Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Pribadi dan Menghasilkan Uang Dengan Mudah

TEKNOKERAD - Dalam atikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tutorial blogger pemula baik untuk membuat blog pribadi ataupun membuat blog yang bisa dijadikan sumber penghasilan. Jika Jika Anda sedang mencari artikel yang lengkap tentang cara membuat blog yang gratis untuk pemula, maka Anda sudah mendapatkan artikel yang tepat.

So silahkan lanjut baca artikel ini hingga selesai.

Sekilas tentang blog 

Blog pada awalnya merupakan sebuah teks atau kalimat yang ditempatkan pada internet dalam suatu wadah, bisa hosting atau server, tergantung kebutuhannya.

Karena sifanya yang lebih pribadi, lebih khusus, blog kemudian mengambil jarak dengan website yang memuat informasi pada umumnya.

Namun sekarang, sudah tidak ada lagi jarak yang memisahkan antara blog dan website, paling yang membedakan adalah platformnya saja dan fungsinya.

Jika sebuah website bisa jadi blog ataupun web dalam artian yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan tertentu, seperti misalnya menganalisa, dan seterusnya. Blog tidak bisa melakukan hal tersebut.

Namun jika baca blog, secara konten, tidak jauh beda isinya antara blog dan website. Maka diatas disinggung, ruang antara blog dan web sudah semakin beririsan.

Lihat saja Tokopedia.com atau Bukalapak.com, kedua platform jual beli tersebut semuanya memiliki subdomain sendiri yang membahas tentang berbagai tips seputar jual beli online, serta ulasan berbagai produk yang ada pada marketplace mereka.

Hal tersebut menunjukkan bahwa, sebagaian besar blog sekarang ujung-ujungnya juga banyak yang difungsikan sebagai platform marketing. Jika kita mau jujur ya.

Hal tersebut secara terang benderang ditunjukkan oleh 2 platform marketplace terbesar di Indonesia. Contoh lainnya, para blogger yang menempatkan iklan Google AdSense didalam blognya, secara halus pemilik blog memfungsikan blognya sebagai sarana marketing untuk menampilkan iklan pihak ketiga.

Dimana setiap tampilan iklan yang muncul atau klik iklan yang didapat pada blog berarti cuan bagi si blogger.

Perbedaan blog pribadi dan blog bisnis 

Tadi diatas disinggung bahwa artikel ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan panduan ketika membuat blog, apakah itu blog pribadi atau blog untuk bisnis dan merketing.

Yang membedakannya pada dasarnya adalah tujuan ketika Anda mulai membuat blog.

Jika tujuannya untuk blog pribadi, hanya sekedar hobi dan senang-senang, namun jika tujuan Anda adalah bisnis maka Anda harus berpikir sedari awal tentang bagaimana blog tersebut nantinya akan dimonetise.

Tujuan ini harus jelas dulu, jika tidak bakalan kacau ngeblog Anda.

Karena yang membedakan adalah tujuan, maka jika Anda ingin membuat blog pribadi dengan menggunakan panduan yang ada dalam artikel ini, silahkan abaikan saja langkah pembuatan blog yang berhubungan dengan bisnis.

Simpel.

Demikian juga sebaliknya, jika tujuan Anda dalam membuat blog adalah untuk bisnis, untuk mendapatkan uang nantinya dari blog, maka silahkan perhatikan semua langkah dengan baik.

Maka dari itu pelan-pelan saja, jangan ada yang dilewatkan, supaya langkah Anda dalam membuat blog yang bisa dimonetise nantinya berhasil.

Platform blogging gratis dan dapat dimonetise 

Sebelum mulai tutorialnya, perlu diketahui bahwa ada banyak platform yang bisa digunakan untuk ngeblog, untuk micro blogging maka kita mungkin sudah cukup akrab dengan Twitter, yang terkenal dengan media sosial.

Padahal, situs tersebut termasuk dalam golongan blog juga, walaupun hanya terbatas saja teks yang bisa dimuat, 140 karakter saja.

Nah selain Twitter, selain Twitter ada juga Wordpress.com, platform ini menjadi favorit dikalangan banyak blogger.

Hanya saja saat ini, sepertinya ngeblog dengan Wordpress.com belum bisa dimonetise bersama pihak ketiga.

Ngeblog dengan Wordpress.com gratis, tidak ada rupiah yang perlu Anda harus keluarkan untuk ngeblog disana.

Ada juga Wodpress.org, ini beda dengan Wordpress.com ya.

Ngeblog dengan menggunakan Wordpress.org membutuhkan beberapa skill dan biaya, biaya untuk sewa hosting dan domain (kecuali apabila Anda bisa mendapatkan hosting dan domain gratis).

Namun kabar baiknya, platform wordpress.org lebih mudah dimonetise, sekalipun dengan mengajak pihak ketiga, seperti ad network, Google AdSense misalnya.

Selain beberapa platform blogging yang sudah disebutkan tadi, masih ada beberapa platform blogging lainnya, seperti Medium.com, Weebly.com, Wix.com dan berbagai platform yang lainnya.

Oke, setelah ini kita akan mulai panduan membuat blog yang gratis untuk pemula dalam dunia blogger, jadi bagi Anda yang belum paham koding dan awam tentang struktur data jangan khawatir.

Tutorial membuat blog gratis untuk pemula 

Sebelum kita mulai membuat blog, agar nanti proses membuat blog lancar, kita perlu persiapkan dahulu beberapa hal sebelum mebuat blog, berikut ini itemnya yang harus dipersiapkan :

  1. Akun Gmail;
  2. Beberapa alternatif nama blog;
  3. Beberapa alternatif URL blog;
  4. Siapkan nama tampilan penulis blog (nama yang muncul ketika artikel dipublikasikan);

Setelah semua hal yang dibutuhkan untuk membuat blog siap, maka kita bisa mulai saja teknis cara membuat blog ini, yang pastinya gratis dan cocok dilakukan untuk pemula. Kita akan menggunakan blosgpot sebagai platformnya, begini cara membuat blog dengan blogger.com silahkan disimak sampai selesai :

  1. Silahkan login ke Gmail;
  2. Jika sudah login Gmail, silahkan akses www.blogger.com;
  3. Setelah masuk kehalaman utama blogger.com, selanjutnya silahkan klik sign up atau create your blog;
  4. Setelah itu, maka otomatis Google akan memberi tahu Anda "akun Google mana yang akan Anda gunakan untuk login blog";
  5. Plihlah aku Google yang tadi Anda gunakan untuk login Gmail;
  6. Setelah itu, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password sekali lagi;
  7. Setelah password Anda masukkan, maka akan muncul kolom isian;
  8. Dimana kolom isian tersebut memerintahkan Anda untuk mengisi "judul blog", judul blog juga dikenali dengan "nama blog";
  9. Silahkan isikan nama blog yang sudah Anda siapkan tadi;
  10. Setelah itu silahkan klik simpan;
  11. Setelah berhasil menyimpan, maka Anda akan diminta untuk mengisi URL untuk blog;
  12. Maka silahkan masukkan URL blog yang sudah Anda siapkan tadi;
  13. Jika muncul notifikasi Maaf, alamat blog ini tidak tersedia maka silahkan ganti dengan alternatif URL lainnya;
  14. Apabila dibwah kolom Anda mengisikan URL sudah muncul notifikasi Alamat blog ini tersedia, maka Anda dapat menggunakan URL tersebut;
  15. Selanjutnya silahkan klik berikutnya;
  16. Setelah itu maka Anda akan diminta untuk mengonfirmasikan nama yang ditampilkan;
  17. Maka silahkan masukkan "nama yang akan ditampilkan" yang sudah Anda siapkan tadi;
  18. Maksud dari nama yang ditampilkan adalah, nama yang muncul ketika Anda melakukan publish/menerbitkan sebuah artikel pada blog;
  19. Setelah itu silahkan klik selesai, maka dengan ini Anda sudah memiliki sebuah blog;

Nah sampai sini kita sudah mempunyai blog, sekarang yang perlu kita lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang berkualitas.

Yang namanya blog, pasti sebagian besar isinya adalah artikel, walaupun ada juga yang isinya gambar (wall paper blog), tapi itu tidak umum.

Membuat blog lebih menarik dan punya potensi besar muncul di Google 

Sebelum kita lebih jauh diskusi tentang tips menulis atau cara menulis artikel blog yang bagus, kita akan sedikit kupas dahulu mengenai cara membuat blog muncul atau dapat ditemukan Google. Begini cara membuat blog yang baru Anda buat muncul di Google :

  1. Lengkapi blog Anda dengan halaman sitemap, privacy policy, about us, disclimer, contact us;
  2. Buka settingan meta deskripsi blog;
  3. Ubah settingan feed blog dari penuh ke batas postingan (until jump break), atau bisa juga ke pendek (short);
  4. Daftarkan blog Anda ke Google Search Console (GSC);
  5. Submit sitemap ke GSC, tambahkan juga RSS dan Atom saat submit sitemap;

Setidaknya itu 5 langkah minimal yang akan membuat blog Anda bakalan SEO friendly dan lebih mudah terlihat oleh mesin pencari.

Jika Google mengenali blog Anda, maka ketika ada orang yang mencari kata kunci yang berkaitan dnegan blog Anda, maka ia akan diarahkan oleh Google ke blog Anda, bukan ke blog atau website yang lainnya.

Tips menulis blog untuk pemula 

Baik, sekarang kita akan belajar tentang bagaimana membuat artikel untuk blog yang menarik dan enak dibaca, namun tetap bisa menyampaikan maksud dari artikel tersebut. Oke, langsung saja silahkan ikuti panduan menulis artikel blog berikut ini :

  1. Tulis artikel sesuai tema blog;
  2. Lakukan riset keyword sebelum membuat artikel;
  3. Buat kerangka artikel sebelum menulis sesuai keyword yang didapat;
  4. Tulis artikel jika Anda menguasai tema tersebut;
  5. Tulis Artikel sesuai dengan kerangka artikel yang tadi sudah Anda buat;
  6. Cari referensi menganeai artikel yang Anda tulis;
  7. Berikan target berapa jam harus selesai menulis 1 artikel;
  8. Lakukan editing apabila artikel telah selesai ditulis;
  9. Buat internal link dalam blog apabila ada artikel lain yang sesuai;

Setidaknya minimal ada 9 tahap yang harus dilakukan agar artikel yang kita tulis dalam blog bisa kelihatan bagus, dan enak dibaca namun tanpa menghilangkan atau mengaburkan bahasan utama dalam artikel tersebut.

Supaya pemahaman Anda paripurna, kita akan jelaskan lebih lanjut mengenai 9 tips menulis blod diatas, silahkan lanjut baca artikel ini, kami akan paparkan 9 tips diatas pelan-pelan, supaya Anda paham betul.

Baik, kita mulai dari yang pertama menulis artikel seseuai dengan tema blog, karena sebelumnya kita sudah membuat blog dengan tema tertentu.

Oke, taruhlah blog Anda mengusung berbagai tema bahasan, maka bisa dikatakan Anda tetap harus membuat artikel dengan patron berbagai tema tersebut.

Supaya tutorial ini jelas, kita akan contohkan blog dengan tema otomotif saja.

Ingat hanya contoh.

Jadi karena tema atau niche blognya adalah otomotif, maka artikel yang ditulis juga harus berhubungan dengan otomotif, jangan yang lain.

Tips selanjutnya adalah riset keyword artikel yang akan dibuat, ini dilakuakan dengan bersamaan dengan langkah diatas ya.

Kan ceritanya tema blog kita adalah otomotif, maka artikel yang harus dibuat seputar otomotif.

Nah untuk membuat artikel tersebut kita butuh keyword, atau kata kunci.

Cara menemukan kata kuncinya bisa menggunakan berbagai tools atau metode, misal dengan menggunakan keywordsitter, Google, Ubber Suggest, semrush dan berbagai metode serta tool lainnya.

Oke, kita akan contohkan salah satunya, yakni dengan menggunakan Google ya.

Karena artikel yang kita buat berhubungan dengan otomotif, maka ketikkan saja di Google "otomotif" plus dengan 1 keyword lagi, mislanya "tips", bisa juga "manfaat", oke kita ambil saja tips.

Jadi yang akan kita ketikkan di Google adalah tips otomotif.

Maka akan muncul berbagai web dan artikel yang ada pada hasil pencarian.

Kemudian dibawah juga muncul yang dinamakan dengan related keyword, Anda bisa menjadikan salah satu related keyword tersebut sebagai keyword artikel kita.

Misalnya related keywordnya adalah "tips membeli mobil baru", nah ini keyword yang akan kita bikin artikelnya nanti.

Nah karena kita sudah mendapat keywordnya, sekarang kita akan mulai buat kerangka artikel dari keyword tersebut. Berikut ini contoh kerangka artikel untuk blog :

  1. Headline artikel;
  2. Pendahuluan/latar belakang artikel;
  3. Pembahasan utama artikel;
  4. Pendalaman artikel (jika dibutuhkan, jika tidak, abaikan saja);
  5. Penutup;

Nah itu tadi kerangka artikel secara umum yang perlu kita buat, penerapannya pada keyword "tips membeli mobil baru", kurang lebih akan jadi seperti ini :

  1. Headline, yang berisi info mengapa orang harus membaca artikel tentang "tips membeli mobil baru";
  2. Pendahuluan, berisi tentang alasan atau faktor lain dibuatnya artikel tentang "tips membeli mobil baru";
  3. Nah disini pembahasan utamanya, silahkan paparkan mengenai berbagai "tips membeli mobil baru";
  4. Selanjutnya adalah "pendalaman artikel", jika kira-kira pembahasan artikelnya masih menyisakan pertanyaan, maka Anda dapat membuat pendalaman ini, namun jika tidak, Anda bisa langsung ke penutup;
  5. Selanjutnya adalah penutup artikel, silahakn berikan penutup, Anda juga bisa memberikan kesimpulan sebelum menutup artikel jika memungkinkan;
Sekarang masuk ke penjelasan tips keempat, tulis artikel tersebut apabila Anda mengusai temanya, jika Anda merasa bahwa Anda bakalan sulit untuk menulis tentang "tips membeli mobil baru", maka silahkan batalkan dan ganti dengan keyword yang lain, namuan jika tidak, silahkan lanjutkan.

Untuk tips kelima, tidak butuh banyak penjelasan, Anda hanya perlu menulis artikel sesuai kerangka artikel yang sudah Anda buat.

Untuk tips keenam, ini berlaku apabila Anda tidak mengusai betul tema artikel yang Anda tulis, Anda bisa mencari referensi di media lain, seperti buku, video, atau bahkan website lain, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tips ketujuh, Anda perlu membuat target, berapa lama artikel tersebut dapat dibuat, berapa lama artikel tersebut selesai, misal artikel 500 kata, Anda bisa membuat 3 jam untuk menyelesaikan artikel tersebut.

Yang penting jangan ada destraksi ketika mengerjakan artikel tersebut.

Tips kedelapan, setelah Anda selesai dengan artikel tersebut, maka silahakn baca kembali, kemudian edit kata-kata yang kurang pas.

Dalam editing lakukan seperlunya saja, setelah itu publish artikel tersebut. Jangan khawatir apabila artikel kurang sempurna, karena Anda masih bisa melakukan editing setelah artikel dipublish.

Setelah artikel dipublish, silahkan buat artikel link artikel tersebut dengan artikel lainnya yang ada pada blog. Ingat, buat dengan relevan ya, jangan dipaksakan.

Nah itu tadi penjelasan tentang 9 tips menulis artikel blog. Selanjunya kita akan bahas "mengapa dalam tutorial ini yang digunakan adalah blogspot, bukan platform blogging yang lain", penasaran? Silahkan lanjut baca.

Alasan rasional menggunakan blogspot 

Baik, untuk menjawab rasa penasaran Anda, silahkan simak baik-baik. Mengapa kita gunakan blogspot atau blogger.com sebagai platform blogging? Karena :

  1. Gratis;
  2. Tidak perlu beli hosting dahulu;
  3. Tidak perlu beli domain dulu jika belum punya cukup uang;
  4. Sederhana, mudah digunakan untuk pemula;
  5. SEO friendly;
  6. Keamanan super aman karena langsung ditangani oleh Google;
  7. Data aman karena tersimpan di salah satu server Googgle;

Setidaknya ada 7 alasan yang bakalan membuat kita lebih baik menggunakan Blogspot dari pada platform blogging yang lain.

Lihat saja sebab pertama, gratis.

Ini sangat rasional, jika kita tidak punya modal besar ketika mengawali karir sebagai blogger, maka blospot adalah salah satu jawaban terbaiknya.

Alasan berikutnya, yang keempat, mudah digunakan. Entah mengapa, navigasi blogspot sangat mudah digunakan, oleh pemula sekalipun.

Selanjutnya blogspot juga SEO friendly, salah satu sebabnya adalah karena blosgpot atau blogger.com ini merupakan jaringan bisnis Search Enggine paling powerfull didunia, yakni Google.com.

Kemudian untuk masalah keamanan, blogspot juga ditangani oleh teknisi Google, jadi tidak masalah.

Demikian pula dengan banyaknya data yang kita simpan atau besarnya visitor yang mengunjungi blog kita, kita tak perlu khawatir, pasalnya blogspot menyediakan space yang unlimited, setidaknya sampai saat ini. Menarik bukan.

Kesimpulan 

Diatas sudah dipaparkan panjang lebar mengenai tutorial bagi blogger pemula yang ingin mengawali karirnya sebagai seorang blogger yang mandiri, selanjutnya silahkan praktekkan, karena jika tidak dipraktekkan, maka ilmu ini hanya akan mengendap, dan mungkin akan hilang suatu saat nanti.

Ketika mulai blogging, jangan terburu buru untuk memonetise blog, bahwa memang jika tujuan Anda ngeblog adalah untuk menghasilkan uang itu tidak masalah. Namun blog sendiri perlu waktu untuk mendapatkan traffic dan mulai menghasilkan uang.

Bagi seorang ekspert, mungkin butuh waktu 3-4 bulan sampai blog tersebut mempunyai traffic dari search enggine dengan cukup stabil.

Blog bukan cara instan untuk menghasilkan uang, bahwa blog bisa menghasilkan uang banyak bagi pengelolanya itu benar, namun perlu waktu.

Penutup 

Akhirnya kita sampai juga dipenghujung artikel, semoga artikel mengenai tutorial blogger pemula ini bisa bermanfaat bagi Anda, jika Anda suka, silahkan share juga pada yang lain, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. Sekian dulu dan sampai jumpa pada artikel lainnya yang tak kalah menarik di blog ini.

Post a Comment for "Cara Membuat Blog Pribadi dan Menghasilkan Uang Dengan Mudah"