Rumus Penjumlahan di Ms Excel Yang Baik dan Benar
Microsoft excel adalah sistem operasi moderen untuk mengorganisasi sejumlah data yang dibuat oleh pengguna microsoft office. Dengan adanya Ms Excel, Anda bisa membuat data yang Anda kelola lebih rapi dan tersimpan dengan baik. Dalam rangka menggunakan Ms Excel tersebut, saya akan memberikan tutorial kepada Anda mengenai cara menjumlahkan di excel. Rumus penjumlahan excel ini bisa Anda lakukan dengan mudah mengikuti beberapa cara dibawah ini.
Berikut ini adalah beberapa cara melakukan penjumlahan di Microsoft Excel
Melakukan penjumlahan di Ms Excel bisa dilakukan layaknya pada kalkulator. Anda bisa menjumlah sejumlah cell dengan otomatis dengan Ms Excel, berikut ini adalah beberapa caranya.
Sistem Penjumlahan Excel Pertama
Sistem yang paling dasar untuk melaksanakan penjumlahan pada microsoft Excel adalah dengan memakai operator plus (+) atau simbol tambah.
Sistem penulisan rumus excelnya sama seperti ketika kita menuliskan soal penjumlahan pada lazimnya. Misalkan kita berharap menjumlah angka 130,170,110,90,180 dan 190 maka rumus excelnya kita tulis :
=130+170+110+90+180+190
Kalau berharap menjumlahkan angka-angka di dalam sebuah cell atau range excel, semisal berharap menjumlahkan angka pada cell C2 sampai C7, maka rumus excel penjumlahannya adalah sebagai berikut:
=C2+C3+C4+C5+C6+C7
Sistem Penjumlahan Excel Kedua
Selain memakai operator plus(+), penjumlahan di excel juga bisa dilaksanakan dengan memakai fungsi SUM yang sudah disediakan oleh office excel.
Rumus penjumlahan excel dengan memakai fungsi SUM ini lebih tak jarang menjadi pilihan pengguna excel dari pada memakai operator plus (+).
Sistem ini lebih simple dan efisien seandainya cell-cell yang akan dijumlahkan berurutan dan cukup banyak.
Sebagai teladan untuk menjumlahkan data angka pada range D2 sampai D7 rumus excel yang diaplikasikan adalah:
=SUM(D2:D7)
Sistem Penjumlahan Excel Ketiga
Selain memakai fungsi SUM, Excel juga menyediakan beberapa fungsi lain untuk melaksanakan penjumlahan di Excel. Tentunya dengan ke-khas-an dan kebutuhan yang berbeda-beda untuk masing-masing fungsi.
Diantara fungsi-fungsi penjumlahan pada microsoft excel hal yang demikian antara lain:
1. Fungsi SUMIF
Untuk menjumlah data menurut sebuah kriteria atau prasyarat tertentu.
2. Fungsi SUMIFS
Diterapkan untuk menjumlahkan data menurut lebih dari satu kriteria atau prasyarat (Banyak kriteria).
3. SUBTOTAL
Fungsi subtotal bisa diaplikasikan untuk menjumlahkan data yang nampak saja (Mengabaikan Baris tersembunyi).
4. SUMPRODUCT
Diterapkan untuk menjumlahkan hasil perkalian argumen-argumen yang ditentukan
5. COUNT
Untuk mengenal banyak data bertipe numeric (non text)
6. COUNTA
Untuk mengenal jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah range data.
Dan fungsi-fungsi excel lainnya.
Post a Comment for "Rumus Penjumlahan di Ms Excel Yang Baik dan Benar"