Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menginstall extension idm di google chrome terbaru

Cara memasang idm di google chrome windows 10-Semakin cepatnya koneksi internet di Indonesia, maka aktivitas pengunduhan juga semakin berkembang. Ada beberapa aplikasi yang mendukung pengguna google chrome untuk menjaga kestabilan ketika sedang menunggu unduhan berjalan, salah satu diantaranya adalah idm (internet download manager). Saya rasa hampir semua pengguna google chrome di Indonesia menggunakan atau paling tidak pernah menggunakannya sebagai aplikasi pengunduhan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menginstall idm ini sebagai aplikasi pengunduhan. Pertama, Anda bisa mengunduh dari internet dengan kecepatan yang lebih optimal. Kedua, kecepatan pengunduhan stabil dan Anda bisa paused proses pengunduhan. Ketiga, harga aplikasi idm lebih cenderung murah dengan manfaat yang maksimal.

Nah, sayangnya ketiga keuntungan diatas seringkali tidak bisa di dapat semua orang karena menginstall idm tanpa memberikan full lisensinya. Alhasil notif bar yang menagih pembelian lisensi akan selalu muncul di layar komputer dan memaksa Anda harus besabar dengannya. Karena itu, saya akan membagikan cara kepada Anda bagaimana cara menginstall idm di pc.

Apa itu idm?

Internet download manager (IDM) adalah sebuah aplikasi downloader yang digunakan pada PC/Laptop untuk manajemen pengunduhan dari browser. Dengan idm kita bisa menyimpan cahce unduhan, melakukan pengunduhan secara direct link, menghentikan sementara proses pengunduhan tanpa reconnecting, dan menambah kecepatan pengunduhan. Dibandingkan menggunakan browser, dengan idm kita bisa melakukan proses unduhan file lebih cepat dan prosentase keberhasilan pengunduhan lebih besar ketimbang menggunakan sistem pengunduhan browser.

Fungsi idm

Sempat sedikit saya singgung diatas bahwa idm memiliki beberapa fungsi sebagai aplikasi pengunduhan. Apa saja itu? Berikut adalah fungsi internet download manager untuk mengunduh files di browser.

  • Mengunduh video youtube. Mungkin ada berbagai website yang menyediakan pengubahan link video youtube menjadi link unduhan secara direct. Dengan menggunakan idm Anda bisa mengunduh video youtube secara langsung dengan ragam resolusi yang banyak dan tidak ribet seperti menggunakan perantara website.
  • Menghentikan proses pengunduhan. Jika Anda mengunduh menggunakan google chrome memang proses tersebut tetap bisa dihentikan secara sementara (paused). Namun, seringkali ada hambatan koneksi yang membuat Anda harus me-reset jaringan. Alhasil proses pengunduhan yang sedang Anda paused ketika ingin dilanjutkan malah mengulang lagi dari awal. Masalah tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan idm.
  • Pembagian kecepatan unduhan. Apabila Anda mengunduh banyak file secara bersamaan dan ingin membagi koneksi agar file unduhan bisa selesai tersimpan secara bersamaan maka solusinya adalah dengan membagi kecepatan unduhan.
  • Pengunduhan grabber. Anda bisa mengunduh semua file yang ada pada halaman website dengan memasukkan link halaman web tersebut menggunakan menu grabber situs. Idm akan memproses segala file dari gambar, audio,video hingga document yang ada pada halaman tersebut.

Membeli lisensi idm

Saat idm terinstall pada perangkat komputer atau laptop, Anda bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari pemakaian. Selama pemakaian trial-pun Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit. Hal ini sangat berbeda jika ada berlangganan dengan aplikasi-aplikasi lain yang membuat Anda harus memasukkan kartu kredit terlebih dahulu untuk berlangganan. Jika pemakaian selama satu bulan sudah terlewati maka Anda perlu mendaftarkan aplikasi idm tersebut agar bisa digunakan kembali.

Anda bisa membeli lisensi idm pada situs resmi internetdownloadmanager atau di reseller indonesia yang menjual lisensi menggunakan kurs rupiah. Ketika sudah membeli lisensi Anda hanya perlu memasukkan serial key dan data pembelian yang sudah Anda buat.

Cara menginstall idm di pc/laptop

Sebelum memasang ekstension di google chrome Anda perlu menginstall idm tersebut di komputer. Cara install idm komputer adalah sebagai berikut.

  • Pertama download idm pada situs resmi terlebih dahulu. Jika sudah di download install aplikasi tersebut dengan cara klik format file .exe
  • Berikutnya, jalankan proses installasi hingga selesai. Lalu biarkan lokasi file terinstall di local disk c/program files x86/internet download manager/
  • Terakhir daftarkan lisensi resmi yang sudah Anda beli.

Cara menambah extension idm di google chrome

Apabila aplikasi idm telah Anda install di komputer, maka selanjutnya Anda perlu menambahkan ekstensi idm di google chrome. Cara menambah ekstension idm di chrome adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan buka Google Chrome Kalian dan lihat pada titik 3 gerigi pengaturan di pojok kanan atas dan pilih More Tools >> Extensions.
  • Jika Anda Mengeklik Extensions maka akan otomatis secara langsung mengarah kehalaman ekstensi google chrome anda dan sekarang kita buka dulu file direktori idm yang sudah di install dan carilah File CRX idm Anda.

  • Nah Seperti gambar diatas saya sudah menemukan file IDMGCExt.crx yang nantinya akan di drag ke halaman ekstensi google chrome anda tadi. Lihatlah gambar dibawah seperti contohnya Drag ke Halaman ekstensi Google Chrome Anda.
  • Terakhir yang harus Anda Pilih ialah Add Extensions dan langsung idm Anda akan terpasang pada google chrome secara otomatis.

Kesimpulan

Anda bisa mengunduh berbagai file dari internet dengan mudah dan cepat dengan menggunakan internet download manager. Untuk menggunakan idm Anda perlu menginstallnya terlebih dahulu pada komputer. Apabila sudah terinstall maka kita perlu menambahkan ekstension di google chrome. Cara menambahkan ekstensi di google chrome bisa Anda simak pada penjelasan diatas. Semoga tutorial diatas bisa membantu Anda, apabila masih ada kendala atau Anda masih merasa kesulitan Anda bisa berkomentar dibawah. Sekian dari saya terimakasih.

Sumber :

https://dhani3138.wordpress.com/cara-memasang-dan-memunculkan-ekstensi-idm-pada-google-chrome/

Post a Comment for "Cara menginstall extension idm di google chrome terbaru"