Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Acara Sederhana

RAB atau rancangan anggaran biaya adalah suatu prakiraan banyaknya biaya yang dibutuhkan dalam membuat acara, kegiatan, pembangunan, ataupun kegiatan operasional lainnya. Tujuan dibuatnya adanya rab ini adalah agar bisa mengetahui jumlah biaya yang dibutuhkan agar acara yang kita buat bisa terlaksana.

RAB juga sering digunakan oleh kontraktor bangunan untuk menghitung biaya pembangunan dalam satu kali masa. Selain digunakan untuk menghitung jumlah biaya pembangunan gedung. RAB juga bisa kita gunakan untuk menghitung berapa jumlah biaya yang dikeluarkan organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Komponen-komponen dalam RAB acara

Format RAB bisa berbeda-beda bentuknya sesuai kebutuhan penggunaan informasi. Untuk format RAB acara, format yang dipakai tidaklah terlalu sulit. Beberapa komponen yang ada pada rancangan anggaran biaya untuk kebutuhan penyelenggaraan acara adalah sebagai berikut.
  • No, untuk memberikan informasi urutan item dalam suatu rab
  • Jenis barang, merupakan kolom yang berisikan jenis barang apa saja yang ada pada kolom tersebut.
  • Volume, berisikan informasi banyaknya jumlah barang yang akan dibeli.
  • Satuan, berisikan informasi nama satuan untuk membeli barang tersebut. Sebagai contohnya membeli minyak sebanyak 4 liter. Liter disini adalah sebagai satuan.
  • Harga satuan, berisikan informasi berapa harga barang yang akan kita beli satuannya.
  • Jumlah, merupakan perkalian antara harga satuan dengan volume barang yang akan kita beli.
  • Tempat survey, agar informasi biaya yang kita buat kredibel maka kita perlu menambahkan informasi tempat dimana kita melaksanakan survey.
Ketujuh komponen diatas perlu kalian cantumkan pada rancangan anggaran biaya yang akan dibuat agar tujuan dari RAB yang tidak lain adalah untuk memberikan informasi banyaknya biaya yang dibutuhkan bisa tersampaikan dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Cara membuat rancangan anggaran biaya (RAB)

Lalu bagaimana cara membuat rab yang sederhana? untuk bisa membuat RAB yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut ini.

1. Lakukan survey harga terlebih dahulu.
Agar informasi keuangan yang dibuat bisa tersampaikan dengan baik, serta menambah keakuratan biaya yang dibutuhkan maka langkah pertama yang kita buat adalah dengan survey tempat terlebih dahulu.

2. Cari harga terbaik
Setelah melakukan survey harga di berbagai tempat, langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah dengan menentukan barang dengan harga terbaik. Harga yang terbaik bukan berarti yang paling murah. Harga terabaik disini maksudnya adalah harga dari suatu barang yang kualitasnya bisa kita dapatkan paling maksimal. Maka dari itu buatlah skala prioritas barang yang akan dibeli. 

3. Susun rancangan anggaran biaya
Menyusun RAB menggunakan ketujuh komponen yang saya buat diatas. Sebagai contoh adalah ketika saya ingin membuat acara sembako murah organisasi, maka yang perlu saya lakukan adalah menyusun berbagai macam kebutuhan jenis barang yang akan dibeli berdasarkan survey yang telah dilakukan.

Nah, untuk membuat acara sembako murah kira-kira apa saja sih barang-barang yang perlu kita beli. Tentu yang pertama adalah sembako yang terpaket dengan berbagai macam isi. Kedua adalah sembako eceran yang bisa dibeli secara eceran oleh warga.

Ketiga adalah makan dan minum untuk panitia. Berikutnya ada snack box untuk makan warga ketika hadir ke acara sembako murah. Agar acara tidak garing maka perlu diadakan kajian, nah maka dari itu kita perlu juga tuh membuat anggaran biaya untuk mengundang pemateri. dan terakhir adalah kantong plastik. Dibawah ini adalah contoh rancangan anggaran biaya yang telah dibuat




Dengan dibuatnya rancangan anggaran biaya diatas maka kita bisa memperoleh informasi prakiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuat acara sembako murah. Sekian dari saya, semoga informasi cara membuat rancangan anggaran biaya (RAB) acara diatas bisa membantu.