Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara setting WA agar tidak terlihat online terbaru

Cara mengubah pengaturan WA agar tidak terlihat online-Saya sering sekali mendapat pesan dari seseorang namun saya balas pesan tersebut beberapa jam kemudian. Bukannya menghindar atau tidak ingin menjawab sesegera mungkin, namun kadang untuk memberikan jawaban terbaik saya butuh waktu dan menata kalimat yang tepat agar orang tidak salah paham. Berbagai faktor mengapa orang menunda membalas chat bisa berbeda-beda. Kalau saya sering menunda balasan chat karena sedang berada pada tempat atau situasi yang kurang tepat sehingga lebih baik balasan dari chat seseorang saya tunda agar jawaban yang diberikan lebih maksimal.

Agar orang tidak merasa tersinggung karena pesan yang ia kirim dibalas tidak saat itu juga maka Anda perlu menonaktifkan fitur status "Last Seen." Fitur tersebut membuat orang bisa melihat kalau Anda sedang online. Tentu jika orang tahu Anda sedang online namun pesan tidak langsung dibalas maka akan membuatnya tersinggung. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda perlu menonaktifkan fitur itu. Bagaimana? Berikut cara mengubah setting WA agar tidak terlihat online. 

Apa itu whatsapp?

Whatsapp adalah sebuah aplikasi berbasis chat yang menggunakan nomor seluler sebagai syarat pendaftaran. Menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer di Indonesia membuat whatsapp menjadi rujukan orang ketika ingin membuat grup chat kerja, komunitas, dan masih banyak lagi. Fitur yang disediakan aplikasi ini juga banyak. Menyusul pesaingnya yaitu Line, kini di whatsapp sudah ada fitur sticker. Ditambah lagi ada menu story seperti di snapgram dan instagram membuat orang makin melekat dengan aplikasi whatsapp.

Berkomunikasi menggunakan whatsapp juga membuat Anda bisa melihat orang yang sedang di chat aktif atau tidak. Jika sedang aktif maka ada indikator bertuliskan online dibawah foto profil orang yang Anda chat tersebut. Tentu saja indikator tersebut bisa Anda non-aktifkan dengan cara mengubah pengaturan default agar settingan WA tidak terlihat online.

Kenapa perlu membuat status WA tidak terlihat online?

Setiap orang memiliki alasan masing-masing mengapa mereka tidak membalas pesan chat tepat waktu. Saya pribadi seringkali membalas pesan chat agak lama karena memikirkan kata-kata yang tepat agar orang yang saya balas chattingan nya tidak salah paham. Oleh karena itu, agar tidak sungkan karena membalas chat agak lama maka saya mematikan status online pada whatsapp.

Selain itu dengan membuat pengaturan WA tidak terlihat online, maka akan membuat orang yang mengirim Anda pesan tidak merasa tersinggung karena pesan yang dikirim tidak kunjung dibalas tepat waktu. Tentu, Anda tidak perlu memberikan penjelasan mengapa Anda tidak membalas chat tersebut tepat waktu.

Manfaat mengganti pengaturan status WA

Anda bisa mendapatkan manfaat dengan mengganti beberapa pengaturan default dari WA yang sudah terinstall. Diantara manfaat yang dapat ia peroleh adalah sebagai berikut.

  • Semua orang bisa melihat status. Ini merupakan pengaturan default yang biasanya digunakan saat pertama kali Anda menginstall WA. Dengan pengaturan ini setiap orang bisa melihat status Anda masih online atau tidak. Manfaat pengaturan ini adalah bisa mempermudah komunikasi, sehingga orang yang mengirim Anda pesan bisa tahu kalau Anda sedang membuka aplikasi WA atau telah menutupnya.
  • Hanya orang yang menyimpan nomor Anda. Dengan mengaktifkan pengaturan ini maka hanya orang-orang yang menyimpan nomor pribadi Anda saja yang bisa melihat status di aplikasi whatsapp. Hal ini membuat tidak setiap orang bisa melihat status apakah Anda sedang online atau tidak. Dengan fitur kurasi “My Contacts” maka privacy Anda terjaga.
  • Tidak ada orang yang bisa melihat status Anda. Setting terakhir yang perlu Anda lakukan adalah adalah dengan mengubah pengaturan ke opsi "Nobody Seen". Pengaturan ini membuat semua orang dari kontak maupun diluar kontak hp Anda tidak bisa melihat status WA Anda sedang online atau tidak.
  • Memberi waktu Anda untuk berpikir. Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika mengganti pengaturan WA adalah memberi waktu untuk Anda berpikir ketika ingin membalas chat orang. 

Cara agar whatsapp tidak terlihat online

Agar whatsapp Anda tidak terlihat online langkah-langkah yang perlu dilakukan sangatlah mudah. Berikut ini cara membuat akun whatsapp tidak menampilkan status online.

  1. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi WA.
  2. Jika aplikasi WA sudah dibuka, maka langkah selanjutnya adalah membuka pengaturan atau menu settings.
  3. Setelah itu klik pada tulisan accounts. Dan pilih tulisan privacy.
  4. Pada menu privacy Anda bisa mengubah pengaturan default dari WA sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena Anda ingin mengatur agar orang tidak melihat bahwa Anda sedang tidak online maka Anda perlu mengubah privacy menu last seen atau terakhir dilihat.
  5. Agar tidak terlihat online maka Anda perlu mengubahnya ke Nobody
Note : Selain itu, Anda bisa mengubahnya ke opsi My Contacts agar orang yang bisa melihat Anda online hanya orang-orang yang memiliki nomor Anda saja.

Kesimpulan
Bisa diperoleh kesimpulan jika kita ingin membuat status aplikasi WA kita tidak bisa terbaca oleh semua orang maka kita bisa mengatur atau mengubah pengaturan yang ada menu privacy di aplikasi whatsapp. Itu saja tutorial cara mengubah pengaturan WA agar tidak terlihat online yang saya bagikan. Semoga cara dari saya bisa membantu. Apabila ada salah-salah kata dan tidak tepat saya mohon maaf. Sekian dari saya terimakasih.