Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat watermark pada dokumen Ms Word (terbaru)

Cara membuat watermark di word. Seringkali ketika kita mencari contoh karya ilmiah atau jurnal di internet, kita akan menjumpai logo atau tulisan dibelakang dokumen sebagai identitas instansi atau lembaga yang menaungi dokumen tersebut. Hal itulah yang disebut dengan watermark. Dengan adanya watermark, maka orang tidak akan menyunting dokumen tersebut sesuka mereka.

cara membuat watermark di ms word

Sehingga dapat diartikan watermark ini memiliki fungsi sebagai identitas suatu dokumen. Selain itu, Anda juga bisa membuat watermark pada halam tertentu saja. Anda akan menemukan cara membuat watermark di word pada halaman tertentu saja dengan menggunakan section break dibawah ini.

Pengertian watermark

Watermark merupakan suatu tanda atau identitas dapat berupa gambar atau logo dan juga tulisan atau teks. Dengan adanya watermark maka suatu karya yang Anda unggah di internet lebih sulit untuk di klaim oleh orang lain.

Manfaat watermark

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dari membuat watermark di dokumen Ms Word yang Anda buat, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mencegah plagiarism. Semakin majunya zaman ternyata tidak menandakan kemajuan yang sama pada sumber daya manusianya. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakan indonesia yang dengan mudahnya saat ini meng-copy dan paste karya seseorang tanpa meminta izin. Setidaknya dengan pemberian watermark ini cukup untuk mencegah orang menyunting dokumen yang Anda buat dan meng-claim atas dokumen tersebut.
  2. Memberikan identitas. Dokumen yang telah diberi identitas tentu kemungkinan disunting dokumen tersebut tanpa sepengetahuan Anda akan semakin kecil. Beberapa karya ilmiah dan jurnal yang diunggah pada penyimpanan cloud storage juga diberi watermark.
  3. Sebagai bukti. Pemberian watermark juga memberi manfaat kepada Anda sebagai bukti bahwa dokumen yang Anda buat merupakan dibuat, diedit, dan disunting oleh Anda. Karena pada watermark tercantum indentitas.

Cara membuat watermark di word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Saat membuat watermark Anda akan dihadapkan kepada dua pilihan. Pilihan atau opsi pertama adalah membuat watermark dalam bentuk gambar atau logo, sedangkan opsi kedua adalah membuat watermark dalam bentuk tulisan atau teks.

Cara membuat watermark dari logo atau gambar

Anda bisa menambahkan watermark logo atau gambar dengan cara dibawah ini.

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka file Ms Word.

  • Jika sudah, untuk pengguna word 2007 dan 2010 : pilih pada tab Page Layout, di grup Page Background klik Watermark.
  • Sedangkan untuk Anda pengguna word versi 2013 keatas : pilih di menu tab Design, pada grup Page Background Anda klik pada Watermark.

2. Berikutnya, klik Custom Watermark untuk membuka pada kotak dialog Printed Watermark.

3. Selanjutnya, klik Picture Watermark, dan pilih Select Picture.

4. Cari gambar atau logo pada komputer Anda. Kemudia klik Insert.

5. Atur presentase dan ukuran gambar pada Scale sesuai dengan kemampuan Anda.

6. Centang pada kotak Washout agar Anda bisa mengatur warna gambar lebih transparan dan membuat warnanya tidak mengganggu teks pada dokumen.

7. Klik Ok jika Anda merasa sudah cukup. Watermark akan tertampil di dokumen Anda sesuai dengan yang Anda pilih.

Note : Anda bisa menggunakan watermark pada halaman tertentu saja dengan membaca cara membuat watermark pada halaman tertentu menggunakan section break.

Cara membuat watermark dalam bentuk teks atau tulisan

Selain membuat watermark dalam bentuk gambar atau logo, Anda juga bisa membuat watermark dalam bentuk teks atau tulisan seperti dibawah ini.

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka file Ms Word.

  • Jika sudah, untuk pengguna word 2007 dan 2010 : pilih pada tab Page Layout, di grup Page Background klik Watermark.
  • Sedangkan untuk Anda pengguna word versi 2013 keatas : pilih di menu tab Design, pada grup Page Background Anda klik pada Watermark.
2. Anda bisa membuat watermark dalam bentuk tulisan dengan dua jenis format yaitu format custom yang kita buat sendiri atau default format.
  • Jika Anda ingin menggunakan default format seperti teks Confidential atau Do Not Copy, Anda tinggal klik pada teks tersebut.
  • Tetapi jika ingin membuat teks sendiri, Anda perlu klik pada Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.

3. Terakhir klik Ok maka watermark tulisan akan tertampil dibelakang tulisan.

Note : Anda bisa menggunakan watermark pada halaman tertentu saja dengan membaca cara membuat watermark pada halaman tertentu menggunakan section break.

Penutup
Begitulah cara membuat watermark pada microsoft word beberapa gambar dan format teks saya ambil dari blog panduanmicrosoftoffice. Semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam memberi watermark dalam bentuk teks atau gambar, sekian dari saya bila ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.