Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi iklan Adsense yang tidak muncul

Cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul. Sangat disayangkan ketika kita melihat blog yang dikelola tiba-tiba tidak menampilkan iklan Adsense. Ketika ini terjadi tentu ada seribu pertanyaan pada kepala kita. Saya pribadi ketika tahu kalau blog tidak menampilkan iklan, langsung mengambil gerakan untuk mencari tahu penyebab mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog. Nah, bagi Anda yang juga ingin tahu penyebab dan cara mengatasinya saya sarankan agar Anda membaca artikel ini sampai habis.

Pengertian Adsense

Google Adsense adalah program periklanan dengan sistem BPK atau biaya per klik milik Google, yang memungkinkan penerbit (siapa saja, seperti pemilik blog atau pembuat youtube) untuk menampilkan iklan bertarget dan relevan berdasarkan konten yang mereka miliki. Dengan program ini, Google memberikan kesempatan kepada pembuat website dan blogger atau pembuat konten lainnya untuk mengiklankan konten mereka.

Penyebab dan Cara mengatasi iklan Adsense tidak muncul

Berikut ini adalah beberapa penyebab atau alasan mengapa iklan Adsense di blog Anda tidak muncul pada halaman blog atau website.

Terlalu banyak javascript

Sejumlah besar skrip dan permintaan di blog Anda juga akan membahas iklan yang akan ditampilkan. Jadi berhati-hatilah saat Anda memasang plugin di situs Anda, karena dapat memblokir iklan nanti. Jika Anda masih bingung tentang plugin dasar untuk blog Anda, silakan baca artikel tentang saran plugin wordpress.

Kode iklan salah dan tidak lengkap atau kurang

Jika Anda menggunakan platform blogger, biasanya iklan harus diurai terlebih dahulu. Iklan yang tidak ditentukan tidak dapat dibaca di platform, kecuali Anda menempatkannya di tata letak halaman. Ada juga template yang tidak menyediakan slot iklan yang mengharuskan Anda menginstal secara manual. Untuk mengatasinya, harap ikuti panduan ini.

  1. Masuk ke akun AdSense Anda, dan salin iklan yang ingin Anda pasang
  2. Kemudian buka tautan ini: http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
  3. Kemudian salin kode iklan Anda dan tempel di tempat yang tersedia di situs web parse
  4. Jadi, kode iklan parsing pada web akan mengubah kode dari  (“) menjadi (> atau <)
  5. Kemudian copy kembali dan paste ke tempat Anda ingin menginstalnya, misalnya di template blogger yang Anda edit
  6. Ada juga alasan lain iklan AdSense tidak muncul karena kode iklan tidak disalin dengan benar, jadi sebaiknya tekan tombol salin kode daripada memblokir atau menyalinnya secara manual. Alasannya adalah semua kode iklan Anda harus disalin dengan benar.

Iklan kurang tersingkron dengan baik

Bagi sebagian pemilik blog, disetujui pertama kali oleh AdSense akan sangat membahagiakan bukan? Seperti yang kami lakukan saat pertama kali mendaftar ke AdSense. Awalnya kita bingung kenapa blog kita diterima oleh AdSense, lalu ketika iklan dipasang, blog tidak muncul sama sekali.

Setelah mencari jalan keluarnya, akhirnya kami menemukan penjelasan yang sesuai dengan masalah kami saat itu. Ada beberapa hal yang terjadi saat Anda pertama kali menempatkan iklan di blog yang baru disetujui, termasuk:

  • Iklan belum tersingkron dengan baik pada blog Anda. Akun AdSense baru biasanya tidak langsung muncul setelah iklan, ada jeda 20 menit hingga 1 jam saat iklan pertama kali dibuat. Bedanya iklan sudah dibuat sebelumnya, iklan akan langsung tampil di blog yang terhubung dengan akun tersebut.
  • Google AdSense menemukan pengiklan yang tepat untuk blog Anda. Dalam beberapa kasus, ada website yang sebelumnya aktif dengan iklan, tiba-tiba kosong begitu saja. Ini karena tidak ada iklan yang relevan dengan konten di blog. Anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal seperti ini, biasanya jika anda membukanya melalui perangkat lain seperti handphone atau laptop teman anda akan muncul iklan seperti semula.
  • Tidak di-cache dengan benar. Jika Anda baru saja mempublikasikan sebuah artikel, biasanya membutuhkan waktu yang lama, dalam 1-2 jam iklan akan muncul di artikel tersebut. Alasannya kurang lebih sama dengan point kedua, iklan yang anda pasang tidak bisa menampilkan iklan yang sesuai dengan konten.
Akun Adsense kena banned

Hal paling sial yang mungkin terjadi jika iklan Adsense tidak tampil pada halaman blog Anda adalah karena akun Adsense terkena banned. Ada banyak alasan mengapa akun Adsense bisa kena banned, salah satunya adalah karena invalid click. Yaitu ketika jumlah klik Anda tidak wajar dan dicurigai adanya kecurangan pada klik iklan. 

Saya sendiri pernah di banned google Adsense gara-gara hal ini. Beberapa cara untuk menghindari invalid trick adalah jangan klik iklan sendiri, dan usahakan ketika kerabat dekat atau keluarga melihat blog Anda jangan suruh mereka untuk mengklik iklan, dan hindarilah pesamangan iklan terlalu banyak.

Penutup

Begitulah penyebab dan cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul format. Jika Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini Anda bisa memberikan feedback kepada saya dengan berkomentar atau membagikan artikel ini ke sosial media, sekian dari saya terimakasih. 

Sumber dan Refrensi

https://rambutputih.com/iklan-adsense-tidak-tampil/