Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghapus semua history google chrome di laptop dan smartphone

Cara menghapus riwayat pencarian google. Saat sedang berseluncur di internet seringkali browser yang saya kenakan macet dan nge-crash. Hal ini akan semakin terasa ketika tab yang dibuka melebihi empat buah. Beberapa faktor yang menyebabkan ini semua terjadi adalah karena, RAM Gadget yang terbatas, memori internal hampir full, atau bisa juga karena history dan cache yang tersimpan di browser tidak dihapus. Faktor ketiga tersebut seringkali luput dari pandangan banyak orang. Karena itu, saya bermaksud membantu Anda dengan membuat artikel ini. Yaitu cara menghapus history google chrome baik di PC ataupun di smartphone.

History browser

Saat kita menggunakan mesin pencari, maka segala yang kita lakukan padanya akan terekam di menu riwayat pencarian atau history. Terekamnya data Anda tersebut tentu memakan memori. Jika Anda telah lama menggunakan browser dan tidak menghapus secara berkala history Anda, maka hal tersebut akan membuat aplikasi browser akan melambat. Untuk mengatasinya diperlukan penghapusan history atau riwayat pencarian.

Manfaat menghapus history 

Dengan menghapus riwayat pencarian, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dibawah ini.

  • Mempercepat proses browsing. Karena besarnya cache, data, dan gambar yang tersimpan pada google chrome membuat proses browsing menjadi melambat. Anda bisa mengatasi kelambatan tersebut dengan menghapus riwayat pencarian di google chrome.
  • Menjaga privasi. Setiap orang memiliki privasi masing-masing. Dan tiap privasi tersebut tidak ingin dilihat orang lain. Agar privasi Anda terjaga, maka menghapus riwayat pencarian perlu dilakukan secara berkala
  • Mengamankan data penting. Beberapa orang menggunakan fitur auto fill pada google chrome. Hal ini bisa membahayakan data pribadi orang tersebut. Karena, jika fitur auto fill digunakan, bisa sembarang orang menggunakan laptop atau gadget Anda dan membuka data pribadi di website sosial media atau jual beli.

Cara menghapus semua history google chrome

Anda bisa mengapus history pada browser google chrome baik di laptop atau pc dan smartphone dengan cara yang saya bagikan dibawah ini.

Cara menghapus riwayat pencarian di laptop

1. Langkap pertama adalah buka aplikasi google chrome terlebih dahulu.

2. Kemudian klik pada icon Titik tiga, pilih menu History > History. Atau tombol shortcutnya adalah

CTRL + H

3. Klik pada menu Clear browsing data. Pilih penghapusan basic atau advanced. Perbedaannya jika basic maka yang dihapus hanya  "Browsing history, Cookies and other site data dan Cached images and files." Tetapi jika advanced meliputi 3 hal tersebut ditambah dengan data password, auto fill dan masih banyak lagi. 

4. Untuk penghapusan total maka pilih advanced, sekaligus time range diubah menjadi All the time. Sehingga semua data pencarian Anda akan dihapuskan.

Cara menghapus riwayat pencarian di smartphone

1. Langkap pertama adalah buka aplikasi google chrome terlebih dahulu.

2. Kemudian klik pada icon Titik tiga, pilih menu History 

3. Klik pada menu Clear browsing data. Pilih penghapusan basic atau advanced. Perbedaannya jika basic maka yang dihapus hanya  "Browsing history, Cookies and other site data dan Cached images and files." 

Tetapi jika advanced meliputi 3 hal tersebut ditambah dengan data password, auto fill dan masih banyak lagi. 

4. Untuk penghapusan total maka pilih advanced, sekaligus time range diubah menjadi All the time. Sehingga semua data pencarian Anda akan dihapuskan.

Penutup

Begitulah tutorial cara menghapus history atau riwayat pencarian pada aplikasi dan mesin pencari google, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam proses penghapusan history. Jika ada kekurangan atau perihal yang perlu Anda tanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar. Sekian dari saya terimakasih.