Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah mengecek tegangan (voltase) semua aki motor

Cara mengecek tegangan aki motor. Beberapa waktu lalu saya sempat panik karena tiba-tiba starter elektrik pada motor saya tidak bisa digunakan. Sialnya pada motor honda keluaran terbaru mereka tidak menyediakan kickstarter (engkol). Jadi motor saya tergeletak begitu saja dirumah. Usut punya usut ternyata setelah di cek pada indikator spidometer, terdapat gambar merah pada icon Aki.

Akhirnya akar dari permasalahan pun ditemukan, yaitu daya aki yang kurang dari 12 volt. Untuk menghindari hal ini terjadi saat berkendara di jalan raya, maka Anda perlu mengecek Aki motor secara ruti. Berikut ini saya jabarkan bagaimana cara mengecek tegangan aki motor.

Aki motor

Aki atau accu motor merupakan alat yang menyimpan energi listrik pada setiap motor. Dengan aki, motor bisa menyala dengan sekali tekan pada tombol starter. Dengan aki pula nyala lampu motor dapat tersorot dengan stabil dan kelistrikan kendaraan motorpun menjadi baik.

Fungsi aki motor

Aki pada motor memiliki fungsi 6 fungsi diantaranya adalah sebagaimana berikut ini.

  1. Menyalakan sistem starter untuk menghidupkan mesin.
  2. Memberi arus induksi pada rotor altenator.
  3. Memberikan suplai arus listrik ke dashboard sebagai sistem informasi terkait kendaraan saat pertama kali pengemudi masuk kekabin.
  4. Membuka dan mengunci door lock (yang diaktifkan lewat kunci kontak).
  5. Memberi tegangan referensi ke ECU saat mesin belum menyala.
  6. Menghidupkan electric fuel pump ketika mesin akan dinyalakan.

Apa yang terjadi jika aki motor habis?

Yang terjadi jika aki motor Anda habis adalah sebagaimana dibawah ini.

  1. Motor tidak bisa di selah menggunakan listrik. Jika aki motor Anda habis, maka motor Anda tidak bisa di selah (dinyalakan) dengan mode otomatis. Tentu akan menjadi masalah besar jika motor Anda adalah motor Honda Vario keluaran terbaru (2018<). Karena motor-motor tersebut sudah tidak ada kick starter. Jadi, jika aki motor habis maka Anda harus menggantinya terlebih dahulu.
  2. Lampu redup ketika RPM mesin rendah. Motor tanpa aki memiliki kondisi listrik yang dihasilkan oleh spul sangat terbatas, hal ini membuatnya tak kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai pada penerangan (lampu). Akibatnya jika lampu motor redup dan lampu hanya akan terang jika motor Anda di gas.
  3. Perangkat kelistrikan akan rusak. Arus besar yang dibuat dari spul bisa berdampak negatif pada kendaraan. Sebagai contoh, lampu akan cepat mati karena arus yang besar.

Cara mudah mengecek tegangan (voltase) semua aki motor

1. Menggunakan Multitester

Cara pertama untuk mengecek apakah aki motor Anda sedang dalam kondisi prima atau tidak adalah dengan mengukur voltase atau tegangan menggunakan alat multitester.

Langkah awalnya Anda perlu melepas aki motor dari tempatnya. Kemudian siapkan alat multitester untuk mengukur voltase.

Hubungkan kabel MT merah ke positif aki selanjutnya hubungkan kabel negatif MT hitam ke terminal negatif aki. Lihat pada jarum, pada indikator berapa ia menunjukkan tegangan aki. Apabila tegangan aki sudah dibawah 12 volt sebaiknya Anda charge ulang. Kondisi aki yang baik berada pada rentang 12-13 volt.

2. Menggunakan Spidometer

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengecek aki motor adalah dengan melihatnya melalui spidometer. Beberapa jenis motor keluaran baru sudah menyediakan fitur indikator untuk melihat tegangan aki.

Anda bisa melihat dan mengeceknya sendiri, kalau pada motor Honda Vario Anda bisa klik Select untuk mengganti indikator apa yang ingin Anda lihat. Bisa indikator jarak tempuh, voltase (tegangan), ataupun rpm.

Dengan kedua cara diatas Anda bisa mendapat informasi berapa volt tegangan Aki motor. Sehingga, Anda bisa melakukan pengisian ulang ketika Aki motor akan habis. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perawatan agar Aki motor tidak soak.

Perawatan Aki Motor

1. Nyalakan motor minimal 15 menit sehari. Dengan memanaskan motor maka Akan membantu menjaga kondisi aki agar tidak soak. Karena sel-sel yang ada pada aki seiring berjalannya waktu akan kering. Untuk mencegahnya Anda harus memanaskan motor.

2. Jangan menggunakan starter elektrik secara paksa apabila tidak bisa digunakan dalam beberapa kali percobaan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kickstarter atau manual (engkol). Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai dayanya sebenarnya dirancang agar proses menyalakan motor lebih mudah. Selain itu, starter elektrik juga memiliki fungsi pada keadaan darurat ketika motor mati mendadak di jalan raya.

3. Saat mematikan kendaraan, pastikan kondisi lampu dalam keadaan mati. Saya pernah mendapatkan pengalaman, ketika itu adik saya lupa mematikan lampu motor selepas menggunakan motor milik saya. Alhasil setelah beberapa jam motor mati dalam kondisi lampu nyala, saya cek voltase aki pada indikator spidometer sudah merah, hal ini membuat aki motor diisi ulang kembali dayanya.

4. Tidak menggunakan aksesoris motor yang berlebihan, terutama aksesoris menggunakan energi listrik. Hal ini seringkali terjadi pada motor-motor modif yang diberi beberapa lampu aksesori, sebagai hiasan luar motor. Tentu saja aki motor akan terbebani dayanya dengan Anda menambah aksesoris berlebihan tersebut.

Penutup

Sekian dari saya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk mengecek tegangan aki motor. Rajin-rajinlah merawat motor dan mengecek segala mesinnya, agar ketika Anda berkendara di jalan raya motor tidak mengalami masalah. Apabila ada beberapa hal yang kurang jelas Anda bisa menanyakannya pada kolom komentar dibawah, terimakasih.