Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat subdomain di cpanel terbaru

Cara membuat subdomain melalui cpanel-Saat membuat website tentu kita membutuhkan alamat atau domain agar orang-orang bisa mengakses website atau blog kita dengan lebih mudah. Karena tanpa domain, pengunjung akan kesulitan ketika mengakses laman web. Pasalnya untuk mengakses website tanpa domain, artinya pengunjung atau visitor harus hafal terlebih dahulu alamat IP Address dari komputer server website atau blog Anda.

Karena itu diperlukan domain untuk mempermudah akses menuju website. Nah, selain domain utama ternyata pengunjung juga bisa mengakses subdomain yang merupakan bagian dari domain utama. Menariknya subdomain ini bisa Anda buat sendiri secara gratis melalui cpanel dari hosting yang Anda beli. Bagaimana caranya? Tentu Anda penasaran bukan? Karena itu pada artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat subdomain melalui cpanel dan cara menyambungkan subdomain ke website dan juga blog

Pengertian subdomain

Subdomain sendiri merupakan bagian dari domain yang membedakan fungsi dari website. Atau bisa dikatakan subdomain merupakan anak atau bagian dari domain induk. Semisal domain dengan nama hostingmurang.com maka subdomainnya bisa dibuat menjadi blog.hostingmurah.com. Nah kata blog sebelum domain utama hostingmurah.com merupakan bagian (subdomain) dari domain induk. Untuk memiliki subdomain Anda bisa membuatnya secara gratis melalui cpanel hosting Anda. Karena itu pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat subdomain di cpanel.

Manfaat subdomain

Apa saja sih manfaat yang dapat kita peroleh dengan membuat subdomain? Mungkin pertanyaan itu ada dibenak Anda. Dengan membuat subdomain kita bisa memperoleh beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai  berikut ini.

  1. Professionalitas. Subdomain dapat digunakan untuk alamat halaman website Anda. Semisal Anda memiliki halaman <Blog> yang berisikan artikel-artikel SEO untuk meningkatkan kualitas SEO website. Dan selama ini halaman tersebut masih menggunakan alamat hostingmurah.co/blog. Karena Anda merasa alamat itu kurang professional Anda bisa menggunakan subdomain untuk alamat halaman blog tersebut dengan mengganti alamatnya menjadi blog.hostingmurah.com.
  2. Subdomain juga bisa di daftarkan untuk progam google Adsense.
  3. Anda bisa mengelola banyak website sekaligus tanpa menambah biaya untuk pembuatan domain baru.
  4. Selain itu, kualitas  subdomain juga sama SEO-nya dengan domain utama.

Cara membuat subdomain

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat subdomain dari cpanel.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah login melaui cpanel. Isi, username dan password cpanel Anda dengan benar.
  • Selanjutnya, pilih menu subdomain di cpanel hosting Anda. Kalau tidak menemukan menu subdomain Anda bisa mencarinya pada kolom pencarian.
  • Setelah masuk kedalam subdomain, berikutnya Anda bisa langsung membuat  domain. Caranya, Anda tinggal mengisikan kolom Create a Subdomain. Lalu tuliskan subdomain yang ingin Anda buat. Sebagai contoh diatas adalah hostingmurah.com lalu dibuat subdomainnya yaitu blog.hostingmurah.com.
  • Dengan cara diatas maka subdomain telah dibuat. Untuk melihat domain apa saja yang Anda miliki Anda bisa melihat bagian bawah yaitu pada kolom Modify a Subdomain.
  • Anda bisa menghapus subdomain dengan cara klik perintah Remove.
  • Cara menyambungkan subdomain ke halaman website bisa dilakukan dengan mudah. Cukup pilih Manage Redirection lalu isikan alamat website yang menjadi tujuan Anda

Kesimpulan

Cara membuat subdomain pada setiap cpanel relatif sama. Yang membedakan biasanya hanya pada menu-menunya saja, Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat subdomain pada cpanel miliki Anda walau hostingan yang Anda beli tidak dari domainesia. Sekian dari saya semoga cara ini dapat membantu Anda dalam membuat subdomain.

Post a Comment for "Cara membuat subdomain di cpanel terbaru"