Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini, Cara Belajar Mengetik 10 Jari Secara Cepat Yang Benar..!!

Kalau bisa mengetik dengan cara sendiri mengapa harus belajar mengetik 10 jari? Banyak orang yang lebih memilih untuk mengetik dengan cara mereka sendiri ketimbang belajar 10 jari. Padahal banyak manfaat mengetik 10 jari yang dapat kita peroleh. Salah satunya adalah dengan menguasai ilmu mengetik 10 jari maka kalian akan hafal berbagai letak huruf yang ada di keyboard tanpa melihatnya. Seperti pengalaman ibu saya yang dulu pernah mengikuti kursus komputer dan diajari mengetik 10 jari, alhasil dia sekarang bisa mengetik tanpa melihat dari letak setiap huruf yang ada di keyboard.

Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang dapat kita peroleh dari mengetik 10 jari, seperti mengheman waktu, mengetik menjadi lebih efisien, dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan sebagainya. Permasalahannya adalah sekarang bagaimana cara kita belajar mengetik 10 jari dengan benar. Dewasa ini, banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk membantu kita belajar mengetik 10 jari baik online maupun offline. Dari berbagai fasilitas yang ada kalian bisa memilih sendiri beberapa cara belajar mengetik 10 jari.

Posisi Duduk Ketika Sedang Mengetik

Tetapi sebelum memasuki pokok pembahasan pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi terlebih dahulu bagaimana posisi duduk yang baik ketika kita sedang menghadap komputer agar kita nyaman ketika sedang mengetik. Kurang lebih posisi duduk yang baik ketika sedang mengetik adalah mata menghadap ke arah layar komputer satu garis lurus dan posisi punggung tegap tidak membungkuk, apabila di ilustrasikan seperti contoh gambari dibawah ini.


ilustrasi dari wikihow

Posisi Jari Ketika Sedang Mengetik


Nah setelah posisi duduk kalian sudah benar, selanjutnya kalian bisa mulai berlatih mengetik. Tetapi kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana formasi jari kalian ketika mengetik 10 jari. Untuk mengetahui formasi jari yang benar ketika kalian sedang berlatih mengetik 10 jari sebagai contoh kalian bisa melihat gambar dibawah ini.



Fasilitas Yang Membantu Belajar Mengetik 10 Jari

1. TypingStudy

Memiliki ratusan macam bahasa yang ada, typing study menawarkan kalian berbagai macam challenge untuk melatih kelincahan 10 jari kalian. Selain bisa menggunakan bahasa indonesia, pada typing study kalian juga bisa menggunakan bahasa inggris, yang tentunya juga akan melatih gerakan tangan kalian, karena kosa kata dalam bahasa inggris terbilang lebih kompleks ketimbang bahasa indoneisa.

TypingStudy menawarkan kalian untuk berlatih mengetik 10 jari dari yang paling dasar hingga yang tersulit. Terdapat beberapa tingkatan untuk kalian coba hingga jari kalian telah terbiasa mengetik 10 jari. Untuk belajar mengetik 10 jari di TypingStudy kalian membutuhkan koneksi internet, karena TypingStudy ini berbentuk website.

2. 10fastfingers

Sama dengan TypingStudy, 10fastfingers merupakan tempat untuk berlatih mengetik 10 jari tetapi membutuhkan koneksi internet, karena 10fastfingers ini merupakan sebuah website untuk menilai seberapa cepat kalian bisa mengetik dalam waktu satu menit. Namun menurut saya, untuk pemula lebih saya anjurkan untuk menggunakan TypingStudy ketimbang 10fastfingers, karena pada 10fastfingers tidak ada tingkatan rendah yang bisa digunakan untuk latihan pemula. Berbeda dengan TypingStudy yang menyajikan berbagai tingkatan, dari yang termudah hingga yang tersulit.

Tetapi, bukan berarti 10fastfingers buruk sepenuhnya. 10fastfingers ini dapat kalian gunakan sebagai indikator sejauh apa kemampuan mengetik kalian berkembang. Karena dengan 10fastfingers kalian dapat melihat progres dari latihan mengetik yang telah dijalani.

3. Rapidtyping

Rapidtyping merupakan aplikasi yang paling saya rekomendasikan untuk berlatih mengetik 10 jari. Berbeda dengan dua aplikasi diatas yang mengharuskan kita tersambung koneksi internet terlebih dahulu, rapidtyping merupakan aplikasi untuk latihan mengetik 10  jari yang bisa kalian download dan bisa kalian instal di laptop atau komputer yang kalian punya dirumah.

Kalian bisa mendownload aplikasi rapidtyping secara resmi di website official dari rapidtyping itu sendiri. Kelebihan dari aplikasi ini ketimbang dua aplikasi diatas adalah karena sistem nya yang offline sehingga kalian bisa berlatih dimana saja menggunakan laptop tanpa harus tersambung dengan koneksi internet. Dan juga terdapat berbagai tingkatan dari yang termudah hingga yang tersulit, sehingga kalian bisa melatih kelincahan jari kalian dari tingkatan yang termudah.

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa untuk bisa mengetik 10 jari yang perlu kita lakukan adalah mengubah posisi duduk dengan benar, memiliki formasi 10 jari yang benar pula dan sering-sering berlatih mengetik dengan ketiga aplikasi diatas. Saya anjurkan kalian untuk berlatih menggunakan Rapidtyping atau TypingStudy terlebih dahulu, setelah kalian ahli dalam mengetik 10 jari, kalian bisa mengukur perkembangan mengetik kalian di 10fastfingers. Itu saja artikel dari saya, semoga dapat membantu. Dan jangan lupa share artikel ini. Sekian, terimakasih.

Post a Comment for "Begini, Cara Belajar Mengetik 10 Jari Secara Cepat Yang Benar..!!"