Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Nomor Halaman Cover di Ms Word Dengan Mudah

TEKNOKERAD - Seperti yang kita tahu dalam pembuatan dokumen kita pasti membutuhkan nomor halaman atau page number untuk memberikan informasi pada halaman berapa materi dimuat.

Cara Menghapus Nomor Halaman Cover di Ms Word

Pemberian nomor halaman juga  sangat berguna bagi pembaca ketika ingin mencari informasi mengenai bab tertentu di karya tulis Anda. 

Karenanya, pembuatan nomor halaman ini digunakan dalam pembuatan karya tulis seperti makalah, skripsi, jurnal dan sejenisnya. 

Setelah setiap halaman diberi nomor, Anda juga bisa membuat daftar isi yang memuat setiap judul bab dan halamannya. Cara membuat daftar isi dan nomor halaman otomatis sangat mudah. Anda bisa membacanya di artikel sebelumnya.

Pada artikel ini saya akan lebih membahas ke bagaimana cara menghapus nomor pada halaman cover di Ms Word. Kenapa saya membuat artikel ini? 

Karena saya pribadi juga mengalami kesulitan saat menyusun nomor halaman karya tulis. Hal ini disebabkan karena, ketika saya menghapus nomor halaman cover maka halaman lain nomornya juga akan terhapus secara otomatis. 

Hal ini karena nomor antar halaman masih terhubung satu sama lain. Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah muda. Saya akan membahasnya secara lengkap pada artikel ini mengenai cara menghapus nomor halaman tertentu di Microsoft Word.

Sebelum ke topik utama, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan section break di Ms Word. Karena penggunaan fitur tersebut akan sangat membantu Anda dalam menghapus nomor halaman tertentu di Ms Word.

Akan tetapi jika Anda tidak cukup waktu, maka membaca artikel ini saya rasa sudah cukup. Selanjutnya jika Anda belum membuat halaman cover maka saya sarankan Anda membaca cara membuat halaman cover otomatis di Ms Word.

Cara Membuat Halaman Cover di Ms Word

Anda bisa membuat halaman cover di Microsoft Word secara otomatis dengan mudah menggunakan fitur yang disediakan disana. Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat halaman cover di Ms Word.

1. Buka halaman Ms Word Anda.

2. Pada halaman pertama, klik pada menu Insert.

3. Disana akan tersedia Cover Page.

4. Pilih cover yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Sesuaikan cover dengan mengganti judulnya.

Dengan begitu maka cover halaman Anda akan selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah menghilangkan nomor halaman cover.

Cara Menghapus Nomor Halaman Cover di Ms Word

Oke, problem yang sering dihadapi banyak orang ketika memberikan page number atau nomor halaman pada karya tulis mereka adalah tidak bisa menghapus halaman di cover yang mereka buat. Jikapun bisa dihapus maka halaman berikutnya akan terpengaruh.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan menjabarkan kepada Anda secara mudah untuk menghapus nomor halaman cover di Ms Word.

Sebelum ketutorial pastikan halaman cover dan isinya berada satu file terlebih dahulu.

1. Jika sudah, langkah pertama adalah klik pada halaman ke 2 setelah cover. Arahkan cursor mouse Anda pada bagian atas paling kiri tulisan, kemudian pilih menu page layaout > breaks > continoues. Langkah tersebut untuk memisah section break halaman.

2. Langkah kedua adalah doubel klik bagian header halaman 2, lalu pilih menu design. Hilangkan seleksi pada link to previous.

3. Terakhir pilih menu insert > page number. Lalu pilih tata letak penomoran sesuai kebutuhan.

Degan begitu nomor halaman akan muncul selain di halaman cover sesuai dengan tata letak yang sudah Anda pilih.

Begitulah setidaknya langkah-langkah menghapus nomor halaman cover di Microsoft Word yang tidak membuat halaman lainnya juga ikut terhapus. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda. Sekian terimakasih.

Post a Comment for "Cara Menghapus Nomor Halaman Cover di Ms Word Dengan Mudah"