Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghapus aplikasi di Iphone dan Ipad (iOS) terbaru

 Cara menghapus aplikasi di Iphone dan Ipad (iOS)-Setiap Operating System (OS) pada smartphone memiliki cara tersendiri untuk menghapus aplikasi pada sistem yang mereka jalankan. Untuk beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan android mungkin agak sedikit kebingungan ketika pertama kali menggunakan iOS. Pasalnya UI dan UX android dan iOS sangat berbeda. Jadi wajar saja jika orang-orang akan kebingungan menggunakan iOS untuk pertamakali.

Untuk mengatasi kebingungan tersebut kali ini saya akan memberikan tutorial cara menghapus aplikasi di iPhone dengan tiga metode yang berbeda-beda. Selengkapnya Anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

Kenapa Harus Menghapus Aplikasi?

Seiring berjalannya waktu dengan menggunakan smartphone yang telah berjalan lama, maka storage dari smartphone Anda di sadari atau tidak akan cepat penuh. Untuk mengatasi penuhnya memori smartphone cara mengatasinya adalah dengan menghapus foto/video di memori Anda. Jika Anda tidak bisa menghapus foto/video karena belum di backup maka alternatif lainnya adalah dengan menghapus aplikasi. Nyatanya, dengan menghapus aplikasi memang cukup ampuh untuk mengurangi memori yang terpakai di smartphone. Apalagi di iPhone tidak bisa menggunakan memori eksternal, jadi dengan menghapus aplikasi mungkin akan menjadi salah satu pilihan yang tepat agar memori iPhone Anda bisa memiliki ruang kosong yang banyak kembali.

Cara menghapus aplikasi di iPhone dengan cara menekan tombol silang di layar



Cara menghapus aplikasi di iPhone paling mudah mungkin dengan cara ini. Yaitu dengan menekan tombol silang di layar. Agar Anda bisa menghapus aplikasi di iPhone dengan cara ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

-Sentuh dan tekan aplikasi yang ingin dihapus, sampai perlahan tambilannya agak bergoyang.

-Setelah itu akan muncul tanda silang di sudut aplikasi. Klik tanda silang di sudut kiri aplikasi tersebut.

-Saat tanda silang tadi sudah di-klik, berikutnya akan muncul notifikasi kalau data aplikasi Anda ikut terhapus jika aplikasi tersebut dihapus.

-Jika Anda sudah yakin untuk menghapus aplikasi tersebut, maka klik pilihan "Hapus".

Cara ini tidak akan berhasil ketika menu Quick Actions muncul. Anda tidak akan menemukan tanda silang untuk menghapus aplikasi. Solusinya jika hal ini terjadi adalah dengan tap diluar menu share, setelah itu sentuh dengan lebih pelan lagi dan ulangi langkah tersebut untuk mencoba kembali.

Cara menghapus aplikasi di iPhone melalui iTunes

Sewajarnya penggunana iOS yang bisa menggunakan pengaturan di Apple ID dan pengaturan lain melalui aplikasi di iTunes. Tetapi untuk menggunakan cara ini, pastikan dulu Anda telah memasang aplikasi iTunes di PC atau MaC OS Anda. Jika belum, maka instal-lah terlebih dahulu iTunes. Setelah iTunes terinstall, Anda bisa mengikuti cara dibawah ini.

-Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyambungkan iPhone dengan PC, setelah itu buka iTunes dan pilih perangkat iPhone Anda.

-Langkah kedua pilih tab "Apps" yang ada pada bagian sidebar.

-Langkah ketiga buka halama aplikasi pada iPhone yang terlihat melalui aplikasi iTunes.

-Terakhir klik tanda silang, lalu pilih "Apply" agar aplikasi terhapus.

Cara menghapus aplikasi di iPhone dengan Pengaturan



Cara yang terakhir untuk menghapus aplikasi di iPhone adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Cara ini sangat mudah dilakukan, karena hampir setiap update iOS sistem penghapusan aplikasi dengan cara inilah yang terus bertahan. Berikut ini tutorial lengkapnya.

-Pertama pilih "Settings", setelah itu klik "General".

-Kedua klik "iPhone Storage" tunggu sampai muncul daftar aplikasi  yang terpasang di iPhonemu.

-Terakhir pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik "Delete App" pada bagian yang paling bawah.

Catatan : kelebihan menggunakan cara yang ini adalah Anda bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan kapasitas memori Anda. Selain menghapus aplikasi, pada menu pengaturan Anda juga bisa menggunakan opsi "Offload App" dimana Anda akan menghapus aplikasi tersebut namun apabila sewaktu-waktu Anda menginstall aplikasi itu lagi, maka data penggunaan aplikasi tersebut sebelum dihapus akan kembali.

Kesimpulan

Cara menghapus aplikasi di iPhone bisa dilakukan dengan lebih dari satu cara. Dan semua cara menghapus aplikasi di iPhone sangatlah mudah dilakukan. Dengan menghapus aplikasi maka akan membuat storage iPhone Anda lebih longgar. Serta proses kerja memori proses iPhone Anda lebih ringan. Sekian dari saya, semoga cara menghapus aplikasi di iPhone atau iPad ini dapat membantu, terimakasih.