7+ Peluang Bisnis Dikala Pandemi Yang Mudah Dilakukan
Ketika musim pandemi seperti sekarang, banyak sekali pekerjaan yang terpaksa dihentikan. Hal ini membuat sejumlah pemasukan orang-orang akan berkurang. Hilangnya mata pencarian sejumlah orang ini akan sangat berdampak pada ekonomi suatu negara, terlebih kemakmuran di dalamnya pun akan semakin berkurang. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 8 ide peluang bisnis yang bisa Anda lakukan dirumah pada saat musim pandemi seperti ini.
8 Peluang Bisnis Dikala Pandemi Yang Mudah Dilakukan
Beberapa ide bisnis ini bisa Anda jadikan refrensi ketika ingin membangun bisnis rumahan, diantaranya adalah sebagaimana dibawah ini.
1. Frozen Food
Minat konsumen yang tinggi terhadap produk makanan beku menjadikan peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah dengan lemari es dan dijual secara online.
Jenis makanan beku yang dijual saat ini juga semakin beragam, tidak hanya makanan yang diproduksi oleh industri besar saja, seperti nugget, sosis, risoles, pastel, kebab dan makanan olahan lainnya yang sudah kita kenal merknya, tetapi juga meresap ke dalam masakan dan makanan ringan. Buatan sendiri.
Bagi yang menjalankan bisnis makanan beku ini, pastikan Anda membelinya dari pemasok yang tepat dengan harga yang pas agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Jika bisnis Anda sudah berkembang dan Anda bisa membuat serta membuat berbagai macam makanan yang bisa dibekukan sendiri, Anda bisa menjual produk buatan sendiri sebagai makanan beku.
Tentunya Anda harus memiliki peralatan yang memadai, antara lain mesin penyedot debu, segel dan lemari es. Anda juga perlu mempelajari tips dan trik agar makanan dapat sampai ke konsumen dalam kondisi tahan lama dan tidak rusak.
2. Jasa Membuat Konten
Banyak sekali orang yang kini menggunakan media sosial sebagai media promosi mereka. Agar produk mereka dapat dikenal dengan baik, maka si penjual perlu membuat konten baik berupa gambar, tulisan ataupun video pada akun media sosial mereka.
Tentu hal ini akan membuat peluang bisnis baru buat kita untuk menawarkan jasa pembuatan konten sosial media. Dan tidak main-main. Beberapa jasa pembuatan konten sosial media ini bisa dinilai dengan harga 500rb lebih.
Bagi Anda yang terbiasa menghabiskan waktu melihat konten pada sosial media, sudah barang pasti Anda akan familiar dengan konten-konten penjualan atau promosi untuk meningkatkan engagement produk. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk menawarkan jasa pembuatan konten sosial media ini.
Sebagai penawaran awal, Anda harus memberi harga yang terjangkau. Bangun kepercayaan terlebih dahulu kepada klien. Jika mereka telah repeat order berkali-kali, mulailah Anda mempertimbangkan untuk meningkatkan harga.
3. Dropshipper
Dropshipper adalah agen atau penjual yang menjual kembali produk dari supplier atau distributor, tetapi tidak memiliki produk (dropship). Jadi, Dropshipper hanya memunculkan atau menjual informasi tentang suatu produk.
Misalnya, Penjual A membuat akun di marketplace seperti Tokped atau Shopee, kemudian dia menerbitkan produk bersama dengan informasi produk, jika terjadi penjualan atau seseorang memesan, maka yang mengirimkan barang ke Pengguna Akhir adalah Pemasok atau Distributor, bukan agen atau Penjual A.
Jadi, sebagai dropshipper Anda tidak perlu memiliki barang atau produk. Yang Anda lakukan adalah menjual produk seseorang dan Anda mempromosikannya. Tentu, jika Anda ingin menjadi dropshipper maka Anda perlu mencari supplier yang bagus agar bisnis dropshipper ini dapat berjalan dengan lancar. Peluang bisnis dari dropshipper ini tidak main-main. Banyak orang yang bisa mendapat omset lebih dari 3 juta ketika menjual barang dengan cara dropship ini.
4. Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah bisnis yang dilakukan dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut dapat menjual barang atau jasa dari perusahaan atau pedagang yang dipasarkan melalui internet.
Hampir sama dengan broker, yang membedakan hanya sistem pemasaran yang dijalankan melalui internet.
(Bagaimana pemasaran afiliasi bekerja). Sekarang kita tahu apa itu pemasaran afiliasi, sekarang kita akan melihat bagaimana sistem pemasaran afiliasi bekerja. Tugas utamanya adalah mengirim sebanyak mungkin pengunjung atau pengguna ke situs web atau toko yang menggunakan layanannya.
Komisi yang didapat berasal dari saat transaksi berlangsung, maka website atau toko tersebut akan mengetahui bahwa pengunjung tersebut berasal dari saran Anda.
Deddy Corbuzier adalah contoh kasus dimana ia menaruh link affiliate niagahoster pada videonya dan mendapatkan komisi sebanyak 60jt pada satu konten yang ia buat. Dari situ kita dapat mengetahui betapa besarnya potensial bisnis affiliate ini.
5. Konter Pulsa dan Paket Internet
Dikala pandemi penggunaan kuota internet mayoritas orang akan semakin meningkat. Hal ini dilatar belakangi karena aktivitas mereka dirumah dan membuka konten di jejaring sosial lebih sering ketimbang sebelumnya. Memulai bisnis pulsa dan menjual paket internet bisa jadi adalah pilihan yang perlu Anda pertimbangkan.
Untuk memulai bisnis konter pulsa, Anda bisa memulainya dengan cara yang sangat sederhana dan juga fleksibel. Anda tinggal menentukan apakah ingin membuka konter pulsa dalam skala kecil atau besar.
Jika Anda ingin membuka bisnis konter pulsa maka, Anda harus mempertimbangkan faktor lokasi. Ini yang merupakan salah satu faktor kesuksesan yang paling penting. Sementara hampir setiap orang sekarang memiliki ponsel, kita juga perlu melihat orang-orang terdekat kita.
Misalnya, apakah Anda ingin membuka loket di kawasan pemukiman? Meskipun Anda mungkin satu-satunya yang menjalankan bisnis konter pulsa di daerah pemukiman, apakah penduduk tempat tinggal sebagian besar kelas atas?
Jalan menuju perumahan / perkampungan, daerah dimana terdapat banyak pensiun, kawasan maritim atau industri dan daerah dimana masyarakat jarang menjual pulsa. Lokasi strategis sebaiknya tidak berada di pinggir jalan, tetapi di jalur yang padat penduduk, dapat dijadikan sebagai tempat yang potensial untuk berbisnis.
6. Jasa Manajemen Konten Media Sosial
Hampir sama dengan jasa membuat konten seperti diatas, namun jasa manajemen konten ini lebih menekankan pada sistem manajemen. Dimana Anda mengatur jadwal pengupload-an konten sosial media, membuat konten, mengatur promosi dan biayanya, sekaligus membuat desai campaign.
Tentunya ketika ingin memulai jasa ini, Anda perlu memahami bagaimana sifat media sosial yang Anda pakai, dengan begitu metode promosi paling efektif bisa Anda gunakan ketika me manage akun bisnis milik orang lain.
7. Menjual Produk Sistem Pre-Order (Fashion)
Dewasa ini kebutuhan anak muda akan fashion yang unik dan kekinian semakin meningkat. Hal ini bisa Anda buktikan dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas style hypebeast dan pakaian-pakaian branding. Beberapa poin penting yang membuat brand fashion bisa dihargai mahal adalah nilai brand itu sendiri, keunikan, keindahan, dan prestis.
Anda bisa melihat dengan banyaknya kaos yang beredar hanya bermodal tulisan "Berak" atau tulisan-tulisan sejenis yang cathcy dilihat orang. Karena keunikan kaos tersebut, nilai darinya akan semakin meningkat dan bisa dihargai mahal.
Beberapa fashion yang mungkin cocok Anda gunakan untuk sistem pre order adalah sebagai berikut :
1. Kaos dan baju berkerah.
2. Topi.
3. Celana pendek dan panjang.
4. Sepatu.
5. Jam tangan.
Sebelum memulai bisnis pre order dengan niche fashion, saya sarankan agar Anda riset terlebih dahulu dan mencari pihak yang bersedia memproduksi barang-barang tersebut. Cara mencarinya sangat mudah. Anda bisa memulai dengan memasukkan kata kunci di google, maka akan tertampil banyak supplier yang bisa Anda ajak kerja sama.
8. Menjadi Blogger
Blogging adalah kegiatan menulis dan mengelola blog dengan menggunakan perangkat digital yang tersedia di internet sehingga blogger dapat menulis, membagikan, dan menautkan konten dengan mudah. Blogging dimulai pada awal 2000-an ketika sejumlah blog dengan konten politik muncul.
Sementara Blogger merupakan orang yang mengelola blog dengan cara menulis, mengisi, dan membagikan konten blogger di media sosial.
Beberapa saat kemudian muncullah blog dan tutorial bertema cara. Blog berbeda dengan aktivitas jurnalis. Faktanya, garis yang memisahkan kedua kegiatan ini semakin jelas belakangan ini.
Sejak awal berdirinya hingga sekarang, blog sudah sangat populer. Cuma, pertanyaannya kenapa blog bisa terkenal? Awalnya blogging adalah platform utama untuk berita dan informasi.
Sama seperti surat kabar yang muncul sebelum blog, meskipun tingkat kenyamanan yang ditawarkan bervariasi, blog tumbuh lebih cepat.
Pembaruan informasi yang dilakukan terus menerus dan blogger dapat mengikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobinya adalah dua alasan mengapa orang membuat blog.
Selain itu, keberadaan blog lebih memudahkan pembaca untuk mengikuti informasi, daripada harus membaca koran. Kebangkitan blog memberi orang kesempatan untuk membuat sesuatu yang baru.
Pikirkan blog sebagai buku harian yang ingin Anda tunjukkan kepada teman-teman Anda.
Selain itu, di zaman moderen ini seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan yang bisa membiyayai hidupnya, malah seringkalii lebih, sehingga profesi seorang blogger sangat diperhitungkan.
Penutup
Begitulan artikel yang membahas mengenai peluang bisnis dikala pandemi yang mudah dilakukan. Semoga artikel diatas dapat menjadi refrensi bagi Anda untuk membangun bisnis disaat situasi pandemi seperti ini. Anda bisa membantu saya dengan memberikan komentar atau membagikan artikel ini ke sosial media Anda. Sekian dari saya, terimakasih.
Post a Comment for "7+ Peluang Bisnis Dikala Pandemi Yang Mudah Dilakukan"