Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengganti password wifi indihome router ZTE dan Nokia terbaru

Cara mengganti password wifi indihome lewat hp-Seiring berkembangnya zaman pengguna internet di Indonesia terus berkembang jumlahnya. Bahkan negara kita juga termasuk negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Perkembangan jumlah pengguna internet juga di latar belakangi fasilitas akses internet yang semakin hari kian berkembang hingga bisa menjangkau pelosok wilayah nusantara. Dari sekian banyak provider yang menawarkan jasa koneksi internet di Indonesia, telkom melalui produknya yaitu indihome merupakan salah satu produk yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Dengan dinamika permasalah yang ada pada produk indihome, masalah yang paling sering menjadi keluhan adalah koneksinya yang seringkali bermasalah. Biasanya masalah tersebut tidak jauh dari lelet, tiba-tiba reconnect, dan koneksi yang tidak stabil. Nah, masalah-masalah tersebut sebenarnya bisa Anda atasi sedikit demi sedikit dengan perawatan. Perawatan yang biasa dilakukan adalah dengan mematikan wifi seminggu sekali atau dengan mengganti password satu minggu satu kali. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengubah password indihome menggunakan router ZTE dan NOKIA.

Kenapa ganti password?

Dewasa ini seiring dengan majunya zaman dan perkembangan informasi yang dapat beredar dengan cepat di internet banyak sekali tutorial atau panduan yang mengajarkan bagaimana cara membobol password wifi seseorang. Apalagi kebijakan baru dari telkom yang memberikan FUP (Fair Usage Policy/Pembatasan Penggunaan Batas Wajar Internet) membuat Anda sebagai pengguna indihome yang membayar secara rutin sangat dirugikan apabila ada orang menggunakan wifi tanpa ijin.

Selain itu, banyaknya orang yang menggunakan wifi juga mempengaruhi kualitas kecepatan. Hemat saya, untuk mengatasi pengguna wifi yang semakin banyak seiring berjalannya waktu adalah dengan rutin mengganti password seminggu sekali. Maintenance (perawatan) wifi dengan me-restart modem seminggu sekali atau mengganti password juga berfungsi untuk mengurangi pengguna wifi yang sudah auto connect karena pernah menggunakan wifi Anda. Karena itu, menurut saya mengganti password wifi indihome sebulan sekali sangat perlu dilakukan.

Manfaaat ganti password wifi

Anda mendapatkan manfaat dengan mengganti password wifi secara rutin. Apa saja itu? Berikut manfaat mengganti password wifi secara rutin.

  1. Mengurangi pengguna wifi. Dengan mengganti password wifi maka pengguna wifi yang sudah auto reconnect dengan wifi Anda tidak bisa menggunakan wifi lagi, kecuali bertanya kepada Anda password baru wifi tersebut. Berkurangnya pengguna wifi yang auto reconnect juga membuat Anda bisa lebih mengontrol siapa saja orang-orang yang menggunakan wifi Anda. 
  2. Mempercepat koneksi. Semakin sedikit orang yang terkoneksi dengan wifi indihome Anda maka kecepatan koneksi internet pun semakin stabil. Anda juga akan menghemat FUP apabila orang yang menggunakan wifi Anda semakin terbatas. Koneksi internet yang maksimal membuat Anda lebih optimal ketika menggunakan internet.
  3. Mencegah pengguna ilegal. Pengguna wifi ilegal ialah mereka yang bisa mengakses wifi Anda tanpa izin. Banyak faktor yang menyebabkan orang seperti ini bisa mengakses wifi Anda. Kasus paling sering adalah karena mereka mendapatkan password dari orang yang Anda beritahu password wifi Anda.
  4. Merawat koneksi wifi. Mengganti password wifi juga membantu Anda dalam merawat wifi. Ibarat kata dengan mengganti wifi maka Anda juga sedang me-maintance router. Bergantinya password pengguna pun semakin berkurang, kinerja router semakin ringan dan koneksi lebih cepat.

Cara ganti password wifi 

Anda bisa mengganti password wifi indihome dengan mudah. Untuk menggantinya setiap router memiliki cara yang sedikit berbeda. Karena itu saya akan membagikan dua cara mengganti password wifi indihome dengan router ZTE dan NOKIA. Penjelasan mendetail bisa Anda baca pada tulisan dibawah ini.

Ganti password indihome ZTE

  • Buka 192.168.1.1
  • Masukkan username dan password, lalu klik Login. Login dengan menggunakan username: user dan password: user. Apabila gagal, coba login dengan menggunakan username: admin dan password: admin.

  • Klik Network.
  • Selanjutnya klik WLAN, lalu klik Security.
  • Pada kolom WPA Passphrase, masukkan password baru WiFi sesuai dengan keinginan. Untuk mempermudah melihat password, berikan centang pada kotak persegi di samping kolom password.

  • Terakhir klik submit

Ganti password indihome Nokia

  • Buka 192.168.1.1
  • Masukkan Username dan Password, lalu klik Login. Login dengan menggunakan username: admin dan password: admin. Keterangan lengkap mengenai username dan password ini ada di bagian bawah router.
  • Klik Network, lalu klik Wireless (2.4GHz).
  • Scroll ke bawah lalu cari WPA Key, selanjutnya berikan centang pada kotak Show password.
  • Ganti password WiFi sesuai dengan keinginan pada kolom WPA Key. Selanjutnya klik Save dan modem akan restart secara otomatis.

Selain mengganti password, Anda juga bisa mengubah nama wifi namun tidak perlu dilakukan secara rutin. Untuk lebih jelasnya, mungkin akan saya buatkan dedicated artikel cara ganti nama wifi indihome.

Kesimpulan

Mengganti password wifi indihome dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa mengikuti tutorial cara mengganti password wifi diatas dengan router ZTE atau NOKIA. Dengan rutin mengganti password wifi Anda juga mendapatkan beberapa manfaat yang sudah saya sebutkan diatas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda, sekian terimakasih.

Sumber :

Post a Comment for "Cara mengganti password wifi indihome router ZTE dan Nokia terbaru "