Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Kata Kunci Yang Paling Banyak Dicari di Google

Perlu diketahui keyword atau kata kunci memiliki peranan penting yang menentukan apakah artikel yang dibuat dapat dirayapi mesin pencari dengan baik atau tidak. Saat pertamakali membuat artikel, langkah yang paling awal harus dilakukan adalah mencari kata kunci. Kata kunci inilah yang nantinya menjadi rujukan utama ketika seseorang mencari melalui mesin pencari google agar artikel yang dibuat dapat tertampil pada halaman teratas hasil pencarian.

Sebagai contoh ketika saya membuat artikel "Cara Mengobati Batuk dan Flu Menggunakan Bahan Alami." Pada artikel tersebut saya memasang kata kunci cara mengobati batuk dan flu. Selanjutnya ketika seseorang membuka google lalu menggunakan kata kunci tersebut yaitu cara mengobati batuk dan flu, maka selanjutnya google akan merangking website dan blog yang memiliki relevansi terdekat dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna google tersebut. Apabila blog yang kita buat memiliki relevansi kata kunci yang baik, serta punya repurtasi yang baik pula di mesin pencari maka artikel kita bisa tertampil pada tingkat teratas dari mesin pencari.

Mengingat pentingnya memasang kata kunci pada sebuah artikel, karenanya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari orang melalui mesin pencari google. Tetapi sebelum itu, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu kata kunci atau keyword ini jenisnya ada dua.

Jenis-Jenis Keyword

Short Tail Keyword seperti namanya short tail keyword ini merupakan kata kunci pendek. Bentuk dari short tail keyword sendiri contohnya "Mengobati Flu" dua kata tersebut merupakan contoh dari short tail keyword. Kelebihan menggunakan short tail keyword adalah cakupannya yang luas sehingga dapat menambah kemungkinan terindeksnya artikel kita di google pada kata kunci lainnya yang tidak kita targetkan. Sedangkan kelemahannya, karena terlalu luas cakupannya tingkat kompetisi untuk hadir di halaman pertama pencarian pun semakin tinggi. Serta kata kunci yang tidak terfokus membuat artikel kurang memiliki target visitor yang jelas.

Long Tail Keyword merupakan sebuah kata kunci yang panjang, kebalikan dari short tail keyword. Bentuk dari long tail keyword sendiri contohnya "Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10." Dapat kita lihat long tail keyword dapat dikatakan memiliki sifat kata kunci yang lebih spesifik ketimbang shortail keyword. Kelebihannya menggunakan kata kunci jenis ini adalah, memiliki target visitor yang jelas sehingga kemungkinan berada di rangking satu halaman pencarian lebih tinggi serta tingkat kompetisi kata kunci yang rendah memudahkan artikel berada di page one google.

Cara Mencari Kata Kunci Terbanyak di Google

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mencari kata kunci. Baik kata kunci short tail ataupun long tail. Tentunya mencari kata kunci yang tepat untuk artikel yang kita buat menggunakan alat bantu. Tidak mungkin hanya bermodalkan menebak dan feeling kita bisa membuat kata kunci, yang mungkin bisa tetapi hampir tidak mungkin rasanya apabila kita membuat kata kunci tanpa menggunakan alat bantu dibawah ini.

1. Google Search Suggestion


Ketika kita membuka google, lalu mencari "Cara Menambah..." Pasti nanti ada auto suggestion dibawah kotak dialog dari google itu sendiri. Google auto suggestion adalah saran otomatis yang diberikan oleh google untuk memberikan kata kunci yang mungkin akan kita gunakan. Dengan menggunakan google search suggestion kita bisa mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh banyak orang ketika mencari sesuatu. Seperti gambar diatas, kita bisa menggunakan beberapa kata kunci yang mungkin relevan dengan artikel kita agar nantinya sasaran dari kata kunci yang kita pakai dapat membantu artikel berada di puncak mesin pencari.

2. Google Trends

Google trends merupakan salah satu produk dari google yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sedang menjadi trends pada hari itu. Dengan google trends kita bisa melihat berapa jumlah penelusuran yang dilakukan oleh netizen menggunakan mesin pencari google pada hari tersebut. Jika kita pandai menggunakan kata kunci yang ada di google trends untuk digunakan pada artikel kita, maka bukan tidak mungkin artikel yang kita buat mendapatkan ribuan visitor.

3. Neilpatel Ubbersuggest


Ini adalah cara yang sering saya lakukan, yaitu mencari kata kunci menggunakan neilpatel. Menggunakan neilpatel kita akan terbantu untuk mengetahui berapa volume pencarian kata kunci tersebut, serta tingkat kesulitannya. Seperti gambar diatas, apabila pada kolom SD (SEO Difficulty) menunjukkan warna hijau maka kemungkinan artikel yang kalian buat terdapat pada peringkat atas masih tinggi dan juga tingkat kompetisinya belum terlalu sulit. Tetapi, untuk saya pribadi mengincar kata kunci dengan warna hijau namun angka SD-nya dibawah 10, artinya tingkat persaingannya masih rendah.

Cara menggunakan neilpatel ubbersuggest untuk mendapatkan kata kunci tidak sulit. Pertama buka websitenya Neilpatel, setelah itu kita ganti lokasi negara menjadi indonesia, terakhir masukkan kata kunci pendek dan klik search. Selanjutnya, kalian akan mendapatkan informasi berupa SEO Difficulty, Paid Difficulty, dan Cost Per Click dari kata kunci yang kalian masukkan tadi.

Begitulah cara yang saya gunakan untuk mendapatkan kata kunci dalam membuat artikel. Kalian bisa menggunakan cara diatas sebagai refrensi kalian dalam menemukan kata kunci yang cocok untuk artikel yang kalian buat. Cara diatas hanya alternatif saja, apabila kalian memiliki cara lainnya untuk mencari kata kunci di google kalian bisa komentar dibawah. Sekian dari saya terimakasih.