Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menambah baris dan kolom di semua ms excel

Cara menambah baris di microsoft excel-Terkadang saat sedang mengolah data di microsoft excel saya seringkali ingin menghapus atau menambah baris dan kolom. Agar baris dan kolom di microsoft excel dapat bertambah Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan fitur insert columns atau fitur insert row.

Dengan begitu maka sel pada baris atau kolom pada tabel akan bertambah. Hal ini bisa Anda lakukan pada setiap seri microsoft excel, baik ms excel 2007, 2010, ataupu 2013. Tutorial lengkap mengenai cara menambah baris dan kolom di ms excel bisa Anda baca pada artikel dibawah ini.

Pengertian tabel

Tabel merupakan susunan data dalam bentuk baris dan kolom. Data dalam tabel dikelola untuk mempermudah perolehan informasi dari suatu data. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengelola tabel adalah microsoft excel.

Kenapa membuat tabel di microsoft excel

Dari sekian banyak aplikasi pengolahan data berbasis tabel, micorosoft excel adalah aplikasi yang paling sering digunakan. Selain karena fiturnya yang lengkap, komunitas yang selalu support mengenai tutorial-tutorial terbaru menggunakan micrososft excel juga menjadi alasan mengapa ms excel digunakan banyak orang. Ada beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui mengenai pengolahan data tabel di microsoft excel.

  • Fitur lengkap. Di microsoft excel sistemnya terus diperbaharui oleh tim mereka, setiap seri juga ada pengembangan fitur baru. Tampilan UI dan UX nya pun berubah seiring berjalannya waktu, sehingga orang awam semakin mudah menggunakan microsoft excel
  • Support rumus. Tidak seperti tabel yang ada pada microsoft word, di excel tabelnya mendukung untuk diolah dengan menambahkan rumus seperti =SUM (Jumlah), =AVERAGE (Rata-rata), =DATE (Tanggal) dan masih banyak lagi.
  • Sel dan tabel. Format pengolahan data di microsoft excel berbasil sel dan tabel, sehingga ketika Anda ingin menambah atau mengkurangkan data baru, yang perlu dilakukan hanya insert (menambah) sel atau detele (menghapus) sel yang ingin dihilangkan.

Cara menambah baris di tabel microsoft excel

Anda bisa menambah baris pada tabel microsoft excel dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, buka ms excel. Siapkan pada sheet yang ingin ditambah barisnya.
  2. Klik pada baris yang ingin ditambah.
  3. Selanjutnya klik kanan dan insert. Dan pilih table row above.

Cara menambah kolom di tabel microsoft excel

Anda bisa menambah kolom pada tabel microsoft excel dengan cara berikut ini.

  1. Pertama buka file microsoft excel.
  2. Pada kolom yang ingin ditambahi sel baru klik kanan.
  3. Lalu pilih insert. Klik pada opsi Table Columns to the Left

Cara menghapus baris dan kolom di tabel microsoft excel

Anda bisa menghapus baris dan kolom pada microsoft excel dengan cara berikut ini.

  1. Pertama buka file microsoft excel.
  2. Klik pada sel kolom atau sel baris yang ingin dihapus.
  3. Berikutnya, klik kanan dan pilih delete.
  4. Terakhir, Anda tinggal memilih menghapus kolom atau baris.

Table Columns untuk menghapus kolom

Table Rows untuk menghapus baris

Kesimpulan

Dalam pengolahan data seringkali kita melakukan proses penambahan atau penghapusan sel pada tabel. Hal tersebut bisa dilakukan dengan sangat leluasa apabila kita menggunakan aplikasi microsoft excel. Semoga artikel cara menambah dan menghapus baris, kolom pada microsoft excel dapat membantu Anda. Sekian dan terimakasih.

2 comments for "Cara menambah baris dan kolom di semua ms excel"