Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghapus data aplikasi di iphone terbaru

Cara menghapus data aplikasi di iphone-Berbeda dengan Android yang bisa menambahkan memori eksternal namun untuk iOS hal itu tidak dapat dilakukan. Karena itu, pengguna iPhone biasanya akan menemui masalah ketika memori penyimpanan hp mereka hampir penuh. Karenanya, bagi pengguna iPhone wajib tuh rajin-rajin membackup data agar ketika memori hampir penuh, data di iPhone dapat dihapus dengan tenang.

Kalau data sudah di backup, maka langkah berikutnya adalah menghapus data aplikasi. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara menghapus data aplikasi di iPhone atau iPad. Sehingga pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara menghapus data aplikasi di iOS 12 dan 13.

Nah sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menghapus data aplikasi android.

Manfaat menghapus data

Dengan menghapus data aplikasi iPhone maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi memori (storage) Iphone atau Ipad, sehingga Anda bisa memasukkan data atau menginstall aplikasi baru.
  2. Melancarkan kinerja gadget Anda. Karena jika data dari Iphone kalian hampir penuh pasti kinerja dari gadget Anda akan melambat.
  3. Mengurangi gejala crash. Jika storage gadget Anda hampir penuh biasanya akan membuat aplikasi saat sedang running mengalami crash secara tiba-tiba.

Bagaimana cara menghapus data Iphone/Ipad?

1. Menghapus data foto/video

Salah satu cara paling mudah untuk menghapus data dari Iphone adalah dengan menghapus data foto atau video. Hapuslah foto dan video yang menurut Anda tidak penting, karena satu foto saja sudah bisa memakan memori cukup banyak. Tetapi apabila Anda tidak bisa menghapus foto atau video karena dirasa penting, ada baiknya Anda membackup file video atau foto ke google drive terlebih dahulu.

2. Menghapus cache safari

Cara kedua untuk menghapus data di Iphone Anda adalah dengan menghapus cache dari aplikasi safari. Tetapi dengan Anda menghapus cache dari safari maka semua akun yang ada di Iphone kalian akan ter-logut secara otomatis. Dan penyimpanan data yang ada cari pada mesin pencari juga hilang. Browser safari Anda akan seperti aplikasi baru

Jadi, pastikan Anda telah mengingat semua email dan password yang telah login di safari ya. Dan untuk akun sosial media juga akan ter-logout secara otomatis sehingga jangan sampai Anda lupa data username dan password yang login di safari. Jika sudah dipastikan telah mengingat semua akun yang tersambung di safari, langkah selanjutnya adalah dengan menghapus cache di safari. Berikut cara menghapus cache di safari:



  • Langkah pertama Anda bisa langsung buka settings di iPhone dan scroll kebawah sampai bagian grup ke lima nanti ada aplikasi safari. Setelah Anda menemukan aplikasi safari, Anda bisa langsung pilih safari untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa gulir lagi ke bawah dan klik pada opsi Clear History and Website Data. Nah, di sini Anda mulai melakukan proses penghapusan cache Safari.
  • Setelah itu, Anda scroll kebawah dan pilih opsi Clear History and Website Data. Jika sudah maka proses penghapusan cache safari sedang dilakukan
  • Jika proses penghapusan cache safari telah selesai maka memori Anda akan terasa lebih longgar. Tetapi  apabila sudah menghapus cache namun memori masih terasa penuh, maka Anda bisa menggunakan cara dibawah ini.

3. Install aplikasi cleaner

Ada banyak jenis aplikasi cleaner yang bisa Anda gunakan untuk membantu menghapus data atau file sampah iPhone Anda. Salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda dalam menghapus file sampah di iPhone adalah aplikasi Smart Cleaner. Anda bisa meng unduh aplikasi  ini di Appstore secara gratis. Fungsi dari aplikasi cleaner adalah menghapus file-file sampah yang mengendap pada hp Anda. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengurangi file sampah hingga ratusan mb. Tetapi jika Anda merasa cara ini masuh kurang ampuh untuk mengurangi data iPhone, mungkin ada baiknya Anda menggunakan cara selanjutnya.

4. Offload Aplikasi (Menghapus Apps namun tidak dengan datanya)

Selain bisa menghapus cache dari safari Anda juga bisa menghapus aplikasi pada iPhone namun datanya tidak hilang atau biasa disebut offload. Cara menggunakan offload pada iPhone sangat mudah dan tidak ribet. Tentunya dengan menggunakan cara offload ini akan melonggarkan kapasitas dari ruang penyimpanan perangkat iOS Anda. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk offload aplikasi di iPhone:

  • Step pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan klik menu settings setelah itu pilih general. Apabila Anda sudah memilih menu general selanjutnya klik iPhone Storages atau kalau di iPad tulisannya menjadi iPad storages.
  • Jika sudah, selanjutnya akan tertampil semua aplikasi yang terinstal di iPhone Anda. Disana akan tertera informasi berupa besarnya kapasitas aplikasi yang telah kalian install. Pilihlah aplikasi  yang paling banyak memakan ruang penyimpanan storage iOS Anda, agar nantinya ruang penyimpanan iOS Anda bisa longgar kembali.
  • Apabila Anda sudah menentukan aplikasi mana yang akan dihapus datanya, langkah berikutnya adalah melihat kapasitas yang tertampilkan pada bagian Documents dan Data. Jika aplikasi tersebut sudah mememakan lebih dari 500mb, mungkin saatnya Anda untuk mempertimbangkan klik offload app agar aplikasi di iPhone terhapus, namun jika Anda membutuhkan aplikasi itu kembali data dari aplikasi yang terhapus tidak akan hilang.

5. Menghapus Aplikasi

Cara terakhir untuk menghapus data aplikasi iPhone adalah dengan menghapus aplikasi. Aplikasi tidak hanyak memakan memori internal saja, namun juga memakan memori proses sehingga banyaknya aplikasi membuat kinerja iPhone akan melambat. Salah satu cara terbaik untuk meng-optimalkan kembali kinerja iPhone adalah dengan menghapus aplikasi. Cara menghapus aplikasi iPhone atau iPad sangat mudah. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca cara menghapus aplikasi iPhone di Artikel ini.

Kesimpulan

Dengan menghapus data aplikasi maka Akan membuat storage hp iPhone Anda lebih banyak ruang sisa. Storage yang memiliki banyak ruang sisa akan memiliki performa multitasking yang baik. Karena itu, dengan menghapus data aplikasi iPhone akan berdampak pada meningkatkanya performa hp Anda. Itu saja dari saya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda, sekian terimakasih.