Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Mengedit Video Menggunakan Filmora

TEKNOKERAD - Seiring berkembangnya zaman dan penggunaan teknologi informasi internet, kebutuhan video berkualitas untuk menyampaikan pesan di sosial media semakin meningkat. Apalagi sejak adanya pandemi, semua hal sekarang ini serba digital. Media periklanan yang tadinya fokus di platform lama seperti koran, banner, dan brosur sekarang sudah mulai berpindah kearah digital.

Salah satu bentuk media penyampaian informasi yang paling efektif saat ini adalah dengan video. Platform sosial media seperti youtube, instagram, dan facebook memungkinkan bagi kita untuk menyebarluaskan informasi format video sehingga bisa dilihat banyak orang. Karena itu, kita membutuhkan aplikasi untuk editing video yang mudah dan ringan digunakan. Salah satunya adalah filmora, sesuai judul artikel ini saya akan membagikan kepada Anda bagaimana cara mengedit video menggunakan Wondershare Filmora.

Keunggulan Filmora

Aplikasi Wondershare Filmora ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi editing video lain diantaranya adalah sebagai berikut :

Aplikasi Ringan. Bisa dikatakan aplikasi Filmora ini jika dibandingkan dengan aplikasi lain jauh lebih ringan dari segi kapasistas memori dan juga file eksport yang dihasilkan setelah merender hasil editing menggunakan aplikasi ini.

UI dan UX simpel. Salah satu indikator sebuah aplikasi bisa dikatakan berhasil adalah dengan memperhatikan UI dan UX yang mudah dimengerti pengguna. Karena, jika UI dan UX-nya bagus, otomatis kita sebagai pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Banyak Assets tersedia. Salah satu keunggulan aplikasi editing video ini ketimbang yang lain adalah dengan banyaknya assets yang ada pada aplikasi ini. Anda bisa menggunakan berbagai macam tipe opening ataupun ending video sesuai dengan kesukaan Anda, adapun VFX dan Color Grading gambar bisa Anda atur dengan mudah.

Panduan Cara Mengedit Menggunakan Filmora

Saya akan memberikan beberapa panduan awal cara menggunakan Wondershare Filmora.

1. Cara Memilih Klip di Perpustakaan Media

Anda bisa memilih klip di perpustakaan media sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk memilih klip.

A. Memilih salah satu file media : Caranya Anda tinggal klik tampilan thumbnail media yang ingin digunakan.

B. Memilih beberapa file media : tekan dan tahan tombol (ctrl), lalu pilih thumbnail media mana saja yang ingin Anda gunakan. 

C. Memilih urutan file media : klik thumbnail pertama dalam urutan media, kemudia tekan dan tahan tombol (shift), lalu klik thumbnail terakhir dalam urutan media.

2. Cara Menambahkan Video dan Media lainnya ke Timeline

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan Video dan Media ke Timeline.

Cara pertama : klik thumbnail pada klip video, atau media lain, di Media library jika sudah seret atau drag video dan letakkan di timeline

Cara kedua : klik kanan pada thumbnail video atau media yang ingin Anda gunakan. Dan pilih salah satu opsi dibawah ini.

* Insert : merupakan fitur untuk menambahkan media yang Anda pilih kedalam track atau timeline.

* Overwrite : merupakan fitur menambahkan media yang sudah Anda pilih dengan menumpuk media yang sudah ada, lalu menggantinya dengan media baru

* Append : merupakan sebuah fitur untuk menambahkan media yang Anda pilih kebagian timeline paling ujung (akhir)

* Add New Track : merupakan fitur menambahkan media track baru tanpa ada media lain dalam satu track.

Note : Anda tidak bisa menambahkan media ke track apabila fitur Track Lock Anda diaktifkan.

3. Cara Menghapus Video atau Media Lain dari Media Library

Caranya sangat mudah, Anda tinggal memilih media yang ingin dihapus kemudia klik kanan dan pilih HAPUS atau DELETE.

Note : video yang Anda hapus hanya menghilang dari media library filmora saja. Sedangkan file local-nya di storage masih ada.

4. Menghapus Klip dari Timeline

Cara mengapus klip video atau media lain dari timeline sangat mudah, Anda tinggal klik kanan pada media di timeline yang ingin dihapus. Kemudian pilih DELETE.

Atau bisa Anda lakuka dengan cara pilih klipnya lalu tekan tombol DELETE di keyboard.

Untuk menghapus beberapa klip video sekaligus di timeline caranya klik dan tahan (CTRL) video atau media yang ingin dihapus, terakhir klik tombol DELETE.

Menghapus Klip dengan Ripple Delete

Dengan cara diatas klip yang Anda hapus akan meninggalkan  celah sehinggan Anda perlu melakukan penyesuaian.

Untuk lebih efisien Anda bisa pilih video yang ingin dihapus, jika lebih dari satu maka tahan tombol CTRL dan gunakan fitur Ripple DELETE, maka track di timeline akan menyesuaikan secara otomatis untuk mengisi ruang kosong.

5. Cara Mengakses Sample Color dan Sample Video

Pada aplikasi Filmora Anda bisa mengakses beberapa warna sampel dan video intro. Untuk menggunakannya Anda perlu klik Media dibawah menu, lalu pilih Sample Color atau Sample Video.

Klik pada icon plus untuk menambahkan Sample Video atau Sample Color di timeline atau drag pada Sample yang telah Anda pilih dan taruh di track timeline.

Begitulah panduan lengkap cara mengedit video menggunakan filmora bagian 1, saya akan membuat bagian 2 suatu saat nanti. Sekian dari saya terimakasih.

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Mengedit Video Menggunakan Filmora"