Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lengkap Istilah CPC, RKT, CTR, BPK, RPM Adsense

Ketika membuka halaman pendapatan Adsense maka Anda akan menemukan berbagai macam istilah di dalamnya yang termuat dalam kolom-kolom laporan harian atau bulanan. Beberapa istilah yang sering Anda temui seperti CPC, CTR, atau RPM akan tertampil pada halaman utama Adsense. Jika Anda tidak mengetahui pengertian istilah tersebut tentu akan menyusahkan diri Anda sendiri ketika membaca laporan pendapatan pada halaman Adsense. Untuk itu, artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda mengenai pengertian CPC, BPK, CTR, RKT dan RPM.

Pengertian CPC dan BPK

CPC adalah akronim dari (Cost Per Click) atau dalam bahasa indonesia menjadi Biaya Per Klik (BPK). Darisini kita bisa tahu kalau CPC dan BPK merupakan biaya yang dikeluarkan Google Adsense untuk membayar Anda atas jumlah klik tayangan iklan yang ditampilkan pada situs Anda. Naik turunnya jumlah CPC dipengaruhi oleh niche yang Anda buat di blog atau situs Anda. Niche dengan bayaran CPC ter-tinggi biasanya diisi oleh otomotif, kesehatan, dan teknologi.

Pengertian CTR dan RKT

CTR adalah akronim dari Click Through Rate atau dalam bahasa indonesia menjadi Rasio Klik Tayangan (RKT). Darisini kita bisa mengartikan jika CTR dan RKT merupakan presentase jumlah klik dibagi dengan jumlah tayangan. Contoh jumlah tayangan iklan di blog Anda 1000 sedangkan jumlah kliknya adalah 10. Maka CTR dan RKT-nya adalah (10 : 1000) x 100% = Maka hasilnya menjadi 1%. Artinya dari jumlah 1000 tayangan iklan di situs Anda hanya 1% orang saja yang mengklik iklan tersebut.

Tips Meningkatkan CTR

Beberapa tips meningkatkan CTR dibawah ini mungkin bisa Anda jadikan refrensi bahan bacaan untuk menambah wawasan Anda seputar dunia per-Adsense-nan.

Menggunakan template sederhana

Template sederhana akan membantu meningkatkan CTR di blog Anda secara signifikan. Hal ini bisa terjadi karena pada template sederhana load speed untuk membuat situs akan lebih cepat. Otomatis ketika iklan ingin tampil-pun bisa terbaca lebih cepat. Faktor ini bisa meningkatkan rasio CTR Anda meningkat berkali-kali lipat. Untuk membuat template blog sederhana maka Anda harus mengurangi beberapa hal dibawah ini :

1. Animasi.

2. Widget (seperlunya saja).

3. Hide thumbnail (sembunyikan gambar pada halaman utama situs).

Rayu pembaca dengan artikel yang menarik

Tulisan yang menarik dan bagus maka akan membuat pembaca betah berlama-lama di situs Anda. Dengan begitu kemungkinan atau prosentase ter-kliknya sebuah iklan juga meningkat. Karena itu, artikel yang bermanfaat dan orisinil merupakan salah satu cara utama yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan CTR google Adsense.

Tempatkan iklan responsif dan sesuaikan posisinya

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan CTR Adsense hingga 5% adalah dengan meletakkan iklan responsif. Iklan jenis ini sangat membantu meningkatkan CTR Adsense Anda karena jenis iklan ini bisa muncul dimanapun. Bahkan versi terbaru dari jenis ini bisa menampilkan iklan di mobile hingga menutup layar, tentunya untuk pengguna smartphone yang gegabah hal ini akan membuat iklan responsif ini menjadi tidak sengaja tersetuh. Dengan begitu CTR Anda akan meningkat. Selain itu, Anda juga perlu menentukan posisi kode iklan yang sesuai pada template, agar nantinya iklan yang muncul pun bisa tertampil dengan baik.

Sesuaikan ukuran iklan

Anda juga perlu menyesuaikan ukuran iklan yang tepat pada posisi iklan diletakkan. Untuk iklan banner contohnya, maka Anda perlu meletakkan jenis iklan tersebut di widget. Sementara untuk iklan link, Anda harus memasangnya di dalam artikel, bisa posisi paling atas artikel, tengah ataupun bawah artikel. Saat ini semakin canggihnya sistem periklanan Anda bisa menempatkan iklan responsif sesuka hati dimanapun letaknya. Namun konsekuensi dari iklan responsif ini adalah jika tidak muncul kata kunci yang sesuai pada artikel maka iklan tidak akan tampil.

Pengertian RPM

RPM adalah akronim dari Revenue Per Mile atau dalam bahasa indonesia adalah Pendapatan Per Seribu. Dalam tampilan google Adsense untuk menunjukkan berapa pendapatan yang bisa Anda peroleh setiap seribu tayangan pada blog maka Anda perlu mengecek pada kolom RPM ini. Istilah lain mengenai RPM yang mungkin Anda lebih familiar adalah sistem CPM (Cost Per Mile) atau biaya per seribu. Pada Google Adsense youtube sistem pembayaran menggunakan istilah CPM sedangkan untuk blog atau situs website menggunakan RPM.

Penutup

Begitulah artikel mengenain pengertian lengkap beberapa istilah dalam google Adsense seperti CPC, RKT, CTR, BPK dan RPM. Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda dalam menganalisa laporan Adsense yang Anda terima. Sekian dari saya, bila ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Post a Comment for "Pengertian Lengkap Istilah CPC, RKT, CTR, BPK, RPM Adsense"