Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dofollow dan Nofollow Link dan Cara Mendapatkannya

Pada saat membuat backlink pastikan link yang Anda buat tersebut bersifat DoFollow. Terutama ketika Anda membeli jasa backlink ke seseorang, Anda harus mengeceknya apakah backlink yang diberikan Dofollow atau NoFollow. Karena, jika Anda membeli backlink dan ternyata link tersebut bersifat Nofollow maka impact dari link tersebut tidak bisa membantu Anda dalam menaikkan rank website atau blog. Untuk itu, penting rasanya agar Anda mengetahui perbedaan link Dofollow dan Nofollow.

Pengertian Dofollow dan Nofollow Backlink

Link DoFollow adalah sebuah link yang meminta Google dan search engine lainnya agar mengikuti link website yang ada pada suatu artikel tersebut. Singkatnya, robot mesin pencari akan menggunakan link pada postingan sebagai salah satu elemen yang harus mereka indeks kedalam mesin pencari. Bentuk link DoFollow adalah sama seperti link pada umumnya yang tidak dirubah bentuknya.

Contoh link DoFollow "https://teknokerad.blogspot.com/2020/10/3-cara-simpel-menyimpan-status-whatsapp.html"

Link NoFollow adalah sebuah link yang meminta mesin pencari Google dan search engine lainnya untuk tidak mengikuti link yang tercantum pada suatu artikel. Singkatnya, robot pada mesin pencari akan mengidentifikasi bahwa link NoFollow ini tidak perlu mereka indeks pada mesin pencari, sehingga link NoFollow hanya meningkatkan traffic blog saja, tidak diikuti dengan kenaikan rangkingnya.

Contoh link NoFollow <a href="https://teknokerad.blogspot.com/2020/10/3-cara-simpel-menyimpan-status-whatsapp.html" rel="nofollow"  target="_blank" >Karena itu</a>

Penambahan pada atribut rel="nofollow" membuat link tersebut akan terbaca sebagai NoFollow link.

Cara Mendapatkan Dofollow Backlink

Anda bisa mendapatkan dofollow backlink dengan ketiga cara yang saya bagikan dibawah ini.

1. Guest Postingan

Buat postingan untuk blog lain yang memungkinkan kita untuk memasukkan setidaknya 1 link ke blog kita. Bagaimana? Anda tinggal menulis artikel dalam format yang rapi, kemudian tawarkan kepada situs ternama untuk mempublish artikel tersebut dengan catatan memberikan backlink ke blog Anda. Beberapa blog biasa memberi hal ini gratis, tetapi ada juga yang memberi tarif untuk guest posting ini.

2. Tulis di Forum

Menulis di forum juga harus dipertimbangkan. Ada forum yang mengizinkan kita untuk memasukkan link ke blog kita, ada juga yang tidak. Seperti Kaskus, aturan itu tidak diperbolehkan. Medium juga bisa menjadi pilihan kita untuk mendapatkan backlink dofollow yang akan meningkatkan Otoritas Domain kita.

3. Merepurpose (Ubah format) tulisan kita

Repurpose tulisan itulah salah satu cara untuk mendapatkan trafik ekstra ke blog kita. yaitu dengan merubah bentuk tulisan kita menjadi beberapa bentuk lainnya, seperti infografik, powerpoint (slideshare) dan lain-lain. Ini juga cara mendapatkan backlink dofollow untuk blog kita. Setelah diubah, Anda dapat mengupload hasil reuse ke website populer seperti slideshare, scribd, akademia.edu, dan menambahkan link blog Anda untuk mendapatkan dofollow (backlink).

Penutup

Begitulah artikel mengenai pengertian DoFollow dan NoFollow Backlink semoga artikel diatas dapat membuat anda paham mengenai kedua istilah tersebut. Jika Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini Anda bisa memberikan feedback kepada saya dengan berkomentar atau membagikan artikel ini ke sosial media, sekian dari saya terimakasih.

Post a Comment for "Pengertian Dofollow dan Nofollow Link dan Cara Mendapatkannya"