Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara terbaru lupa password semua hp android (Pattern, PIN, Password)

Seorang pengguna smartphone Android di era moderen ini umumnya memasang password untuk mengamankan privacy smartphone yang mereka gunakan. Ada berbagai metode terkait pengamanan smartphone diantaranya adalah pengamanan menggunakan pola (pattern), pin, fingerprint, ataupun swipe screen.

Dari berbagai tipe pengamanan layar diatas, beberapa tipe memiliki potensi masalah ketika pengguna lupa akan password yang mereka buat. Ketika lupa password otomatis pengguna tidak akan bisa membuka smartphone mereka. Untuk mengatasi masalah ini sebagai pengguna Anda bisa membuka smartphone Anda lagi dengan cara lupa password atau reset data pabrik. Bagaimana caranya? Lebih jelasnya akan dibahas pada artikel dibawah ini.

Pengamanan password dengan Android

Untuk mengamankan data privacy biasanya pengguna hp OS Android akan mengamankan smartphone mereka menggunakan lock screen. Cara mengunci layar atau lock screen pun sangat mudah. Anda tinggal buka menu settings lalu pilih menu lock screen, selanjutnya tinggal memilih bagaimana Anda mau mengunci layar. Ada beberapa opsi penguncian layar. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas yaitu menggunakan PIN, Pattern ataupun Fingerprint. Selain disediakan fitur mengunci layar, pada Hp Android juga disediakan fitur lupa password. Fitur lupa password ini bisa Anda gunakan ketika Anda lupa password yang Anda buat. Cara menggunakan  lupa password di smartphone bisa Anda baca pada artikel ini.

Kenapa lupa password?

Sebagaimana umumnya manusia yang tidak luput dari kesalahan penyakit lupa tidak pandang bulu, kadang menimpa kaum tua maupun muda. Saat memberikan pola password pada smartphone, ada kemungkinan kita lupa dengan passwordnya. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan fitur lupa password di Android. Umumnya fitur lupa password ini hampir sama pada setiap smartphone jaman sekarang. Cara lupa password hp Android ini dapat di praktekan dengan prasyarat sebagai berikut :

1. Hp dalam kondisi menyala

2. Ada kartu SIM-Cardnya

3. Terkoneksi dengan akun gmail.

Minimal Anda telah memenuhi prasyarat no 1, untuk nomen 2 dan 3 nya opsional terserah Anda. Karena jika hp android Anda sudah ada SIM-Cardnya bisa di lupa password dengan cara panggilan telephone. Atau jika terkoneksi akun gmail, Anda bisa lupa password menggunakan akun gmail.

Bagaimana cara lupa password?

Ketika sudah lupa password Hp biasanya orang-orang akan panik, gundah melana dan tidak tenang, seakan akhir dunia. Dulu saya berpikir jika password Hp lupa maka saya harus membeli yang baru. Padahal ada berbagai cara untuk mengatasi lupa password di Hp Android. Dan sayangnya masih banyak orang yang mengira kalau lupa password maka Hp Android tersebut harus di reset data pabrik. Padahal ada cara lain mengatasi lupa password tanpa menghapus data di memori internal.

Cara lupa password di smartphone bisa dilakukan dengan 3 metode yang biasa di praktekkan. Apa saja itu?

  • Cara pertama lupa password di Hp Android adalah dengan akun gmail.
  • Cara kedua lupa password di Hp Android adalah dengan panggilan telephone.
  • Cara Ketiga lupa password si Hp Android adalah dengan reset data pabrik.

Untuk pembahasan lebih lengkap terkait cara lupa password menggunakan Hp Android bisa disimak pada pokok bahasan metode lupa password dibawah ini.

3 Metode lupa password

Cara lupa password di hp Android pada umumnya seperti (Oppo, Vivo, Samsung ataupun Xiaomi) dapat dilakukan dengan beberapa cara ini. Nah bagaimana caranya? Pembahasan lebih mendetail terkait cara lupa password di hp bisa langsung dibaca berikut ini.

Menggunakan Gmail

Cara ini bisa Anda gunakan ketika smartphone Anda dibuka secara paksa oleh orang lain sehingga beberapa kali salah memasukan password. Sebelum menggunakan cara ini pastikan smartphone Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Cara lupa password menggunakan akun gmail adalah :

  1. Pertama klik Forgot password atau pattern.
  2. Jika sudah, masukkan username dan password akun gmail Anda, lalu tekan sign in.
  3. Atur password baru.

Menggunakan Panggilan Telephone

Jika pada kondisi apesnya smartphone Anda tidak bisa terkoneksi dengan jaringan internet, Anda tetap bisa mengatasi masalah lupa password dengan panggilan telephone dari ponsel atau pesawat telephone orang lain ke perangkat Android Anda yang sedang bermasalah. Caranya adalah sebagaimana yang dijelaskan dibawah ini.

  1. Pertama lakukanlah panggilan telephone ke smartphone Anda.
  2. Jawablah panggilan telephone itu dan jangan ditutup.
  3. Tap tombol Home lalu masuk ke Menu Setting.
  4. Jika sudah aktifkan data internet Anda agar bisa Sign in kembali.
  5. Apabila Anda ingin membuat sandi yang baru, Anda bisa membuatnya berupa pola kunci (pattern) atau angka (pin) di Menu Setting.

Reset Data  Pabrik

Apabila pada skenario terburuk Anda tidak bisa menggunakan cara pertama dan kedua, maka satu-satunya cara mengatasi lupa password di smartphone Anda adalah dengan reset data pabrik. Cara reset data pabrik di smartphone adalah sebagaimana berikut ini.

  1. Pertama matikan terlebih dahulu smartphone Anda.
  2. Jika sudah tekan dan secara bersamaan tombol Home, Volume up (Untuk memperbesar suara) dan tombol Power secara bersamaan, setelah itu dilepaskan apabila sudah melebihi 5 detik.
  3. Anda akan berada pada Recovery Mode. Gunakan tanda Volume up untuk keatas dan Volume down untuk kebawah.
  4. Arahkan pilihan pada Factory data reset. Kemudian tekan tombol Power.
  5. Tunggu sistem selesai menghapus semua data smartphone Anda.

 Kesimpulan

Dapat kita peroleh kesimpulan apabila Anda lupa password smartphone, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan ketiga cara diatas. Cara pertama yaitu dengan akun gmail, cara kedua menggunakan panggilan, cara ketiga sekaligus pilihan terakhir adalah dengan factory data reset (reset data pabrik). Semoga cara lupa password di smartphone Android bisa membantu Anda. Sekian terimakasih.