Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Power Query di MS Excel

Excel Power Query yakni salah satu fitur yang sangat banyak kegunaannya untuk mengolah data dengan Excel.

Power query mysql, excel mysql query, power bi mysql query, power query mysql connector, excel power query mysql, mysql power query, cara menggunakan power query di ms excel.

Excel Power Query awalnya disampaikan sebagai Add-In untuk Excel 2013, kemudian tersedia juga Add-In Power Query untuk Excel 2010, walaupun pada Excel 2016, Excel 2019 ataupun Excel 365 Excel Power Query telah tersedia tanpa perlu install Add-in yakni pada menu Data - Get & Transform Data.

Power Query

Bagaimana dengan pengguna Excel 2007, sayangnya Add-in Power Query untuk Excel 2007 tidak tersedia, jadi kalau berharap merasakan fitur Excel Power Query ini, silahkan upgrade Officenya minimal mengaplikasikan Excel 2010 SP1, atau sekaligus saja upgrade ke Excel 2019 biar tidak perlu repot install Add-in Power Query.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan Excel Power Query?

Dengan menggunakan Excel Power Query Anda setidaknya dapat melakukan 4 hal, yakni Connect, Transform, Combine, dan Manage, atau jika di indonesia-kan berarti menyambungkan, mentransformasi, menggabungkan dan mengelola.

Connect (Sambungkan)

Dengan Excel Power Query Anda bisa menyambungkan beragam sumber data untuk nantinya supaya bisa dikelola dengan Excel, dan hebatnya adalah saat sumber datanya diperbarui, karenanya data hasil olahan Power Query malah otomatis juga diperbarui.

Sumber data yang bisa disambungkan dengan Excel mengaplikasikan Power Query diantaranya adalah Tabel Excel, Workbook / Lembar Kerja Excel, Text/CSV, data dari Website, dari Database seperti MySQL dan masih banyak lagi sumber data yang bisa disambungkan dengan Power Query.

Cara Menggunakan Power Query di MS Excel

Cara Menggunakan Power Query

Transform, Combine dan Manage.

Setelah tersambung, selanjutnya Anda dapat mengolah atau mentransformasi misalnya saja menambah kolom baru, mengurutkan data, mengubah format data dan masih banyak lagi fitur lainnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dengan Power Query Anda juga dapat menggabungkan (Merger) beberapa Query yang telah disambungkan, untuk tutorialnya, saya akan share lain waktu.

Dan berikut contoh tampilan hasil pengolahan menggunakan Power Query, Tabel Kiri adalah tabel utama atau sumbernya dan Tabel Kanan adalah Tabel hasil olahan dengan Power Query. Jika isi data pada Tabel kiri di ubah, maka ketika di Refresh data pada Tabel yang kanan juga akan berubah menyesuaikan isi data pada Tabel yang kiri.


Dan untuk lebih jelasnya cara menggunakan Power Query, berikut contoh dalam format animasi GIF.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Power Query di MS Excel"