Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Set Print Area di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016

Teknokerad-Ketika ingin print file dari Microsoft Excel maka Anda perlu set print area terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas bagaimana cara set print area di Ms Excel.

Saat bekerja dengan Microsoft Excel, kadang-kadang Anda perlu mencetak lembar kerja (lembar kerja). Anda mungkin ingin menunjukkan bagian-bagian tertentu dari lembar kerja kepada orang lain. Jika apa yang dimaksud adalah bagian tertentu dari data pada lembar kerja, mencetak semua lembar kerja adalah pemborosan kertas, tinta dan waktu. Microsoft Excel memiliki fitur untuk mencetak hanya area yang dipilih (bagian tertentu) lembar kerja.

Fitur ini dapat digunakan ketika Anda ingin mencetak hanya area yang dipilih dari lembar kerja Excel. Jika Anda ingin mencetak hanya area yang dipilih, Anda dapat menentukan area cetak yang hanya mencakup area yang dipilih. Area cetak adalah satu atau lebih sel (rentang) yang ditetapkan untuk dicetak ketika Anda tidak ingin mencetak semua lembar kerja.

Ukuran kertas dicetak

Menentukan ukuran kertas adalah hal terpenting dalam proses pencetakan dokumen, mengapa? Karena dokumen pencetakan membutuhkan benda yang disebut kertas, "jawaban untuk saat Anda dapat menemukan". Tapi benarkah benar? Makalah ini memiliki beragam ukuran, jika ukuran kertas tidak menentukan, apa pun dokumennya berantakan dengan hasil yang dicetak, "Bagaimana?" Maaf bagi mereka yang sudah tahu, saya jelaskan terlebih dahulu untuk mereka yang tidak tahu, oke! Pilih menu Pagelayout lalu klik Size, lalu pilih ukuran kertas yang akan Anda gunakan.

Cara Set Print Area di Microsoft Excel

1. Tentukan area cetak.

Jalankan aplikasi Microsoft Excel terlebih dahulu, buka file yang ingin Anda cetak dan kemudian pilih area yang akan dicetak. Pastikan Anda telah berada di tab Layout Page, klik tombol Area Print dan kemudian pilih Atur area cetak.

Untuk melihat area cetak yang akan dicetak, klik menu File dan kemudian pilih Print. Anda dapat memperhatikan bahwa hanya area cetak yang telah ditentukan yang akan dicetak.

2. Tambahkan area cetak baru.

Untuk menambahkan area cetak baru untuk dicetak, seleksi area baru yang ingin Anda cetak. Klik tombol Cetak Area dan kemudian pilih ADD ke Print Area. Untuk memastikan area cetak baru telah ditambahkan ke area cetak dan siap dicetak, klik menu File dan kemudian pilih Print. Di bagian halaman navigasi (Navigation Page) di posisi bawah, klik tombol NEXT PAGE.

3. Lepaskan area cetak yang tersimpan.

Jika Anda telah menentukan area cetak, area cetak akan disimpan. Setiap kali Anda mencetak lembar kerja, yang dicetak adalah area cetak yang tersimpan. Jika Anda ingin mencetak ulang semua lembar kerja, pertama-tama Anda harus membersihkan area cetak.

4. Buat beberapa area cetak sekaligus.

Untuk membuat beberapa area cetak sekaligus, tekan tombol Ctrl keyboard dan kemudian pilih area pertama, kedua dan sebagainya. Tombol Klik PRINT area dan kemudian pilih Set Print Area. Untuk melihat area cetak, gunakan halaman navigasi (page navigation) di posisi bawah.

Penutup

Begitulah panduan mengenai cara set print area di microsoft excel. Cara diatas akan membantu Anda ketika ingin print dokumen pada format file excel. Semoga dapat membantu, bila ada kekurangan ataupun kesalahan Anda bisa mengoreksi  di kolom komentar, sekian terimakasih.