Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah install XAMPP di Windows 10 terbaru

Cara install xampp di windows 10. Saat saya ingin berlatih bahasa pemrograman php dan mempelajari bagaimana cara menggunakan wordpress self hosted maka saya mencoba menginstall xampp untuk berlatih bagaimana cara mengelola web server secara lokal. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda ketika ingin berlatih membuat web, sebelum menyewa hostingan sendiri saya sangat menyarankan agar Anda berlatih terlebih dahlu pada server lokal. Karena itu, pada artikel ini saya akan menjabarkan bagaimana cara menginstall xampp di windows 10.

Sumber Niagahoster

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah judul yang digunakan untuk kompilasi perangkat lunak gratis. Nama tersebut adalah akronim, dengan setiap huruf mewakili salah satu dari lima komponen utama. Paket perangkat lunak berisi server web Apache, sistem manajemen basis data relasional MySQL (atau MariaDB), dan bahasa skrip Perl dan PHP. X awal adalah singkatan dari sistem operasi yang bekerja dengan: Linux, Windows, dan Mac OS X.

XAMPP untuk pengujian lokal

Server XAMPP dapat diinstal dan digunakan dengan satu file yang dapat dieksekusi dengan cepat dan mudah, berfungsi sebagai sistem pengujian lokal untuk Linux, Windows, dan Mac OS X. Paket perangkat lunak berisi komponen yang sama yang ditemukan di server web umum. 

Pengembang memiliki kesempatan untuk menguji proyek mereka secara lokal dan mentransfernya dengan mudah ke sistem server web umum. 

Tetapi XAMPP tidak cocok digunakan sebagai server publik, karena banyak fitur keamanan yang sengaja ditinggalkan untuk mempermudah dan mempercepat sistem untuk pengujian. 

Singkatnya XAMPP sangat cocok bagi Anda yang ingin menguji proyek pada lokal server, jika sudah dirasa baik Anda bisa mentransfernya ke server publik.

Cara install XAMPP di windows 10

Langkah 1 Download

Anda perlu mendownload terlebih dahulu file XAMPP di website Apache Friends.

Langkah 2 Run .exe file

Setelah bundel perangkat lunak diunduh, Anda dapat memulai penginstalan dengan mengklik dua kali pada file dengan akhiran .exe.

Langkah 3 Deactive Anti-Virus

Karena program antivirus yang aktif dapat berdampak negatif pada proses penginstalan, disarankan untuk menghentikan sementara perangkat lunak antivirus apa pun hingga semua komponen XAMPP berhasil diinstal.

Langkah 4 Deactive UAC

User Account Control (UAC) dapat mengganggu penginstalan XAMPP karena membatasi akses penulisan ke drive C jadi sebaiknya Anda menonaktifkannya juga selama proses penginstalan. Untuk mengetahui cara mematikan UAC Anda, buka halaman dukungan Microsoft Windows.

Note : Tidak semua orang harus melewati cara ini, hanya saja pada beberapa komputer kontrol terhadap drive C sangat dibatasi sehingga Anda perlu mengatur ulang kontrol terhadap UAC.

Langkah 5 Jalankan instalasi dan pilih komponen

Berikutnya Anda membuka file .exe (setelah menonaktifkan program antivirus dan mengatur Kontrol Akun Pengguna di drive C), layar awal wizard penyiapan XAMPP akan muncul secara otomatis. Klik 'Next' untuk mengonfigurasi pengaturan instalasi. 

Kemudian layar akan menampilkan komponen, 'Select Components', Anda memiliki opsi untuk mengecualikan komponen individual bundel perangkat lunak XAMPP dari penginstalan. Namun untuk server pengujian lokal yang lengkap, saya menyarankan Anda menginstal menggunakan penyiapan standar dan mencontreng semua komponen yang tersedia. Setelah menentukan pilihan, klik 'Next'.

Langkah 6 Tentukan file direktori

Pada penginstalan standar file direktori akan berada pada drive C. Jika Anda sudah menentukan dimana file tersebut akan disimpan klik 'Next'. C:/xampp untuk file direktori default. Tunggu proses instalasi berlangsung.

Langkah 7 Windows Firewall

Firewall Anda mungkin mengganggu proses instalasi untuk memblokir beberapa komponen XAMPP. Gunakan kotak centang yang sesuai untuk mengaktifkan komunikasi antara server Apache dan jaringan pribadi atau jaringan kerja Anda. Ingatlah bahwa membuat server XAMPP Anda dijalankan pada jaringan publik tidak disarankan.

Langkah 8 Proses Selesai

Setelah semua komponen dibuka dan dipasang, Anda dapat menutup wizard penyiapan dengan mengklik 'Finish'. Klik untuk mencentang kotak yang sesuai dan buka XAMPP Control Panel setelah proses instalasi selesai.

Cara menggunakan XAMPP

Setelah di install, ketika Anda ingin menggunakannya maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka file direktori XAMPP dan cari XAMPP-Control. Jika sudah ditemukan jalankan aplikasi tersebut dan tekan start seperti gambar dibawah ini.


Masukan alamat localhost/phpmyadmin pada web browser untuk megecek apakah XAMPP sudah terinstall dengan benar. Kemudia laman pada browser akan mengarahkan Anda ke halaman phpmyadmin.

Untuk membuat pratinjau website atau menginstall wordpress Anda bisa menyimpannya pada file direktori C:\xampp\htdocs. Hal tersebut dapat berlaku jika Anda menggunakan penyimpanan default. 

Beberapa fungsi control panel

Adapun beberapa fungsi control panel yang perlu Anda ketahui adalah sebagaimana dibawah ini.
  1. Config: memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi XAMPP serta masing-masing komponen
  2. Netstat: menampilkan semua proses yang berjalan di komputer lokal
  3. Shell: membuka shell UNIX
  4. Explorer: membuka folder XAMPP di Windows Explorer
  5. Services: menampilkan semua layanan yang saat ini berjalan di latar belakang
  6. Help: menawarkan tautan ke forum pengguna
  7. Quit: menutup Panel Kontrol XAMPP.
Penutup
Begitulah tutorial cara install xampp di windos 10 (32bit) dan (64bit). Semoga tutorial diatas dapat membantu Anda dalam menginstall dan menjalankan aplikasi xampp. Jika terdapat kendala selama proses instalasi Anda bisa memberikan feedback pada kolom komentar. Sekian dari saya, jika ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.