Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP) di Windows 10

TEKNOKERAD - Di zaman yang semakin maju ini cara bekerja setiap perusahaan akan mengalami perubahan. Apalagi dengan adanya pandemi covid yang merebak, membuat banyak orang harus Work From Home (WFH). Rapat kantoran yang biasa dilakukan offline, kini pun berubah menjadi via online dengan menggunakan Zoom atau Google Meet.

Tidak hanya itu, sistem kerja yang biasa Anda lakukan dengan komputer kantor, sekarang juga bisa dikerjakan dengan laptop atau PC dirumah. Caranya adalah dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows yaitu RDP. Artikel ini akan mengajari kepada Anda bagaimana cara menggunakan RDP di Windows 10.

Pengertian RDP

Remote Desktop Protocol atau disingkat RDP merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Windows 10 agar Anda bisa memiliki kontrol terhadap suatu komputer menggunakan koneksi jaringan. Fitur ini lazim dimanfaatkan untuk perusahaan agar data mereka terintegrasi satu sama lain.

Selain itu, RDP ini juga biasa dimanfaatkan oleh banyak orang untuk me-reupload file atau data dan dokumen dari server satu ke server yang lain. Beberapa orang juga menggunakan RDP untuk mengedalikan Komputer Server agar bisa mengatur data pribadi disana.

Manfaat RDP

Anda bisa memperoleh beberapa manfaat dengan menggunakan fitur RDP di Windows 10, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Penggunaan jarak jauh. Ketika Anda ingin menggunakan Komputer Server yang ada di luar negeri cara yang tepat agar bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Remote Desktop Protocol. Dengan fitur ini, Anda bisa mengendalikan komputer server tersebut dari laptop atau PC rumah Anda.
  • Download file super cepat. Komputer Server yang disewakan di luar negeri tentu memiliki kecepatan internet yang luar biasa. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendownload file-file besar yang nantinya bisa di upload ulang ke penyimpanan cloud milik Anda pribadi. Saya sendiri pernah menggunakan cara ini untuk membuat website film dan anime.
  • Bekerja secara remote. Fungsi utama dari RDP ini adalah untuk mengendalikan PC atau Komputer Server dari jarak jauh menggunakan sistem jaringan. Jadi, Anda bisa bekerja di komputer kantor dari rumah dengan menggunakan fitur RDP.

Cara Menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP) Komputer Server

Untuk menggunakan RDP, pastikan dulu Anda sudah memiliki akunnya. Anda bisa membeli akun komputer server di website luar negeri atau di forum-forum, caranya sangat mudah Anda tinggal cari di google Cheap RDP. Maka akan tertampil ratusan situs yang menjual komputer server untuk Anda gunakan.

Lalu bagaimana cara menghubungkan komputer server dengan komputer lokal milik Anda? Berikut panduan lengkapnya.

  1. Nyalakan PC atau Laptop Anda. Cari di search "Remote Desktop Protocol". Dengan kata kunci tersebut maka akan tertampil fitur dari RDP ini
  2. Setelah itu klik gambar Icon Komputer. Ikon komputer tersebut dapat Anda jumpai dengan mudah.
  3. Masukkan IP Address Server atau Domain dari komputer sever yang Anda beli. Anda akan diberitahu IP Address atau Domain dari seller, beserta Username dan Passwordnya.
  4. Isi Username dan Password dari komputer server tersebut.
  5. Maka Anda akan terkoneksi dengan komputer server. Kalau ada persyaratan atau apapun itu, tinggal Agree (Setuju) saja.

Beberapa server yang sering saya beli ketikan ingin menggunakan RDP adalah Server US, Perancis, dan Netherland. Saya tidak akan merekomendasikan lapak RDP disini. Anda bisa mencarinya sendiri di FJB Facebook atau di Google.

Saran dari saya, agar terhindar dari penipuan carilah lapak RDP yang Trusted Seller. Anda bisa mengetahui Seller tersebut dapat dipercaya atau tidak dengan adanya testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa Seller tersebut.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat terimakasih.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP) di Windows 10"