Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Bagi Pemula

Cara memasukan video ke youtube dan menghasilkan uang-Di zaman modern ketika industri kreatif sudah banyak berkembang ada berbagai macam cara untuk menghasilkan uang melalui sebuah karya. Youtube adalah salah satu platform video yang  paling populer digunakan saat ini. Melalui youtube jutaan karya berupa video telah dimuat di dalamnya. Dan kabar baiknya, konten kreator yang berkarya di youtube mendapatkan timbal balik jasa dari Adsense berupa uang yang jumlahnya tidak sedikit. Hal ini membuat banyak orang memulai menjadi youtuber.

Banyak orang yang mencoba menjadi youtuber, banyak orang pula yang telah putus asa mendapatkan uang dari youtube. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara menghasilkan uang dari youtube? Agar Anda bisa mendapatkan penghasilan dari youtube, Anda harus mengajukan program youtube partner (pengajuan monetisasi). Jika channel youtube Anda telah di ACC barulah Anda bisa mendapatkan uang dari youtube. Tetapi agar bisa mendapatkan banyak uang, Anda harus mendapatkan views yang banyak pula. Karena secara basic penghitungan pendapatan youtube dihitung menggunakan metode CPM (Cost Per Mile) dimana penghasilan rata-rata youtuber 1$ per 1000 views.

Dalam rangka membantu youtuber pemula yang ingin membuat channel youtube, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mendapatkan jutaan rupiah dari youtube. Untuk pembahasan selengkapnya Anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

A. Membuat Channel Youtube
Proses pembuatan channel youtube sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal menggunakan akun gmail, maka otomatis akun youtube Anda sudah bisa dibuat. Tetapi sebelum memutuskan hal tersebut, ada beberapa persiapan baik teknis maupun non-teknis yang perlu diperhatikan.

A.1 Menentukan Ide Channel 
Brainstorming ide. Persiapan sebelum membuat sebuah channel yang paling awal adalah memikirkan ide. Carilah ide yang orisinil dan menarik/unik sehingga diminati banyak orang. Menurut Pandji Pragiwaksono seorang standup komedian sedikit lebih berbeda lebih baik ketimbang lebih bagus.

Alternatif lain apabila Anda tidak menemukan ide konten yang orisinil Anda bisa mencari refrensi dari channel youtube orang luar negeri yang berpotensi akan menjadi viral di Indonesia. Dengan catatan Anda perlu menambahkan sedikit inovasi/pembeda yang menjadikan konten Anda tidak sama persis dengan konten orang yang Anda tiru.

Brainstorming ide dapat Anda lakukan dengan cara membuat list. Tulislah beberapa kata kunci ide yang ada dipikiran Anda pada sebuah note. Jika sudah, jangan biarkan ide itu mengedap saja. Langkah selanjutnya Anda perlu research. Cari informasi apakah ide tersebut sudah ada pasarnya atau belum, jika sudah apakah pasarnya besar.

Contoh Kata Kunci Potensial
Gambar diatas menunjukkan ide channel youtube review film memiliki potensi pasar yang menjanjikan. Untuk research lebih lanjut Anda bisa menambah variabel kata kunci lain pada ide review film di mesin pencari youtube, google, bing, ataupun pada website pencari kata kunci seperti neilpatel ubbersugest.

Apabila proses research sudah selesai, langkah selanjutnya Anda perlu membuat kesimpulan. Kesimpulan dari research yang Anda buat harus menjawab beberapa pertanyaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membuat channel seperti :

[+] Apakah ide channel Anda sudah ada pasarnya? Kemukakan jawabannya, jika belum ada pasarnya bagaimana cara Anda dalam mengembangkan sebuah ide menjadi konten yang dapat diterima pasar?

[+] Sebutkan channel youtube yang telah sukses di niche yang sama dengan channel Anda? Serta jabarkan alasan channel kompetitor Anda bisa sukses di niche tersebut!

[+] Inovasi apa yang ingin Anda bawa pada ide/niche channel youtube Anda?

Tentunya dengan menjawab pertanyaan diatas, Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah ide channel youtube yang ingin Anda bangun sesuai dengan harapan atau tidak.

Apabila keputusan sudah dibuat, selanjutnya Anda perlu menerapkan diferensiasi (pembeda). Diferensiasi mencakup logo, font di thumbnail, salam, opnening, sekaligus ending pada video youtube.

Untuk mengetahui seberapa pentingnya diferensiasi ini, Anda bisa mengetahuinya ketika seseorang mengatakan "five, four, three, two, one close the door...!!" mendengar hal tersebut pasti semua orang langsung paham kalau kalimat itu akan terdengar setiap kali orang akan melihat video Deddy Corbuzier.

Sampai disini Anda paham kan seberapa pentingnya membuat diferensiasi? Selanjutnya saya akan menuliskan beberapa niche populer yang dicari banyak orang di youtube. Anda bisa menjadikan beberapa niche dibawah ini sebagai refrensi.

*Video List-(Cth : Watchmojo)


Video list merupakan sebuah tipe video yang menampilkan informasi dalam format list (daftar). Belakangan ini tema video list memang sempat populer. Namun jenis video ini sempat meredup, karena dua channel terbesar di Indonesia yang menggunakan ide ini tumbang (CalonSarjana dan YtCrash).

Nah, sebagai gantinya mengatasi issue tersebut Anda bisa menggunakan ide video list namun dengan tema khusus. Contohnya, Anda membuat video list tentang dunia film, superhero, atau popculture seperti yang dilakukan watchmojo atau video list tentang anime seperti yang dilakukan Abdikos.

*Video Game-(Cth: Jessnolimit)

Video game adalah salah satu niche video youtube yang paling banyak digemari. Jessnolimit adalah salah satu youtuber video game yang paling sukses di Indonesia. Agar menjadi youtuber video game yang sukses Anda harus memiliki keunikan pada video yang Anda buat. Dalam kasus jessnolimit, dia adalah salah satu pemain ML pro sebelum akhirnya ia berhenti dari karir e-sport.

Nah bagaimana jika Anda bukan orang yang ahli dalam bermain video game? jika Anda tidak ahli dalam bermain video game, maka Anda bisa membuat video game namun dengan nuansa lain. Contohnya, Anda bisa membuat video game dengan nuansa komedi.

*Video Review-(Cth: Gadget.in, CineCrib)

Ada berbagai macam jenis video review di youtube. Untuk video review produk kita bisa mengambil contoh dari Gadget.in, lalu untuk video review industri hiburan film kita bisa mendapatkan contoh dari CineCrib. Membuat video review memiliki beberapa cara yang berbeda dalam penyajian informasi untuk kategori tertentu.

Semisal untuk review gadget, maka Anda perlu meriset betul spesifikasi dari gadget yang akan direview. Hal ini akan berbeda pada review film yang akan lebih menarik jika menampilkan opini atau argumentasi untuk mendapatkan review yang bagus. Anda bisa membuat video review ini untuk channel youtube Anda jika menyukainya.

*Video Hiburan-(SKETSA : Cth May I See)


May I See adalah salah satu contoh channel youtube bertema sketsa komedi yang masih ada hingga saat ini. Video youtube dengan tema sketsa komedi selalu mendapatkan kesan tersendiri bagi penonton youtube. Pasalnya, video yang original lebih dihargai dan mendapatkan komentar posisif bagi pengguna youtube.

Selain itu, Membuat video hiburan bertema sketsa komedi juga menambah kemungkinan mendapatkan penghasilan lain selain dari youtube. Nama Anda yang sudah terkenal dari video SKETSA komedi, akan membuat orang-orang mem follow akun social media Anda selain di youtube seperti instagram, fanspage facebook, bahkan twitter.

*Video Tutorial-(Cth : ANGR)


Di zaman sekarang, orang lebih sering mencari tutorial di mesin pencari youtube ketimbang google. Pasalnya tutorial dalam format video seringkali lebih jelas ketimbang format teks. Anda bisa mendapatkan uang dari youtube dengan membuat video tutorial. Banyak contoh youtuber yang sukses dalam membuat format video tutorial di youtube, salah satunya adalah ANGR.

ANGR adalah sebuah channel youtube yang berisikan informasi tutorial cara mengedit video menggunakan aplikasi seperti Adobe Premier Pro dan Adobe After Effect. Anda juga bisa belajar cara mengedit video untuk youtube Anda dari channel ANGR. Pontensi pendapatan dari video tema tutorial sangatlah tinggi. Karena, walau viewnya tidak sebanyak format video viral namun video tutorial akan selalu dicari orang-orang tanpa lekang zaman.

Setelah menentukan ide channel untuk youtube, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi dalam proses kreatif pembuatan video.


A.2 Kuantitas atau Kualitas

Ketika ingin membuat channel youtube Anda perlu mempertimbangkan hal ini. Soalnya dalam pembuatan video jika Anda memprioritaskan kuantitas, artinya jumlah video yang akan dibuat setiap minggunya akan banyak. Video yang diupload di youtube setiap hari memang akan sangat membantu menaikkan channel Anda. Tetapi hal ini akan berdampak buruk pada kualitas video yang Anda buat. Jadi, saran dari saya jika ingin membuat channel youtube yang jangka panjang lebih baik utamakan kualitas.

A.3 Optimasi Judul Video

Perhatikan betul dalam pembuatan judul video. Buatlah judul video yang sekiranya akan orang cari atau buat judul video yang menarik perhatian orang (namun isinya jangan sampai menipu). Anda membutuhkan sedikit sense bait (memancing) dalam pembuatan judul video. Judul video yang menarik juga membuat potensi terlihatnya video youtube Anda lebih tinggi.

A.4 Equipment dan Equity (Peralatan dan Modal)

Pembuatan video youtube juga membutuhkan modal. Modal yang diperlukan adalah seminimal-minimalnya adalah kamera yang  bisa didapatkan dari handphone dan juga laptop atau pc untuk mengedit video. Dengan kedua peralatan diatas sudah cukup bagi Anda untuk memproduksi suatu video. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah modal niat. Komitmen yang tinggi untuk konsisten membuat video harus Anda jaga, agar nantinya channel youtube yang dibangun bisa terus berjalan.

B. Cara Mendapatkan Subscriber

Untuk mendapatkan subscribers youtube ada beberapa cara yang perlu Anda praktekan. Mungkin panduan dibawah ini bisa membantu Anda dalam menambah subscibers youtube Anda.


B.1 Call to Action

Bagaimana jika banyak orang menonton video Anda namun mereka tidak men-subscribe, tentu sangat menyayangkan bukan? Padahal saat ini orang tanpa subscribe video juga bisa mendapatkan rekomendasi setiap hari dari video kita, hal ini membuat orang malas menekan tombol subscribe dan meninggalkan channel kita begitu saja.

Untuk mencegah orang-orang yang hanyak menonton video saja tanpa subscribe solusinya adalah dengan menggunakan cara "Call to Action." Cara ini cukup ampuh untuk menambah subscriber channel youtube. Sejumlah youtuber besar di Indonesia juga menggunakan cara ini untuk menambah subscriber mereka, sebut saja Atta Halilintar, Jessnolimit, dan beberapa youtuber lainnya.

B.2 CTR

Click Through Rate atau Rasio Klik Tayang adalah rasio pengguna yang mengklik tayangan youtube Anda pada halaman youtube. Dengan meningkatkan CTR maka viewer Anda bisa meningkat. Meningkatnya viewer video yang telah dioptimasi dengan Call to Action juga membuat subscriber Anda meningkat pesat.

Ada beberapa metode untuk meningkatkan CTR. Pertama adalah meningkatkan CTR menggunakan judul. Buatlah judul yang membuat orang mengklik video Anda. Contohnya, Anda akan membuat video review hp xiaomi termurah. Lantas apa judul video yang terpikirkan oleh Anda, apakah hanya judul biasa "Review HP Xiaomi Termurah" atau "Wow HP Xiaomi Termurah...!!! Kualitas Tidak Murahan." Menurut Anda manakah judul yang membuat orang tertarik untuk menonton video Anda? tentu judul yang kedua bukan.

Cara kedua untuk meningkatkan CTR adalah dengan membuat thumbnail semenarik mungkin. Gunakan salah satu frame pada video Anda yang berpotensi meningkatkan views. Semisal Anda membuat video percobaal memotong botol Coca-Cola dengan pisau yang dipanaskan. Maka ambilah frame saat pisau panas tersebut bereaksi ketika memotong botol cola tersebut. Anda harus jeli melihat bagian mana pada video Anda yang berpotensi mendatangkan banyak views.

C. Monetisasi Channel

Apalah arti jikalau channel youtube telah dibuat dan berpotensi mendapatkan pundi-pundi rupiah namun tidak melakukan pengajuan monetisasi. Sebelum Anda melakukan pengajuan Adsense ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

C.1 Syarat Monetisasi

Mungkin kalau dulu sembarang channel bisa mendaftarkan diri ke Adsense. Namun semakin banyaknya pemain youtube maka regulasi channel yang bisa di monetize pun semakin ketat. Berdasarkan peraturan terbaru dari youtube, syarat channel yang bisa dimonetize adalah sebagai berikut.
  • Mengikuti segala aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh youtube. Kebijakan mulai dari konten yang tidak ada kekerasan, pornografi hingga memastikan jika konten yang Anda unggah tidak akan melanggar hak cipta.
  • Anda harus tinggal di negara yang negara atau wilayahnya terdapat program Youtube Partner. Beruntunglah kita karena Indonesia juga termasuk dalam negara yang mengikuti program Youtube Partner.
  • Memiliki lebih dari 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir saat pengajuan monetize. Artinya jika di total jumlah jam tayang konten Anda telah mencapai 4000 jam tayang.
  • Memiliki lebih 1000 subscribers.

C.2 Original Konten

Agar channel youtube Anda bisa berkepanjangan tentu sebisa mungkin Anda harus menghindari upload konten-konten yang dilarang youtube. Jangan sampai channel Anda terkena strike dari pihak youtube sampai tiga kali. Karena pihak youtube tidak segan-segan akan menghapus channel Anda apabila tiga kali melanggar kebijakan youtube.

Untuk menghindari pelaporan karena copyright dan semacamnya, maka Anda disarankan untuk membuat original konten. Lalu bagaimana caranya? Usahakan selalu rekam wajah Anda ketika membuat video. Apabila Anda ingin memasukkan footage tambahan, maka tampilkan saja namun kalau bisa durasinya jangan sampai 15 detik. 

Bagaimapun konten utama dalam video disajikan dengan wajah Anda sebagai pembicara. Selanjutnya hindari penggunaan audio yang berpotensi memiliki hak cipta. Karena jika terdeteksi sedikit saja ada audio di video Anda yang telah di daftarkan hak ciptanya, maka siap-siap video Anda terkena dollar kuning. Alias video tersebut tidak dapat di monetize.

D. Contoh Konten Youtube Sederhana Yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari youtube dengan membuat video sederhana. Beberapa ide video sederhana yang dapat Anda buat adalah sebagai berikut.


D.1 Kompilasi Komedi

Kompilasi komedi adalah sebuah ide dimana Anda menggabungkan beberapa footage video lucu yang Anda temukan di social media, lalu Anda berikan opini setelahnya untuk mengomentari video lucu yang tertampil di layar. Anda tetap bisa memonetize video jenis ini dengan syarat hasil akhir video harus terbebas dari hak cipta dan hasil akhir video unik.

Untuk itu, Anda harus menghindari beberapa konten yang berpotensi mengandung hak cipta seperti lagu, atau hindari juga jika ada gambar yang menampilkan adegan terlalu kasar.

D.2 Channel Kompilasi Berita

Suka menonton berita? Jika suka, mungkin ide channel kompilasi berita bisa Anda buat untuk mendapatkan pundi-pundi yang dari youtube. Channel kompilasi berita merupakan cara memasukan video ke youtube dan menghasilkan uang yabg paling mudah. Apalagi dengan suasana perpolitikan di Indonesia yang sangat kental (Tetapi jangan upload berita hoaks ya....)

Salah satu contoh kesuksesan channel kompilasi berita yang di monetize adalah channel Jason A. Sebuah channel kompilasi berita dari US, yang menggabungkan beberapa klip berita di TV lalu ditambahi dengan sedikit komentar pada transisi video berupa text sehingga menghasilkan video kompilasi yang menarik.

D.3 Kompilasi Video Lucu Game

Dota WTF moment dan ML WTF moment merupakan dua contoh tema video kocak untuk niche game yang perlu Anda coba. Tema-tema momen lucu pada video game yang dikompilasi selalu mendaptkan atensi tersendiri bagi penonton youtube. Selain dua tema diatas, kompilasi untuk video lucu game lain seperti PUBG juga banyak dinikmati penggemar youtube.

Milyhya adalah salah satu contoh youtuber yang sukses membuat kompilasi video lucu pada permainannya. Pada tema video ini, agar hasil akhir video Anda terlihat bagus Anda harus rajin menambahkan editan seperti subtitle per-kata, selipan-selipan video lucu untuk menambah punchline dalam kelucuan video game.

D.4 Video Play Game Trending

Video sederhana yang berpotensi mendapatkan banyak penonton di youtube adalah video bermain game yang sedang trending. Beberapa game yang sedang trending by event contohnya adalah Ghost of Tsushima. Ada pula game yang berpotensi mendapatkan banyak view karena komunitasnya kuat. Contohnya seperti PUBG, FF, DOTA, ML.

Untuk game-game trending agar mendapatkan view banyak, Anda bisa membuat video guide berupa panduan dalam game. Karena untuk game yang sudah saya sebutkan diatas biasanya akan banyak orang yang mencari panduan dalam permainan. 

D.5 Channel Review Youtuber


Ide video sederhana yang menghasilkan uang dari youtube bagi pemula salah satunya adalah review channel youtuber. Terdengar aneh memang "Layar Merah Channel" Adalah salah satu akun youtube yang bisa mendapatkan rupiah dari hasil video revew channel youtube baim wong.

Kontennya bisa berupa analisis pendapatan, trafic, atau subscriber dari youtuber terkenal menggunakan social blade. Tambahkan ide, gagasan, serta informasi yang baik agar video Anda disukai penonton.

Kesimpulan

Dapat di simpulkan dalam proses pembuatan youtube, Anda tentu mempersiapkan beberapa hal. Yang pertama adalah research niche jenis channel yang ingin Anda buat. Serta tentukan pula bagaimana cara Anda memproduksi video youtube. Dengan begitu channel Anda akan mendapatkan banyak views dan bisa segera di monetisasi. Sekian dari saya, semoga artikel cara menghasilkan uang dari youtube ini berhasil membantu Anda, terimakasih.