Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Agar Bisa Digunakan

Ketika keyboard laptop tidak berfungsi apa yang akan anda lakukan? Apakah panik? Saya rasa marah ataupun panik karena keyboard laptop yang rusak secara tiba-tiba merupakan suatu tindakan yang percuma. Karena anda tidak perlu membuang tenaga untuk hal yang tidak berguna seperti itu, anda dapat mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan cara yang sangat mudah.

Masalahnya adalah seringkali banyak orang yang tidak tahu cara mengatasi barang elektronik mereka ketika rusak, padahal sebenarnya kerusakan yang terjadi pada barang mereka tidak terlalu parah. Sehingga banyak sekali orang yang perlu merogohkan kocek lebih untuk memperbaiki barang elektronik mereka dalam hal ini adalah keyboard laptop.

Menurut pengalaman saya, keyboard laptop tidak berfungsi biasanya karena faktor software seperti menggunakan laptop pada beban yang berat sehingga keyboard berhenti tidak bisa digunakan. Pada fase tersebut sebenarnya keyboard masih bisa diperbaiki tanpa bantuan service center. Tetapi ketika terjadi kerusakan pada hardwarenya, sehingga harus ada beberapa bagian dari keyboard yang diganti, saya rasa anda perlu membawanya ke service center.

Selain itu, mungkin ada beberapa kasus dimana keyboard laptop asus tidak berfungsi atau keyboard laptop asus error. Sekali lagi, penyebabnya kalau tidak dari sisi hardware ya, software. Namun saya akui bisa saja kesalahan terjadi pada anda yang menekan keyboard terlalu keras sehingga membuat keyboard tersebut rusak, ditambah lagi laptop anda memiliki tingkat kesolid-an hardware yang rendah. Hal itu memang sering terjadi, laptop dengan harga yang murah seringkali menipu karena tingkat kualitas hardware yang patut dipertanyakan, tidak heran jika banyak orang mengeluhkan laptop mereka dalam dua tahun lebih cepat apabila salah membeli laptop.

Memastikan Kerusakan Keyboard

Sebelum anda menggunakan cara dibawah ini, hendaknya anda melakukan diagnosa terlebih dahulu apakah kerusakan laptop anda dikarenakan kerusakan software atau hardware. Caranya, cobalah akses mode BIOS di laptop anda, setiap laptop biasanya memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengakses meode BIOS. Apabila anda bisa menggunakan keyboard pada mode BIOS, kemungkinan besar kerusakan terdapat pada software.

Selain itu, keyboard laptop tidak berfungsi sebagian merupakan salah satu diagnosa kerusakan keyboard yang terdapat pada hardware-nya. Nah, cara mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian-pun akan saya bahas pada tutorial dibawah ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

1. Restart Laptop

Saat sedang menggunakan laptop lalu tiba-tiba ngehang dan keyboard tidak bisa digunakan, maka cobalah untuk merestart laptop anda. Hal ini menunjukkan adanya di software ataupun driver. Cara merestart laptop pun sangat mudah, tekan tombol selama 5 detik (maksimum 15 detik) setelah itu laptop akan restart dengan sendirinya.

2. Membersihkan Keyboard

Ada kemungkinan keyboard anda rusak karena kemasukan debu makanan. Kasus yang sama juga pernah menimpa keyboard saya, saat sedang makan tiba-tiba beberapa potongan keripik jatuh ke keyboard saya sehingga keyboard-pun terganjal dari dalam dan tidak bisa berfungsi.

Nah, siapa tahu penyebab dari rusaknya keyboard anda adalah karena kemasukan debu yang terlalu banyak atau kemasukan beberapa makanan kecil, sehingga anda perlu membersihkan keyboard tersebut dahulu agar keyboard bisa digunakan kembali. Saya rasa cara tersebut dapat mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa digunakan sebagian.

3. Memperbaiki atau Memperbaharui Driver Keyboard

Siapa sangka banyak orang tidak menyadari bahwa keyboard laptop mereka rusak karena tidak memperbaharui driver keyboard mereka. Seperti halnya ketika anda pertama kali membeli laptop pasti jika anda melakukan instalasi sendiri akan ada beberapa port laptop yang tidak dapat berfungsi atau keyboard yang tidak bisa digunakan, salah satu penyebabnya adalah karena anda tidak menginstal atau mengupdate driver keyboard.



Cara memperbaharui driver keyboard sangatlah mudah. Untuk windows 10 anda bisa langsung buka menu search dan ketik "Device Manager". Setelah itu klik device keyboard dan apabila ada tanda pentung berwarna kuning berarti anda perlu mengupdate driver. 



Untuk mengupdate driver anda perlu klik dua kali pada device yang perlu di update drivernya, misalkan Lenovo Keyboard Device terdapat tanda pentung (!) berwarna kuning berarti anda perlu mengupdatenya dengan mengklik tulisan tersebut dua kali. Setelah itu, pilih menu Driver dan klik Update Driver. Tunggu hingga prosesnya berjalan hingga selesai, maka keyboard bisa digunakan kembali.

4. Bawa Ke Service Center

Apabila anda telah menggunakan segala cara untuk membuat keyboard anda dapat berfungsi kembali namun hasilnya nihil, saya rasa anda perlu membawa laptop anda ke service center. Siapa tahu dengan membawa laptop anda ke service center keyboard anda dapat berfungsi kembali, karena memang ada beberapa kerusakan keyboard yang disebabkan karena hardwarenya yang perlu diperbaiki dan membutuhkan tangan orang yang sudah profesional untuk menanganinya.

Cara Alternatif Ketika Keyboard Rusak

Tenang saja, walau keyboard anda rusak bukan berarti anda tidak bisa menggunakannya sama sekali. Masih ada cara agar anda dapat menggunakan keyboard walau keadaan keyboard saat itu masih rusak. Caranya adalah dengan menggunakan Keyboard Virtual. Untuk anda pengguna windows 10 anda bisa ketikan pada tombol pencarian dengan On-Screen Keyboard. Sehingga untuk sementara saat keyboard anda sedang rusak anda bisa menggunakan Keyboard Virtual tersebut.


Bentuk On-screen Keyboard Windows 10

Mungkin itu saja artikel cara memperbaiki keyboard laptop windows 10. Semoga artikel, cara memperbaiki keyboard laptop yang error tersebut dapat membantu anda dalam memperbaiki keyboard yang rusak. Juga apabila keyboard anda ada yang tidak bisa berfungsi sebagian saya rasa cara diatas juga dapat membantu. Sehingga saya kira cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian bisa membantu anda untuk mengembalikan fungsi sebagian keyboard anda yang sudah tidak bisa digunakan lagi.