Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Artikel Sudah Terindeks Google atau Belum

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah cara kepada Anda bagaimana mengecek artikel yang telah Anda buat sudah terindeks google atau belum. Tetapi sebelum saya menuju topik utama, ada beberapa pengatar yang akan saya sampaikan dibawah ini.

Indikator artikel terindeks di google

Anda bisa mengecek apakah artikel yang dibuat sudah terindeks atau belum dengan melihat sumber lalu lintas visitor di blog Anda. Jika terdapat salah satunya dari goole.com atau google.co.id itu berarti artikel Anda sudah terindeks.

Atau cara lain adalah dengan mencari artikel di google dengan judul artikel yang Anda buat. Jika tidak ditemukan artikel dari situs Anda, berarti artikel tersebut memang belum terindeks.

Gambar diatas adalah salah satu contoh jika artikel yang Anda buat sudah terindeks di mesin pencari google

Manfaat mengecek artikel di google

Kenapa Anda perlu membaca artikel ini? Alasan pertama mengapa Anda perlu mengetahui cara mengecek artikel sudah terindeks google atau belum adalah perlunya pengecekan sumber lalu lintas. 

Seperti yang kita tahu, mesin pencari google merupakan penghasil organik visitor terbesar. Hal ini karena orang di seluruh dunia menggunakan google. Karena itu, untuk mengetahui seberapa cepat artikel kita dapat di indeks pada mesin pencari ini, maka kita perlu mengeceknya.

Semakin cepat suatu artikel di mesin pencari, maka semakin baik pula jika terdapat SEO yang memadai di dalamnya. Sehingga, sumber pengunjung organik yang datang ke situs kita akan semakin banyak.

Alasan kedua mengapa kita perlu mengecek artikel di google adalah untuk mengetahui ada di rangking berapa artikel kita nangkring di mesin pencari.

Cara Mengecek Artikel Sudah Terindeks Google atau Belum

Mengecek artikel yang Anda buat sudah terindeks mesin pencari google atau belum bisa Anda lakukan dengan cara dibawah ini.

Menggunakan URL utama

Cara yang pertama adalah dengan mengiput URL situs Anda ke mesin pencari. Tetapi kita juga perlu menambahi kata diawal dengan "site:" berikutnya bisa diisi dengan URL situs. Contohnya seperti ini.

Site:teknokerad.blogspot.com

Hasil dari pencarian tersebut, google akan menampilkan seluruh artikel yang sudah terindeks ke mesin pencari. Jika ada artikel yang belum Anda temukan dari hasil pencarian tersebut, artinya artikel itu belum terindeks. 

Menggunakan URL artikel

Selain menggunakan URL utama, Anda juga bisa mengecek artikel Anda sudah terindeks atau belum dengan cara menginput URL artikel di mesin pencari. Caranya hampir sama dengan cara pertama, hanya saja yang Anda masukkan setelah kata "site:" adalah URL artikel. Sebagai contoh seperti ini.

site:https://teknokerad.blogspot.com/2020/10/mengubah-kuota-edukasi-axis.html

Maka yang akan ditampilkan dari pencarian tersebut adalah artikel Anda. Jika tidak ditemukan hasil pencarian, artinya artikel Anda belum terindeks di mesin pencari. 

Menggunakan webmaster

Cara terakhir untuk mengecek artikel Anda sudah terindeks mesin pencari atau belum adalah dengan menggunakan google search console

  1. Langkah pertama adalah membuka situs google search console
  2. Kemudian klik pada kinerja.
  3. Lalu lihat pada kolom kueri, cari kata kunci artikel yang ingin Anda cek.
  4. Jika tidak kata kunci artikel yang Anda buat, itu berarti artikel Anda belum terindeks.

Note : cara diatas cukup ribet sebenarnya, karena terlalu banyak data kueri diasana sehingga akan membutuhkan banyak waktu untuk mengecek artikel Anda sudah terindeks atau belum. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan data kueri tersebut untuk mengecek posisi artikel di kata kunci tertentu pada mesin pencari google.

Begitulah setidaknya cara mengetahui artikel yang Anda buat sudah terindeks atau belum. Bila ada hal yang kurang jelas, Anda bisa bertanya pada kolom komentar. Sekian, terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengecek Artikel Sudah Terindeks Google atau Belum"