Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah scan barcode di hp Android dan iOS sendiri terbaru

Cara scan barcode di hp sendiri. Saat ingin login presensi aktivitas kuliah sistem pada kampus saya menggunakan barcode sebagai metode presensinya, Alhasil ketika ingin absen saya perlu scan terlebih dahulu barcode yang tertampil pada layar yang dibagikan dosen. Karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada Anda bagaimana cara scan barcode di hp sendiri dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Apa itu barcode?

Susun garis pencetakan vertikal hitam dan putih dengan lebar berbeda untuk menyimpan data tertentu seperti kode produksi, nomor identifikasi, dll. Sehingga sistem komputer dapat dengan mudah mengidentifikasi informasi yang dikodekan dalam kode batang.

Sekarang barcode tersedia di mana-mana. Di supermarket, supermarket, ataupun di warung-warung sekitar kita, kita banyak menemukan produk yang memiliki banyak garis hitam vertikal yang berdekatan. Itulah sebutan untuk barcode. Didalam barcode terdapat informasi atau data yang biasanya berupa data numerik. Nomor-nomor ini biasanya juga tercantum di bawah kode batang.

Cara scan barcode di hp Android dan iOS sendiri 

Anda bisa scan barcode dan QR Code pada hp sendiri dengan cara yang saya bagikan dibawah ini.

Cara scan barcode tanpa aplikasi

Untuk cara yang pertama ini, Anda tidak perlu menginstal aplikasinya di ponsel Anda terlebih dahulu. Anda bahkan dapat memindai barcode tanpa perlu kamera di ponsel Android Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka browser web seperti google chrome atau opera.
  2. Kemudian kunjungi situs web berikut onlinebarcodereader.com
  3. Tekan Unggah file lalu pilih barcode atau gambar QR Anda.
  4. Kemudian tekan tombol Start.
  5. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  6. Nantinya, Anda akan diarahkan ke hasil scan barcode atau QR.

Selain melalui galeri atau penyimpanan foto, Anda juga dapat mengambil kode QR atau barcode untuk memindai melalui tautan. Jadi, cukup masukkan barcode atau tautan gambar QR Anda lalu klik tombol mulai untuk memindai.

Cara scan barcode dengan QR Code Reader

Cara scan barcode dan kode QR selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi QR Code Reader. Selain bisa digunakan untuk memindai, aplikasi ini juga bisa membuat kode QR dan barcode sendiri hanya dengan menggunakan ponsel Android.

Cara memindai barcode dan kode QR menggunakan ponsel Android:

  1. Instal dulu aplikasi QR Code Reader.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasinya.
  3. Yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan kamera ponsel Anda ke barcode atau QR.
  4. Kemudian barcode atau scan QR Anda akan muncul.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat kode QR dan barcode Anda sendiri dan melihat riwayat pemindaian Anda. Anda juga dapat memindai barcode dan kode QR dengan mengambil gambar dari galeri.

Cara scan barcode dengan QR and Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner adalah aplikasi pada ponsel Android yang cukup populer untuk memindai kode QR dan barcode itu sendiri. Aplikasi ini telah diinstal oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Berikut cara memindai barcode Anda sendiri di ponsel Android:

  1. Instal aplikasi QR & Barcode Scanner melalui playstore.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Di menu Pindai, arahkan kamera ke kode QR atau barcode.
  4. Aplikasi ini segera memindai.
  5. Tidak perlu menunggu lama, kode QR atau barcode berhasil terdeteksi.

Aplikasi ini sedikit ringan karena ukurannya tidak terlalu besar. Meski begitu, aplikasi ini mampu memindai semua jenis kode QR / barcode teks, tautan, produk, kontak, kalender, email, lokasi, kupon atau voucher, dan lainnya.

Cara scan barcode dengan Google Lens

Google Lens adalah fitur bawaan ponsel Android yang dapat Anda gunakan untuk memindai kode QR atau barcode dengan mudah dan cepat. Anda bisa menemukan fitur ini di fitur Asisten Google di Android Anda.

Cara memindai barcode dan kode QR di ponsel Android tanpa aplikasi:

  1. Masuk ke Google Assistant dengan menekan tombol Home.
  2. Kemudian ketuk fitur lensa Google.
  3. Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode atau kode QR.
  4. Kemudian akan muncul lingkaran kecil di barcode atau kode QR.
  5. Ketuk ikon lingkaran.
  6. Informasi dari kode QR atau barcode akan muncul.

Sekarang Anda telah berhasil memindai kode QR atau barcode Anda sendiri di ponsel Android Anda. Setelah itu, Anda juga dapat menyalin teks atau langsung mengunjungi tautan dari kode QR atau barcode yang dipindai.

Penutup

Begitulah cara scan QR Code dan Barcode di hp sendiri, semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam scan barcode tanpa mengalami kendala Jika Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini Anda bisa memberikan feedback kepada saya dengan berkomentar atau membagikan artikel ini ke sosial media, sekian dari saya terimakasih.