Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Huawei Akan Rilis HarmonyOS untuk Ponsel di Akhir Tahun 2020

TEKNOKERAD - September lalu, Huawei secara resmi memperkenalkan HarmonyOS 2.0. Versi beta dari sistem operasi ini dilaporkan akan dirilis dalam waktu dekat.

Menurut Presiden Perangkat Lunak Bisnis Konsumen Huawei Wang Chenglu, versi beta dari HarmonyOS 2.0 SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak) akan tersedia pada 18 Desember. 

Sementara itu, Chenglu mengatakan sistem operasi HarmonyOS 2.0 rencananya akan digunakan di perangkat smartphone Huawei pada awal 2021. Huawei tidak merinci secara detail fitur apa saja yang tersedia di HarmonyOS 2.0. 

Namun, raksasa Cina itu mengklaim bahwa HarmonyOS 2.0 menghadirkan peningkatan dalam keamanan, sistem deteksi suara, dan kemampuan transfer data yang lebih cepat di seluruh perangkat. 

Selain smartphone, HarmonyOS 2.0 juga akan digunakan di perangkat lain seperti PC, jam tangan pintar, speaker pintar, smart TV, tablet, dan head unit yang terpasang di dalam mobil. 

Seperti yang dihimpun dari Gizchina, Selasa (11/10/2020), Huawei berharap Harmony OS akan menjadi OS open source sepenuhnya pada Agustus 2021. 

Seperti diucapkan oleh Wakil Presiden Senior Public Affairs Huawei, yaitu Joy Tan, faktor keamanan merupakan salah satu keunggulan pada HarmonyOS ini. 

Tan sendiri berpendapat Harmony OS memiliki baris kode yang lebih sedikit, tetapi walau begitu tingkat keamanannya lebih baik dari OS mobile yang sudah ada saat ini. 

Setelah terputus dari Google, Huawei kini menggunakan versi open source Android (AOSP) di ponselnya, dengan Huawei Mobile Services (HMS) menggantikan layanan Google dan ekosistem aplikasi. (Kompas.com)

Post a Comment for "Huawei Akan Rilis HarmonyOS untuk Ponsel di Akhir Tahun 2020"