Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Software Untuk Mengedit Video Yang Ramah Bagi Pemula

Mengedit video adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan saat ini. Dewasa ini, banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan keahlian seseorang dalam mengedit sebuah video. Membeli software edit video merupakan salah satu bentuk investasi tersendiri, pasalnya kedepan banyak juga siswa-siswi yang diberikan tugas oleh guru mereka untuk membuat video, sehingga memiliki salah satu software dibawah ini sangat diperlukan untuk semua kalangan.

AVS Video Editor

Beberapa software edit video dibawah ini memang memiliki fitur berbayar, namun bukan berarti kalian tidak bisa mendownloadnya. Beberapa ada yang bisa kalian unduh secara gratis, tetapi untuk beberapa fitur ada yang dikunci dan untuk membukanya kalian harus membayar terlebih dahulu.

Nah, buat kalian yang belum memiliki cukup uang untuk membeli software dibawah ini, kalian bisa mencoba software edit video yang gratisan terlebih dahulu. Seperti windows movie maker contohnya. Atau kalian bisa mengunduh software gratisan lainnya seperti Powerdirector, dan Filmora yang memiliki fitur lebih lengkap dari movie maker ditambah lagi gratis, namun saat kalian merender video yang kalian edit, akan ada watermark di pojok kanan bawahnya. Karena dari itu, alangkah baiknya kalian simak 5 rekomendasi aplikasi edit video terbaik. 

1. Windows Movie Maker


Menjadi aplikasi editor video sejuta umat, windows movie maker merupakan aplikasi edit video yang memberikan pengalaman simple dan ramah untuk editor pemula. Selain itu, windows movie maker ini juga menawarkan beberapa format yang menarik untuk video yang akan dirender. Dengan tampilan yang simple, bukan berarti fitur yang ditawarkan sedikit, beberapa Text dan VideoFx yang beragam dapat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil editan yang bagus. 

Sayagnya keterbatasan dalam mengolah video membuat aplikasi ini sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu contohnya adalah dalam aplikasi ini tidak bisa untuk mengabungkan dua video dengan dua audio yang diputar secara bersamaan atau bisa dikatakan fitur layer yang terdapat pada aplikasi editor video lain tidak dapat kalian jumpai di windows movie maker ini.

2. Videopad

Mungkin belum banyak orang yang menggunakan aplikasi editor video yang satu ini. Videopad merupakan aplikasi editor video yang sangat simple, dan juga ringan untuk ukuran aplikasi edit video. Bahkan saya sempat kaget sangat menginstal aplikasi video ini karena ukuran filenya yang kurang dari 5mb, untuk ukuran aplikasi edit video yang ramah di semua PC dan laptop videopad memang jagonya. Apalagi salah satu fiturnya yaitu storyboard yang sangat membantu kita dalam menyusun setiap scene dalam video sangat memudahkan para pengguna yang masih pemula untuk menyusun hasil editan yang dibuat.

3. Wondershare Filmora

Walau berbayar, namun saya rasa aplikasi ini sangat reccomended untuk kalian beli. Apalagi buat kalian yang memang memiliki rejeki lebih mau belajar mengedit video, saya sarankan kalian untuk membeli aplikasi wondershare filmora ini. Terlebih lagi dengan fitur VideoFX, Music, dan Text yang terbilang sangat lengkap. Wondershare filmora ini sangat cocok untuk kalian yang suka membuat video dokumenter atau video narasi seperti calon sarjana, karena terdapat banyak animasi text yang tersedia secara gratis di wondershare filmoran ini.

4. Cyberlink Powerdirector


Merupakan salah satu aplikasi edit video sejuta umat yang terkenal dengan watermark untuk penggunanya yang tidak menggunakan fitur berbayar. Cyberlink Powerdirector merupakan aplikasi edit video yang ringan namun tampilan UI dan UX nya yang tidak kalah dengan aplikasi lainnya seperti sony vegas dan adobe premier pro. Sangat cocok untuk pemula karena fitur yang ditawarkan pun tidak kalah lengkap dengan aplikasi edit video lainnya.

Cyberlink Powerdirector memiliki fitur 360 video editing, motion tracking, chroma key, hingga color adjusment. Aplikasi untuk mengedit video ini hanya membutuhkan PC atau laptop dengan minimal ram 2 gb, sangat ringan sekali bukan? Apalagi fitur dengan yang lengkap, membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para cineas pemula.

5. AVS Video Editor

AVS Video Editor merupakan aplikasi edit video yang terbilang kecil ukuran filenya namun fitur yang dihadirkan tidak kalah lengkap dengan aplikasi editor lainnya. Aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang belum pernah mengedit video sama sekali karena tampilannya yang user friendly untuk pengguna. 

Selain itu aplikasi ini juga sangat cocok untuk mengedit video pada laptop ataupun PC dengan spesifikasi yang rendah. Ditambah lagi video cahce untuk pengeditan video yang cepat membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk editor pemula.

Post a Comment for "5 Software Untuk Mengedit Video Yang Ramah Bagi Pemula"