Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Word Dengan Logo dan Text

Teknokerad-Apa itu kop surat? Kop surat adalah bagian penting dari surat resmi yang terletak di header dokumen. Membuat kop surat bukanlah hal yang sulit. Dewasa ini, masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat kop surat. Pasalnya untuk membuat kop surat dibutuhkan kecerdikan agar kop surat yang dibuat memiliki hasil yang rapi.

Pengalaman saya saat membuat kop surat dibutuhkan waktu yang lumayan lama, karena waktu itu saya tidak mencari tahu di internet bagaimana cara membuat kop surat resmi. Jadi saya mencoba satu-satu menu yang ada di Ms Word agar bisa membuat kop surat resmi yang rapi.

Salah satu trik yang bisa kalian lakukan agar kop surat yang kalian buat rapi adalah dengan menggunakan bantuan tabel di Ms Word. Caranya kalian tinggal masukan tabel pada bagian header dokumen sebagai alat bantu untuk memisahkan logo dengan text yang ada pada kop surat. Cara ini cukup ampuh agar hasil kop surat yang kalian buat terlihat lebih rapi.

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Ms Word 2010

Langkah 1 Buka Ms Word di komputer kalian.


Langkah 2 Masuk ke mode header dengan cara klik dua kali pada bagian atas dokumen.

Langkah 3 Buat tabel pada header dengan cara klik menu insert > tabel. Setelah itu masukkan tabel dengan 1 baris 2 kolom.

  • Kolom pertama pada bagian kiri untuk lambang atau logo
  • kolom kedua pada bagian kanan untuk tulisan kop surat


Langkah 4 Masukkan gambar dan tulis judul kop surat seperti gambar diatas. Sesuaikan layout text agar rapi, dengan cara blok text > buka menu layout > pilih icon seperti gambar diatas.


Langkah 5 Blok tabel > lalu klik no border untuk menghilangkan tabel. Selanjutnya untuk menambah garis horizontal dibawah kop surat, klik border and shading.


Langkah 6 Terakhir pada border and shading pilih setting costum > pilih juga garis tebal seperti gambar diatas > pastikan hanya garis bawah yang berwarna biru. Setelah itu, klik OK.


Gambar diatas merupakan hasil akhir dari pembuatan kop surat yang saya contohkan diatas. Sebenarnya untuk membuat garis horizontal dibawah kop surat kalian bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memasukkan shape garis dibawah kop surat, tetapi menurut saya lebih mudah menggunakan cara yang saya contohkan diatas.

Itulah artikel saya mengenai cara membuat kop surat dengan logo di Ms Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Kurang lebih cara yang saya bagikan diatas dapat dipraktekan pada setiap seri Ms Word.

Post a Comment for "Cara Membuat Kop Surat Resmi di Word Dengan Logo dan Text"