atau screenshot di laptop atau komputer yang menggunakan linux Ubuntu dengan cara menggunakan shortkey. Beberapa ini adalah shortkey untuk screenshot di linux Ubuntu.

  • PrtSc (Print Screen) berfungsi untuk mengambil layar secara penuh.
  • Shift + Prt Sc berfungsi untuk mengambil screenshot pada area yang ingin di capture. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, pengguna hanya perlu menggerakkan kursor pada area yang diinginkan.
  • Alt + Prt Sc berfungsi untuk meng-capture gambar pada jendela yang aktif.
  • Ctrl + Alt + Prt Sc berfungsi untuk mengkopi halaman yang telah kita capture ke Clipboard. Seperti biasa copy paste dilakukan dengan menggunakan tombol Ctrl + V.
  • Ctrl + Prt Sc berfungsi untuk mengkopi satu layar halaman yang aktif ke clipboard.
  • Ctrl + Shift + Prt Sc berfungsi untuk meng-capture area yang diinginkan dan mengkopinya ke dalam Clipboard.
4. Menggunakan Terminal/Shell di Linux
Terminal merupakan salah satu elemen yang tidak dapat terpisahkan dari sistem operasi linux. Hal ini dikarenakan ketika Anda ingin menjalankan perintah, Anda perlu membuka terminal. Anda juga bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot dengan menggunakan linux.
  • Gunakan perintah gnome – screenshot yang fungsinya sama persis dengan software screen shoot.
  • Ketikkan $ gnome-screenshot pada terminal.
  • Untuk menangkap jendela aktif, ketikkan perintah gnome-screenshot –w, lalu tekan enter.
  • Jika ingin melakukan screenshot di jendela dengan cepat, caranya adalah ketika tombol enter ditekan, klik jendela yang ingin diambil screenshotnya dengan mengandalkan kursor sebagai penunjuk.
  • Namun, jika ingin mengambil screenshot pada area yang diinginkan ketikkan perintah gnome-screenshot –a. Setelah itu, cukup drag and drop mouse untuk mengambil gambar.
  • Perintah gnome-screenshot –d 3 (3 artinya hitung mundur selama 3 detik) yang digunakan untuk mengcapture area tertentu dengan penghitungan waktu mundur.
  • Perintah screen capture lainnya yang lebih interaktif adalah penggunaan gnome-screenshot –i.
Penutup
Begitulah 4 cara mengambil tangkapan layar atau screenshot pada sistem operasi linux. Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas yang menurut Anda paling mudah digunakan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar atau screenshot. Bila ada kekurangan saya mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Sumber