Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan dan Menghapus Section Break di Semua Ms Word

Cara menggunakan section break word 2007, 2010, 2013 dan 2016-Saat menggunakan Microsoft Word ada berbagai macam fitur yang disediakan. Saking banyaknya terkadang kita tidak mengetahui suatu fitur yang tersedia di Ms Word untuk apa. Berawal dari pengalaman saya ketika ingin membuat dan menata halaman proposal, maka saya kan memberikan tutorial kepada Anda tentang bagaimana cara menggunakan section break di Ms Word.

Setelah menggunakan fitur Section Break, banyak sekali manfaat yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah yang akan saya jabarkan dibawah ini. Selain itu, apabila Anda ingin melakukan penghapusan Section Break juga bisa Anda praktekan dengan cara membuka menu view dan pilih sub menu draft. Tutorial cara menghapus section break bisa Anda baca pada bagian bawah artikel. 

Pengertian Section Break

Merupakan sebuah fitur pada microsoft word yang digunakan untuk membagi dan memformat dokumen. Dengan menggunakan fitur Section Break ini Anda bisa membagi bab, sub-bab, atau mengatur format kolom, header, footer, dan page border.

Fungsi Section Break

Fitur Section Break ini memiliki beberapa fungsi yang bisa membantu pekerjaan Anda di Microsoft Word. Diantaranya adalah berikut ini.

  1. Membuat Header dan Footer Section baru. Kegunaan utama dari Section Break ini adalah untuk membuat sebuah Section baru. Dengan adanya header dan footer Section baru maka akan membuat pengaturan kolom, halaman, page border dan pembagian bab pada file Ms Word lebih mudah.
  2. Memisahkan tiap Section. Pemisahan tiap Section juga diperlukan saat penataan dan penomoran halaman. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda sedang membuat karya ilmiah atau skripsi yang memungkinkan pemberian halaman serta penataannya lebih mudah.
  3. Memformat Kolom, Header, Footer dan Page Border. Dalam beberapa kasus Anda bisa membuat kop surat dengan adanya Section. Nah, fitur Section Break ini bisa Anda gunakan untuk mengatur pemisahan Section sehingga pembuatan kop surat, page border, dan penomoran halaman antara Section satu dengan yang lain terpisah.

Penggunaan Section Break

Anda bisa menggunakan fitur Section Break dari Ms Word ini untuk berbagai kasus. Diantaranya adalah berikut ini.

  • Membuat Kop Surat. Saya pernah membuat dedicated artikel mengenai cara membuat kop surat di ms word yang bisa Anda baca. Pada artikel tersebut saya memanfaatkan fitur Section Break untuk membuat kop surat pada satu halaman saja.
  • Menata Halaman. Fitur Section Break ini sangat membantu ketika Anda akan melakukan pemformatan halaman. Karena Anda bisa mengatur dimana saat halaman menggunakan nomor romawi, dan dimana nomor menggunakan alphabetic biasa.
  • Memisahkan Halaman. Pemisahan Section antara halaman sangat berguna ketika membuat page border di halaman tertentu saja. Selain itu dengan memisahkan Section maka Anda akan terbantu dalam membuat format kolom, headear, footer, bab dan sub-bab yang diatur pada satu halaman saja.

Cara menggunakan Section Break di Ms Word 

Anda bisa menggunakan section break di microsoft office dengan cara yang saya jabarkan dibawah ini.

Cara Menggunakan Section Break di Ms Word

1. Buka file Ms Word Anda.

2. Selanjutnya klik menu Page Layout dan pilih Sub Menu Breaks

3. Ada beberapa jenis section breaks yang bisa Anda pilih diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Next page berguna untuk membuat section baru dan dimulai pada halaman selanjutnya. Hal ini digunakan biasanya ketika ingin membuat bab baru.
  • Continous berguna untuk membuat section baru yang terletak pada halaman yang sama. Biasanya digunakan untuk membuat halaman dengan kolom yang berbeda.
  • Even page berguna untuk membuat halaman selanjutnya menjadi halaman genap.
  • Odd page kebalikan dari even page, yaitu membuat halaman selanjutnya menjadi halaman ganjil.
Saya akan mencontohkan bagaimana cara menggunakan setiap section break pada semua Ms Word.

Cara menggunakan section break Next Page
Anda bisa menggunakan section break untuk memisah halaman dengan opsi Next Page, sebagaimana contoh dibawah ini.
  1. Lagkah pertama adalah buka dokumen Ms Word.
  2. Setelah itu ikuti langkah seperti diatas, yaitu membuka Page Layout dan pilih pada Sub Menu Breaks 
  3. Klik pada menu Next Page. Dan hasilnya halaman akan membuat Section baru. Sistem penulisan halaman pun berbeda dengan halaman pada Section sebelumnya.
Cara menggunakan section break Continuous
Anda bisa menggunakan section break untuk membuat section baru pada satu halaman dengan opsi Continous, sebagaimana contoh dibawah ini.
  1. Lagkah pertama adalah buka dokumen Ms Word.
  2. Setelah itu ikuti langkah seperti diatas, yaitu membuka Page Layout dan pilih pada Sub Menu Breaks 
  3. Klik pada menu Continuous. Dan hasilnya walaupun sudah berbeda halaman dan Section, tetapi sistem penomoran halaman masih mengikuti pada halaman sebelumnya.
Cara menggunakan section break Even Page
Anda bisa menggunakan section break untuk membuat halaman selanjutnya menjadi genap dengan opsi Even Page, sebagaimana contoh dibawah ini.
  1. Lagkah pertama adalah buka dokumen Ms Word.
  2. Setelah itu ikuti langkah seperti diatas, yaitu membuka Page Layout dan pilih pada Sub Menu Breaks 
  3. Klik pada menu Even Page. Dan hasilnya halaman yang diubah menggunakan Even Page akan membuat Section baru sekaligus memaksa halaman selanjutnya berubah menjadi halaman bernomor genap.
Cara menggunakan section break Odd Page

Anda bisa menggunakan section break untuk membuat halaman selanjutnya menjadi ganjil dengan opsi Odd Page, sebagaimana contoh dibawah ini.

  1. Lagkah pertama adalah buka dokumen Ms Word.
  2. Setelah itu ikuti langkah seperti diatas, yaitu membuka Page Layout dan pilih pada Sub Menu Breaks 
  3. Klik pada menu Odd Page. Dan hasilnya akan memebuat Section baru dan memaksa halaman selanjutnya menjadi ganjil.
Cara Menghapus Section Break di Ms Word 2007, 2010, 2013, dan 2016
Anda bisa menghapus bagian Section Break yang tidak diinginkan dengan cara berikut ini.
  1. Langkah pertama pergi kebagian Menu View.
  2. Kemudian klik Draft.
  3. Cari bagian Section Break yang tidak diinginkan. Kemudian arahkan padanya dan klik Delete pada tombol keyboard.
Kesimpulan

Dapat disimpulkan penggunaan semua fitur Section Break memiliki guna dan manfaat yang berbeda-beda dalam pemformatan halaman. Anda bisa menggunakan fitur Section Break ini sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sekian dari saya, Semoga artikel cara menggunakan Section Break di semua Ms Word ini bisa membantu Anda dalam menggunakan fitur ini. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Menggunakan dan Menghapus Section Break di Semua Ms Word "